Balkondes Ngadiharjo, Solusi Wisata Minim Budget yang Wajib Dikunjungi Bila Berkunjung ke Borobudur

Wisata Borobudur

Kabupaten Magelang adalah tempat yang memiliki banyak sekali tempat wisata unik. Mulai dari banyak candi kuno dan wisata alam yang masih asri. Ada banyak kegiatan yang bisa dinikmati di berbagai tempat wisata di Kabupaten Magelang, salah satunya ada di Balkondes Ngadiharjo. Balkondes Ngadiharjo sendiri adalah salah satu dari dua puluh Balkondes yang tersebar di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Balai Ekonomi Desa atau lebih sering disengkat Balkondes adalah kawasan wisata desa yang dikelola oleh kementrian BUMN program ini menyasar desa-desa yang memiliki beragam potensi perekonomian di desa.               

Advertisement

Balkondes Ngadiharjo terletak di Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Berjarak 5 KM dari Candi Borobudur. Balkondes Ngadiharjo didirikan di tengah hamparan persawahan yang hijau dan menyejukkan hati. Tampak di persawahan ada petani yang sedang menggarap sawah mereka. Ketika kita berkunjunga ke sana, kita akan langsung disambut oleh pilar-pilar yang menjadi daya tarik Balkondes ini, wisatawan sering kali mengabadikan momen mereka dengan berfoto di depan pilar – pilar itu.               

Balkondes Ngadiharjo menawarkan keindahan alam dengan pesona gunung Menoreh. Alam sekitar perbukitan Menoreh yang masih asri yang cocok sekali untuk melepas penat. Waktu paling tepat untuk mengunjungi Balkondes Ngadiharjo adalah ketika berolahraga seperti bersepeda atau sunmori yang sedang digandrungi masyarakat. Keindahan alam di sini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas penat dari segala kegiatan. Apalagi jika kamu berkunjung ke sini ketika matari terbit atau sunrise dan matahari tenggelam sunset, menambah pesona keindahan dari alam di sekitar Balkondes Ngadiharjo ini.               

Struktur bangunan dari Balkondes Ngadiharjo ini berupa satu pendopo yang terletak di tengah-tengah kawasan Balkondes dan jalan masuk menuju pendopo tersebut dihiasi dengan pilar-pilar yang sangat ikonik, kemudian terdapat gazebo yang mengelilingi pendopo utama tersebut. Terdapat juga latar yang luas untuk digunakan sebagai panggung kesenian yang diselenggarakan di Balkondes.               

Advertisement

Selain menawarkan keindahan alam dengan pesona gunung Menoreh, Balkondes Ngadiharjo juga menyediakan aneka hidangan kuliner khas Balkondes Ngadiharjo. Salah satu yang paling populer adalah Mie Enthog. Mie Enthog adalah mie racikan khas Balkondes Ngadiharjo yang dipadukan dengan daging enthog yang jarang ditemukan di tempat lain. Tidak hanya itu, di sini juga menyediakan minuman khas yaitu Dawet Ayu Khas Balkondes Ngadiharjo.               

Berwisata di Balkondes Ngadiharjo membuat hati tentram dengan keindahan alam yang ada. dipadukan dengan keunikan bangunan yanga ada menjadi tempat yang instagramable. Dan tentu saja kalian tidak dipungut biaya jika ingin berkunjung ke sini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE