#BeraniWujudkanMimpi–Berawal dari sebuah Mimpi, Brand Bloomster yang Semula Merangkak, kini Mulai Tegak Berdiri.

Semua berawal dari mimpi dan langkah kecilku membangun Bloomster

Benarkah mimpi Itu Gratis?

Advertisement

Menyoal mimpi, sangat menyenangkan sekali ketika kita bisa mewujudkan mimpi yang sudah lama kita inginkan. Bagi kebanyakan orang, mimpi merupakan hal yang yang dapat memacu semangat untuk menjalani hidup yang lebih baik sesuai dengan cita-citanya.

Mimpi merupakan satu-satunya alasan bagi mereka yang mulai kehilangan harapan bahkan bagi mereka yang sering kali jatuh terjungkal untuk mencapai tujuan. Begitu pula yang aku rasakan. Mimpi memanglah gratis, namun untuk mewujudkannya butuh perjuangan dan pengorbanan yang tak ternilai harganya.

Berdirinya Bloomster, Berawal dari sebuah Mimpi

Advertisement

Seberapa banyak dari kita yang dapat menghargai langkah kecil untuk meraih mimpi yang besar? Pertanyaan seperti inilah yang memacu semangatku untuk membuat sebuah brand bernama Bloomster sebagai Langkah pertama #BeraniWujudkanMimpi.

Kenapa namanya Bloomster?  Bloomster terdiri dari dua suku kata : Bloom dan Monster. Bloom artinya mekar merekah; sedangkan monster kami artikan sebagai sesuatu yang sangat besar. Maka dari itu, do’aku dan tim agar brand yang bergerak di bidang kerajinan bunga kering ini terus dapat berkembang dan sebagai wujud dari #BeraniWujudkanMimpi dengan melakukan ekspansi menjadi usaha besar di kemudian harinya.

Advertisement

Di awal tahun 2018, aku yang masih terhitung fresh graduated, pada awalnya masih bekerja di sebuah perusahaan swasta dan hanya menekuni hobi ’crafting’ ataupun kerajinan dengan menggunakan bahan dasar bunga kering.  Kemudian sebagai alumni ITB, aku tetarik mencoba peruntungannya menjual beberapa produk di acara wisuda April ITB sebagai titik awal kami.

Produk yang dijual antara lain dried flower bouquet mini. Hasil jualan ternyata melebihi ekspektasi, sehingga aku memberanikan diri  untuk bergerak dan kian berinovasi dalam rangka menciptakan kontinuitas dan inovasi produk. Beberapa hari setelahnya tepat tanggal 9 April 2018,  owner mulai mengaktifkan Instagram @Bloomster.id dan mulai menerima orderan via whatsapp dan line@ dengan sistem ‘made by order’. Dan dari sinilah kami lahir dan berkembang hingga detik ini.

Setelah memutuskan resign dari kantor, aku terus bermimpi untuk memiliki dried flower studio suatu hari nanti. Aku bersama tim merintis brand ini sepenuh hati dan sudah lebih dua tahun ini produk-produk kami pun semakin beragam dan kini kami sudah dapat melayani produk custom sesuai keinginan customer. Kami menjual berbagai jenis produk seperti buket bunga kering (berbagai model dan ukuran), dried flower in frame, pressed flower in frame, dried flower in vase, boutinnier, wristband dan Bride’s wreath.

Bersama dengan para tim, aku akan terus berusaha dalam merealisasikan mimpi kami dan kami pun #BeraniWujudkanMimpi untuk mengangkat kerajinan bunga kering ke tingkat yang lebih tinggi. Harapan untuk membuktikan hasil kreasi  anak negeri, menjadi motivasi kami untuk terus mengembangkan keterampilan tim dalam rangka mempersembahkan karya-karya kreatif dan inovatif lainnya.

 

Suka – Duka Merintis Bloomster

Bloomster merupakan salah satu dari sekian banyak  online shop yang menyediakan berbagai kerajinan tangan crafting serba handmade yang bergerak di industri bunga kering. Seperti yang kita ketahui bahwa industri bunga merupakan salah satu industri tak lekang oleh waktu yang terus berkembang sejak dahulu kala.

