Atasi Minyak Keruh Dengan 3 Bahan Ini, Nomor 3 Jarang Diketahui!

Hingga saat ini harga minyak goreng masih menjadi problematika penting di masyarakat. Banyak dari mereka yang mengeluh bahkan kebingungan untuk menghadapi kenaikan harga minyak yang terbilang cukup mendadak tersebut.

Advertisement

Masalah yang sering dihadapi oleh para konsumen minyak goreng adalah tentang kejernihan. Terkadang baru pemakaian satu kali, minyak goreng berubah menjadi keruh dan tidak bisa lagi digunakan. Hal tersebut tentunya menjadi masalah yang serius, apalagi ditengah naiknya harga minyak sekarang ini.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalah tersebut?

Tenang saja Sobat, kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk megatasi hal tersebut. Tentunya cara yang akan saya bagikan tidaklah sulit, karena kalian dapat memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemui bahkan juga dapat memanfaatkan salah satu limbah dapur yang selama ini sering dipandang sebelah mata.

Advertisement

Cara pertama, dengan memanfaatkan nasi sisa kemarin. Jika kalian memiliki nasi sisa kemarin, tapi kualitasnnya masih layak jangan langsung dibuang. Ambil segengam nasi, bentuk menjadi bulatan, kemudian goreng dalam minyak yang sudah keruh tadi, sambil ditekan-tekan. Maka kotoran-kotoran yang ada di minyak tersebut dapat ikut terangkat dan minyak goreng dapat jernih kembali.

Cara kedua, dengan menggunakan kentang. Selain nasi, kentang ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak. Caranya dengan mengupas kentang, kemudian memotongnya menjadi beberapa bagian yang sama besar dan memasukkannya kedalam minyak yang panas sambil mengaduknya sesekali. Kotoran yang ada di minyak pun akan menempel dikentang dan minyak kembali bersih. Akan tetapi perlu diperhatikan, ketika menggoreng kentang, harus benar-benar dipastikan bahwa kentangnya tidak gosong, agar warna minyak tetap jernih dan tidak berbau.

Advertisement

Cara ketiga, dengan menfaatkan kulit pisang. Tidak hanya nasi dan kentang, limbah kulit pisang yang sering disepelakan ternyata juga dapat digunakan untuk menjernihkan minyak lho. Caranya adalah dengan memotong atau mengahluskan kulit pisang yang yang masih bagus kualitasnya sampai sampai menjadi halus dan lembut. Kemudian, letakkan kulit pisang yang sudah halus tadi di atas saringan dengan menaruh wadah dibawahnya. Selanjutnya, kalian dapat menuang minyak yang ingin dijernihkan ke atas saringan tersebut, dan membiarkankannya turun ke wadah. Tunggulah beberapa saat dan kulit pisang akan memisahkan kotoran dari minyak dan membuatnya jernih kembali.

Cukup mudah bukan? Cara-cara tersebut bisa kalian praktikkan dan membantu untuk mempertahankan kejernihan minyak. Akan tetapi perlu diingat, pemakaian minyak yang baik hanya boleh dipakai tiga kali saja agar dapat tetap sehat apalagi di tengah masa pandemi seperti ini

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa angkatan 2019 Universitas Negeri Surabaya

CLOSE