Begini Cara Mengolah Jantung Pisang yang Kaya Gizi dan Manfaat. Dijamin Enak!

Mengolah jantung pisang jadi sayur oseng yang lezat

Jantung pisang atau dalam bahasa Jawa sering dikenal dengan ontong ini ternyata nikmat dibuat lauk lo. Selain nikmat juga memiliki banyak manfaat. Pohon pisang sendiri dari batang hingga ujung atas juga bermanfaat.

Advertisement

Bagaimana tidak, buahnya yang lezat, batang pisang atau debog bisa dijadikan tali tempe setelah dipotong kecil dan memanjang lalu dikeringkan, daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk bungkus beragam makanan seperti nasi pecel, bothok, dll.

Di pedesaan, jantung pisang sangat mudah ditemui, di pinggir sawah dan kebun belakang rumah. Untuk Sobat Hipwee yang berada di perkotaan, tetap santai jantung pisang juga mudah ditemui di pasar. Selain mudah ditemui, manfaat yang dimilikinya juga sangat beragam.

Jantung pisang diyakini bisa meningkatkan produksi ASI, untuk SoHip yang lagi menyusui bisa mengkonsumsi olahan jantung pisang agar bisa memberikan ASI eksklusif kepada si kecil. Kandungan laktogogum yang dimilikinya mempunyai potensi dalam menstimulasi hormon yang efektif meningkatkan produksi ASI.

Advertisement

Jantung pisang juga bisa menurunkan gula darah pada penderita diabetes jika dikonsumsi secara rutin, meredakan gejala PMS namun untuk satu ini perlu dimasak menggunakan yogurt. Hormon progesteron yang dimilikinya juga mampu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, dan manfaat-manfaat lainnya.

Menurut African Journal of Biotechnology, jantung pisang memiliki beberapa kandungan seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, dan banyak kandungan lainnya. Banyak sekali bukan manfaatnya?

Advertisement

Lalu jantung pisang bisa diolah menjadi makanan apa sih? Cara buatnya juga bagaimana ? Tenang, jantung pisang bisa diolah menjadi beragam menu makanan, salah satu yang paling mudah adalah oseng-oseng jantung pisang.

Bahan-bahan :

1 Jantung pisang 

4 siung bawang merah

3 siung bawang putih 

Cabai sesuai selera

Kaldu bubuk, gula, garam, air, saos tiram secukupnya

Cara membuat :

1.    Tumis bawang merah dan bawang putih, tunggu sampai harum

2.    Masukkan cabai

3.    Masukkan potongan jantung pisang yang telah direbus setengah matang 

4.    Tambahkan air, kaldu bubuk, gula, dan garam secukupnya

5.    Tunggu hingga matang 

6.    Oseng-oseng jantung pisang siap disantap dengan nasi

 

Nah, itu langkah mengolah oseng-oseng jantung pisang, untuk menambah rasa bisa ditambahkan teri maupun udang.Selain oseng-oseng, jantung pisang juga bisa diolah menjadi olahan lain seperti abon, sayur, dll. Rasanya kres-kres nikmat siap menjadi teman makan nasi Sobat Hipwee. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE