#BeraniWujudkanMimpi–Gapai Impianmu dengan Menumbuhkan Mindset yang Positif!

Semua orang pasti punya impian, tapi nggak semua orang berani untuk mewujudkannya. Salah satu hal yang menjadi hambatan seseorang dalam bermimpi adalah rasa takut, seperti takut gagal, takut dibully, takut menemui kesulitan, dan segala macam ketakutan lainnya. Hal itu tak jarang membuat seseorang merasa nggak percaya diri dengan impiannya.  Padahal, kalau kamu punya mimpi, kamu harus yakin bahwa kamu mampu untuk mewujudkannya. Tapi, kalau di dalam dirimu hanya ada ketakutan tanpa keyakinan, lebih baik pikir-pikir lagi deh kalau ingin bermimpi setinggi langit.

Advertisement

Hal penting yang harus kamu punya ketika kamu ingin mewujudkan mimpimu adalah mindset. Mindset adalah awal dari perilaku terbentuk. Jadi, secara nggak langsung perilaku dipengaruhi oleh pikiran. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menumbuhkan mindset yang positif setiap kali ingin melakukan sesuatu hal, seperti mewujudkan impianmu. Tanpa mindset positif, impianmu hanya akan menjadi angan-angan saja.

Nah, terus gimana sih cara untuk menumbuhkan mindset positif? Kalau kamu baca buku atau kisah inspiratif, pernah nggak sih kamu merasa termotivasi oleh cerita yang kamu baca? Dan tanpa kamu sadari, kamu pun terdorong untuk melakukan tindakan seperti halnya dalam cerita yang kamu baca. Nah, jadi salah satu hal yang bisa menumbuhkan mindset yang positif adalah dengan memperbanyak informasi-informasi positif seperti dari buku atau cerita hidup seseorang yang dapat memberikan dorongan dalam diri kamu ke arah yang lebih positif.

Pernah dengar pepatah ‘One word can change the world’ ? Atau jika di artikan terjemahannya adalah sebuah kata dapat mengubah dunia. Nah, hal ini berarti bahwa sebuah kata memiliki kekuatan untuk memberikan perubahan yang besar dalam kehidupan.

Advertisement

Ngomongin soal the power of words atau kekuatan kata-kata, aku punya satu quote favorite nih yang menjadi pedomanku setiap kali melakukan suatu hal yang aku rasa sulit. Menurutku, quote ini perlu banget dipahami untuk orang-orang yang memiliki ketakutan dalam mewujudkan impiannya karena nggak memiliki mindset yang positif.

You can because you think you can” – unknown

Advertisement

Tahu nggak sih, di balik quote yang sederhana ini ternyata memiliki makna mendalam yang bisa kamu tanamkan dalam mindsetmu agar kamu lebih #BeraniWujudkanMimpi, loh! Nah, kira-kira apa sih makna dari quote ini?  

‘Kamu bisa karena kamu berpikir bahwa kamu bisa’ begitu kira-kira terjemahan dari quote di atas. Nah, dari arti terjemahannya aja udah jelas kan hal apa yang bisa kamu pelajari dari quote ini. ’You can because you think you can’ adalah quote yang mengajarkan tentang kekuatan berpikir positif. Jadi, perlu banget nih untuk selalu memiliki pikiran yang positif agar perilaku atau tindakan yang kamu ambil pun juga akan positif.

Ketika kamu berulang kali mengatakan pada dirimu bahwa ‘kamu pasti bisa meraih impianmu’ secara nggak langsung kamu udah menanamkan keyakinan positif di dalam dirimu bahwa kamu mampu mewujudkan impian besarmu. Nah, kalau udah yakin dengan diri sendiri, kamu nggak perlu takut lagi untuk melangkah karena hasil yang akan kamu peroleh pasti nggak akan jauh berbeda dari usaha yang udah kamu lakuin, seperti kata pepatah ‘usaha tidak akan mengkhianati hasil’.

Namun, terkadang keyakinan seseorang akan kemampuan diri untuk mewujudkan impiannya mudah luntur ketika mendengar omongan negatif orang lain. Kalau kamu nggak punya mindset positif yang kuat, pasti kamu akan mudah tumbang setelah di-bully. Nah, dari quote you can because you think you can’ kamu bisa memaknai bahwa kamu dapat meraih impianmu  bukan karena pemikiran orang lain melainkan dari pemikiranmu sendiri.

Jadi, kalau ada orang yang meremehkanmu dengan berkata bahwa ‘mimpimu terlalu tinggi dan kamu nggak mungkin bisa meraihnya’ jangan terlalu menghiraukan hal tersebut. Dengan mindset positif yang kamu punya, maka kamu akan bisa memandang bullyan itu sebagai sebuah semangat untuk mewujudkan impianmu. Dengan begitu, kelak kamu akan membuktikan bahwa omongan mereka nggak ada benarnya sama sekali.  

Buktikanlah bahwa kamu adalah dirimu yang bertumbuh dari mindset positif yang kamu punya. Jadi, jangan dengarkan omongan negatif orang lain karena yang menentukan berhasil atau tidaknya kamu meraih impianmu adalah dirimu sendiri dan tentunya atas izin Yang Maha Kuasa. Sekuat apapun bully-an orang, kalau kamu punya positive mindset yang kuat maka hal itu nggak akan pernah bisa untuk menghalangi kamu dalam meraih impianmu.

Nah, itu tadi adalah pentingnya menumbuhkan mindset yang positif agar kamu lebih #BeraniWujudkanMimpi. Yuk, mulai sekarang biasakan melatih mindset yang selalu berpikir kearah yang positif dengan cara menanamkan hal-hal yang bisa membawamu ke dalam perubahan diri yang positif. Dengan berpikir positif, maka hasil yang akan kamu peroleh pun juga akan positif!    

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seseorang yang gemar berbagi cerita lewat aksara.

CLOSE