Berasa di Lokasi Pembuatan Film Moana, Ini Surga Tersembunyi di Pantai Parangtritis

Siapa sih yang belum pernah ke pantai legendaris ini? Rasanya belum lengkap saja kalau ke Jogja tapi belum ke pantai Parangtritis. Salah satu ikon Yogyakarta yang wajib banget dikunjungi kalau sedang ke Jogja, apalagi wisatawan yang baru pertama kali ke Jogja wajib nih mengunjungi pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis merupakan pantai dengan jangkauan bibir pantai dan gumuk pasirnya yang sangat luas. Pantai ini begitu eksotik dengan panorama sunset-nya. Banyak orang tertarik menikmati pemandangan matahari tenggelam di pantai Parangtritis karena keindahannya yang disugguhkan dengan hamparan pasir pantai yang cukup luas. Meskipun sebagai orang Yogyakarta asli yang sudah berkali-kali ke pantai Parangtritis enggak bakalan bosen deh main ke pantai ini, apalagi menikmati senja di sana.

Advertisement

Kalau ke pantai Parangtritis yang terletak di kabupaten Bantul ini rasanya tidak pernah menemukan batu karang atau perbukitan hijau, berbeda dengan pantai-pantai di kabupaten Gunung Kidul yang mayoritas menyuguhkan pantai yang dikelilingi banyak batu karang dan bukit-bukit hijau. Namun siapa yang sangka kalau selain keelokan sunset-nya, di pantai Parangtritis pun kita bisa menemukan keelokan yang tersembunyi. Ternyata pantai Parangtritis punya batu karang loh. Aduh kenapa baru tahu sekarang. Ternyata kalau ke pantai Parangtritis kita perlu nih menyusuri sampai pojok paling Timur ke arah bukit hijau yang panjang dan besar itu di ujung pantai Parangtritis. Di sana kita akan menemukan karang yang sangat eksotik. Namun keesotikannya pun tidak mudah di jumpai loh. Ssttt ini dia surga tersembunyi rahasia di pantai Parangtritis.

Pada bulan-bulan tertentu pantai Parangtritis mengalami gelombang pasang air laut jadi surga ini tidak bisa dilihat dan dilalui karena air laut yang pasang jadi tertutup deh lokasi ini. Namun coba ke pantai Parangtritis dan mengunjungi lokasi ini ketika bulan Juni, bulan ini pantai Parangtritis mengalami gelombang surut air laut. Air laut yang surut membuat kita bisa melihat surga yang tersembunyi.

Advertisement

Pernah melihat film Moana kan? Rasanya kalau sedang ke surga tersembunyi di pantai Parangtritis ini berasa lagi di lokasi syuting film Moana deh. Di sini kita bisa menikmati kesejukan hijaunya bukit, indahnya batu-batu karang dan segarnya angin pantai selatan. Mungkin karena lokasinya yang jauh dari tempat parkir jadi orang males untuk sampai ke surga ini, padahal setelah sampai ke lokasi ini benar-benar mata akan dimanjakan dengan keelokan seperti lokasi syuting film Moana. Sampainya di lokasi ini kita bisa menyebutnya sebagai Private Island karena benar-benar sepi sekali tidak banyak orang yang sampai ke tempat ini dan jangkauan pasir pantai hitamnya tidak kalah luas bisa nih buat main sepak bola di sini. Ombak air laut di lokasi ini juga tidak besar karena pengaruh dari peralihan iklim yang terjadi. Surutnya air laut tidak hanya membuat terbukanya surga tersembunyi ini namun juga menyebabkan banyak ubur-ubur terdampar di sepanjang pantai Parangtritis, walaupun ubur-ubur tidak dapat bertahan lama apabila di permukaan pasir dan terkena sengatan matahari namun harus tetap hati-hati yaa. Fenomena alam yang tidak dapat diduga mewajibkan kita untuk selalu stay safe, takutnya tiba-tiba air laut jadi pasangkan gak lucu, bisa-bisa terjebak di sana. Jangan lupa bawa bekal ke sini karena lokasinya cukup jauh dari tempat makan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Orang yang sudah Bahagia melihat orang lewat

CLOSE