 

Mengapa demikian? Ya, bunga dijadikan bahasa universal bagi manusia yang sering dikaitkan dengan estetika, karena penampilan fisiknya yang menarik mata. Tak heran jika sampai saat ini banyak orang memakai rangkaian bunga sebagai pilihan untuk mengungkapkan perasaan atau diberikan sebagai hadiah kepada kekasih, sahabat, kolega, maupun keluarga di hari spesialnya.

 

Tidak hanya itu, industri bunga juga menjadi salah satu industri yang besar karena kebutuhan masyarakat yang menjadikan bunga sebagai simbol kasih sayang dan tepat untuk dijadikan hadiah. Sehingga bunga dijadikan kesan yang indah dan sempurna dalam perayaan maupun pemberian dalalm acara/event spesial.

 

Penggunaan bunga yang dikemas menjadi buket bunga atau hiasan lainnya masih banyak digunakan masyarakat untuk merayakan momen spesial dan dijadikan barang ‘wajib’ untuk momen tertentu seperti perayaan ulang tahun, pernikahan, lamaran hingga acara valentine, wisuda, dies natalis dan sebagainya. Bloomster hadir untuk menjadi teman dalam berbagi keindahan menggunakan bahan dasar bunga kering.

 

Hobi yang aku tekuni untuk mendatangkan cuan ini tidak seterusnya berjalan mulus, banyak kendala dan kerikil yang aku temui selama ini. Mulai dari sulitnya mencari supplier yang cocok, kendala gudang penyimpanan yang terbatas, melayani custom dari pelanggan yang kebanyakan sulit kami kerjakan dan masih banyak lainnya. Namun semua itu kami coba hadapi dengan ikhlas dan yakin bahwa untuk mewujudkan mimpi pasti butuh usaha luar biasa.

 

Perjalanan Bersama Bloomster untuk Meraih Mimpi Masih Panjang

Aku memiliki daftar panjang dari mimpi-mimpi kecil yang aku kumpulkan bersama rekan timku. Dan salah satunya mimpi untuk menjadi salah satu brand besar florist masih dalam genggamanku. Secara perlahan aku ingin mewujudkan terlebih dahulu pengembangan tempat usaha. Hal tersebut menjadi concern utama aku dan tim dimana kami berniat untuk menyewa tempat/ruko untuk produksi sekaligus tempat workshop dan juga flowershop di daerah Jakarta Selatan.

 

Mimpi memiliki tempat usaha yang memadai dapat menunjang kegiatan kami untuk melakukan ekspansi terhadap alat-alat, bahan baku dan sebagai tempat kegiatan jual-beli produk Bloomster. Karena selama ini kami belum memiliki cukup modal untuk sewa tempat sehingga seluruh bahan dan alat ditempatkan di dalam gudang di rumahku.

 

Kedepannya, aku memiliki rencana untuk meningkatkan kualitas produk yang Bloomster miliki agar tidak kalah saing di pasar industri kreatif. Produk yang saat ini beredar di pasar pasti akan menghadapi akhir tahap daur hidup produknya dan harus diganti dengan produk yang lebih baru. Bloomster akan berusaha meningkatkan kualitas produk dengan memperhatikan tahap-tahap dalam siklus pegembangan produk mulai dari pencarian dan penyaringan ide tentang produk baru, pengembangan dan pengujian, serta penilaian produk.

 

Aku teringat dan selalu termotivasi dengan kata Mutiara yang dilontarkan Bapak B.J. Habibie. Pesan tersebut yang selalu kuingat dan aku tanamkan agar menguatkan keyakinanku untuk tetap melangkah. Dan disinilah aku, memperjuangkan mimpi – mimpiku dengan segenap kemampuan dan usaha yang tiada henti. Dan teruntuk teman-teman diluar sana, janganlah kalian ragu untuk bermimpi besar. Raihlah dengan semangat juang yang tinggi untuk menggapainya. Kelak kamu akan menuai hasil perjuangan mimpimu dan tersenyum di kemudian hari.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE