Berbagi Pengalaman Mengelola Media Sosial Lewat Obrolan Santai

Kegiatan Proyek Komunikasi banyak dilakukan untuk mengelola komunikasi agar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan dari para stakeholder dalam pengelolaan sebuah proyek yang dimiliki. Begitu juga dalam Universitas Amikom Yogyakarta, mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi mendapat tugas untuk menjalankan proyek komunikasi di masyarakat.

Advertisement

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah “Sharing Pengalaman Kelola Sosial Media dengan Obrol Santai”, merupakan proyek kegiatan dari salah satu tim dari Proyek Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta membagikan sedikit ilmu bersama dengan Umbul Susuhan yang berlokasi di Klaten,Jawa tengah.

Tim Proyek Komunikasi dari Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan sharing kecil-kecilan dengan berbagi pengalaman kelola sosial media bersama dengan tim internal tempat wisata Umbul Susuhan yang berlokasi di Klaten,Jawa tengah pada (10/5) 2021. Sharing santai tersebut diikuti oleh beberapa rekan dari karyawan yang memegang bagian marketing dari umbul susuhan, tak hanya rekan kerja dari umbul, namun Direktur Umbul Susuhan, Afwan Fauzan Pahlawi, juga ikut serta dalam obrol santai bersama dengan tim proyek komunikasi. Harapan diadakannya sharing santai ini bisa membuat umbul susuhan memiliki kualitas di bidang marketing sosial media sehingga bisa menarik minat dari pengunjung untuk datang dan berwisata di Umbul Susuhan.

Sosial media umumnya sangat dibutuhkan dalam pengelolaan sebuah tempat wisata yang artinya dapat menjadi salah satu garda terdepan dalam perkembangan di dunia bisnis. Salah satu bagian dari sosial media yang sedang ramai diperbincangkan adalah menggunakan aplikasi Instagram dan tiktok untuk melakukan promosi dan brand awareness, dimana semua perhitungan jumlah pengunjung yang tertarik atau tidak itu bisa terlihat, atau biasa kita sebut dengan algoritma ( sistematika dalam sebuah aplikasi ).

Advertisement

Tak hanya pada Instagram, semua media sosial yang dipakai selalu harus diperhatikan dalam sisi algoritma nya, karena Melalui sistematika yang diperhatikan nantinya akan lebih mempermudah dalam pengelolaan media tersebut. Sama halnya dengan algoritma, sebuah usaha harus memiliki seseorang yang bergerak di bidang pengelola media (Copy Writer) seperti : penulisan judul halaman, penyusun konten yang akan di unggah, dll. Seorang copy writer juga seharusnya memiliki banyak ide yang bisa dituangkan untuk dapat diunggah sebagai salah satu bentuk penyampaian terhadap pengunjung.

Metode penyampaian dalam ngobrol santai bersama dengan rekan Umbul adalah mouth to mouth. Mouth to mouth yang dimaksud yaitu setiap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta saling berbagi satu sama lain bersama dengan rekan kerja Umbul Susuhan. Sharing ini berlangsung secara bertahap mulai dari tanggal 10 Mei sampai 4 Juni 2021, mulai pukul 13.00 – selesai.

Rindu selaku perwakilan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta menjelaskan bahwa program proyek komunikasi ini bertujuan untuk menambah wawasan dan berbagi ilmu kepada setiap rekan kerjasama dalam membangun sebuah usaha. Tak lupa Afwan Fauzan dari Umbul Susuhan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta karena telah berbagi ilmu di bidang pengelolaan Sosial Media dengan sharing santai bersama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE