Apa yang Bikin Posisi Business Analytics dan Business Intelligence Berbeda?

Seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi yang kian maju, tentunya berpengaruh dalam sektor bisnis.  Setiap hari suatu bisnis bisa saja menciptakan jumlah dan variasi data yang cukup besar. Saat ini bisnis sangat membutuhkan orang yang memahami dan menguasai Big Data, diantaranya Business Intelligence dan Business Analitycs. Posisi Business Intelligence dan Business Analytics  pada suatu bisnis memiliki peran yang krusial untuk menafsirkan informasi dan memberikan solusi efektif pada perusahaan. Kedua peran ini tentunya memiliki perbedaan dan keduanya merupakan kuncidari  kesuksesan perusahaan.

Advertisement

Business Intelligence adalah tentang menggunakan data untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas dengan memantau, mengumpulkan, dan melaporkan data untuk interpretasi. Di banyak organisasi, posisi ini, merupakan tanggung jawab Business Analitycs yang bekerja sama dengan Data Scientist. Seorang Business Intellignce bertugas  menganalisis data yang dikumpulkan, menafsirkan pola data, dan kemudian berkomukasi dengan organisasi mereka tentang cara terbaik yang dapat dilakukan.

Business Analitycs menganalisis data masa lalu dari model prediktif yang menunjukkan teknik optimal untuk kinerja masa depan. Business Analitycs berfokus pada pengembangan wawasan mendalam untuk memprediksi situasi bisnis di masa depan. Business Analitycs juga bertugas memprediksi keputusan dan strategi terbaik untuk kinerja bisnis pada masa depan berdasarkan pola data di masa lalu dan sekarang.

Perbedaan utama antara Business Intellgence dan Business Analitycs adalah pertanyaan yang mereka jawab. Business Intellegnce berfokus pada ananilis deskriptif. yang memberikan ringkasan data pada masa lalu dan sekarang untuk menunjukkan apa yang telah terjadi atau apa yang sedang terjadi. Business Intellegnece dapat menjawab pertanyaan what dan how atau apa dan bagaimana. Sehingga organisasi  dapat meniru apa yang berhasil dan mengubah apa yang tidak berhasil berdasarkan data tersebut.

Advertisement

Sedangkan Business Analitycs berfokus pada anilisis prediktif yang menggunakan penambangan data, pemodelan, dan pembelajaran mesin untuk menentukan kemungkinan hasil di masa depan. Business Analitycs akan mampu menjawab pertanyaan why atau mengapa. Sehingga organisasi dapat membuat prediksi yang lebih berfokus tentang apa yang mungkin akan terjadi.

Kesimpulan

Advertisement

Business Intelligence menganalisis data masa lalu dan sekarang untuk mengoperasikan bisnis saat ini secara efisien sedangkan Business Analytics menganalisis data masa lalu untuk menganalisis skenario saat ini dan untuk dipersiapkan untuk bisnis masa depan.

Untuk mengoperasikan bisnis berdasarkan persyaratan, Business Intelligence dan Business Analytics memainkan peran yang berbeda dalam penggunaannya yang menyebabkan produktivitas bisnis lebih banyak dan persyaratan lebih lanjut didasarkan pada data bisnis saat ini dan masa lalu untuk menjalankan operasi bisnis saat ini dan masa depan secara efektif.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE