#BeraniWujudkanMimpi-Berawal dari Motto Dream it, Wish it, Do it, Mimpi Abdi Negara Terwujud.

Ketika mimpi seseorang menjadi suatu cita-cita, tumbuh keinginan dan keberanian untuk menjadi nyata

Memasuki era yang semakin maju, pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia akan menghadapi tantangan dan masalah yang luas serta kompleks. Berbagai permasalahan muncul dalam dunia dari segala aspek seperti pendidikan, ekonomi, maupun sosial sehingga menumbuhkan keinginan adanya perubahan. Dalam menghadapi permasalahan tersebut, diperlukan kontribusi nyata. Berawal dari mimpi, keinginanpun akan terwujud. Keinginan untuk menghasilkan kedepannya yang lebih baik daripada sebelumnya.

Advertisement

Perubahan itu sangat perlu dimana akan menjadi manfaat pada generasi selanjutnya, Kurangnya pengembangan individualitas yang lebih mengutamakan nilai dari pada kualitas karakter menjadi permasalahan dalam mewujudkan mimpi. Karakter individu dalam memulai melangkah terkadang tumbuh ketidakpercayaan diri. Sebagai langkah awal, berpartisipasi dalam perubahan di bidang tertentu dapat menjadi suatu pengetahuan dan pengalaman yang akan dimiliki sehingga terciptanya senyuman dan kebahagiaan bagi orang sekitar untuk mengubah yang lebih baik dengan mewujudkan mimpi yang dimiliki.

Semua orang pasti mempunyai mimpi. Mimpi yang harus diwujudkan menjadi nyata ketika seseorang bisa saja menjadi sosok yang ambisius. Selama ada kesempatan walaupun sekecil apapun tetap dilakukan dengan berani. Berani terhadap kemungkinan risiko yang akan datang. Apapun yang berhubungan dengan mimpi harus diperjuangkan. Walau kegagalan pasti akan dialami berulangkali. Kegagalan menjadi bukti perjuangan dalam menggapai impian. Kegagalan yang diperoleh tidak menyulutkan semangat untuk berjuang kembali.

Renungan dalam kehidupan akan muncul. Intropeksi dari kegagalan yang telah dilakukan dan cara untuk mengubah kondisi tersebut. Apakah langkah yang dilakukan sudah benar? Apakah hanya merepotkan orang tua? Kendali diluar pikiran orang lain yang hanya bisa mengomentari jalan seseorang. Rasa kasihan dan pandangan meremehkan pasti muncul.

Advertisement

Jika sudah berani, yakinilah bahwa itu jalan yang harus dilalui dan jangan ragu. Tidak perlu memikirkan komentar orang lain yang mungkin menganggapnya hal itu mustahil dan sulit dilakukan. Semakin banyak komentar orang lain yang ingin menjatuhkan niat baik kita, motivasi untuk mewujudkan mimpi akan tumbuh untuk dibuktikan,

Walaupun kata orang sulit, mungkin saja bagi sang pemimpi itu akan terwujud. Sebuah pembuktian yang menjadi harga diri ketika sebelumnya pernah diremehkan oleh orang lain. Perjuangan pasti memperoleh rasa sakit, air mata, keringat, dan pengorbanan waktu. Memang butuh proses dan tidak mudah dalam mewujudkan mimpi tersebut.

Advertisement

Dalam mewujudkan mimpi, tentunya harus mengenali passion yang ada. Seperti, jika bisa design/editing/koding, komunikatif mungkin dapat berperan dalam bidang komunikasi dan informasi. Jika tegas, teliti, telaten, dan sabar dapat berperan dalam kegiatan administrasi kesekretariatan maupun keuangan. Jika loyal, suka berwirausaha, responsive, baik dalam berkomunikasi dapat berperan dalam meningkatkan semangat wirausaha sehingga mampu mengelola suatu kewirausahaan. Sesuatu yang dijalani berdasarkan passion bukan keinginan orang lain akan lebih mudah tercapai dalam mewujudkan mimpi.

Passion yang dimiliki sebagai wadah inovasi secara berkelanjutan dan tepat sasaran sehingga mampu membangkitkan dan mengembangkan semangat dalam menggapai cita-cita.

Singkat ceritaku, ketika 18.646 berkas di Provinsi Jawa Timur telah berhasil diverifikasi dari 33.807 pendaftar. Angkanya cukup mengejutkan dari jumlah saingan abdi negara di salah satu instansi yang mencapai puluhan ribu. Jumlah pendaftar tersebut menjadi motivasi untuk memantapkan hati dalam berjuang.  Di hari tes dengan iringan doa oleh orang tua di rumah lantaran bekerja, memberanikan diri untuk pertama kalinya ke luar kota dan meninggalkan UAS saat kuliah. Segala persiapan sudah dipersiapkan dari fisik maupun mental.

Ketika akan Computer Assisted Test, para pemburu NIP akan membeli buku soal CPNS terbaru ataupun mengikuti les. Tapi penghuni bumi ini hanya bisa meminjam buku di perpustakaan, menumpang membaca buku di toko buku, dan uji coba gratis di internet. Tiap senja menyambut, ayunan langkah lari sesuai irama. Deru nafas beraturan. Tetesan keringat bercucuran. Walaupun tangan tergores luka saat tes kesemaptaan, hingga  tahap akhir wawancara dan keterampilan, berusaha meyakinkan panitia agar pantas menjadi tunas pengayoman. Rasa pesimis muncul karena sempat merasa insecure. Terkadang para oknum  yang memiliki kekuasaan dengan mudah mendapatkan mimpi. Namun, berkat usaha di segala keterbatasan, dinyatakan lolos murni dengan  skor yang memuaskan.

Ketika mimpi seseorang menjadi  suatu cita-cita, tumbuh keinginan dan keberanian untuk menjadi nyata. Berbagai proses akan dilakukan dalam mewujudkan mimpi tersebut, terkadang cepat, ataupun lamban tergantung dari niat pribadi. Sebuah proses tidak selalu akan mudah jika tidak ditekuni. Ketika rintangan datang, bukan semestinya untuk berhenti, pasti ada jalan menuju ujung cita. Dalam implementasinya, meningkatkan kualitas soft skill dan Character Building perlu dilakukan sebagai wujud pengembangan Sumber Daya Manusia.

Satu hal yang penting ketika sang pemimpi terus melangkah dan bermimpi, Semesta akan mendukung mimpimu menjadi nyata. Berdoa, senjata ampuh untuk mewujudkan mimpi. Pentingnya restu dari orang tua menjadi kunci dalam menggapai mimpi. Pikiran akan jernih dan dukungan akan diperoleh dari orang sekitar.

Tentunya dalam menggapai mimpi semua butuh proses. Bermimpi setinggi langit bisa dilakukan meski tujuh lapisan langit akan ditembus oleh sang pemimpi.Tanpa niat dan doa yang dilakukan semua akan mustahil dan menjadi angan-angan saja, #BeraniWujudkanMimpi

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE