Stop Salahkan Diri Sendiri Saat Dibully. Hey, Kamu Itu Berharga dari Ujung Kepala Sampai Kaki

stop salahkan diri saat dibully

Waktu SMA, aku selalu benci bangun pagi untuk sekedar berangkat ke sekolah. Kalau kalian tanya kenapa, jawabannya adalah karena aku merupakan korban bullying. ya, bullying oleh teman sekelas, bukan sekelas tapi hampir se-angkatanku mengejek tanpa sebab. Berpikir buat keluar dari sekolah? sering banget, dan untungnya aku masih memiliki kesadaran untuk tidak melukai diriku sendiri.

Advertisement


Kalau kata Taylor Swift, "Ini bukan masalah tentang SMA atau usia. Itu adalah masalah setiap orang. Seseorang menindas orang lain karena cemburu, atau karena sesuatu yang tidak beres di dalam diri mereka, atau tanpa alasan sama sekali. Jangan biarkan mereka mengubah kalian atau menghentikan kalian dari bernyanyi atau menari di lagu favorit kalian."


Betul! Bullying nggak selalu terjadi karena masalah SMA atau usia, ketika beranjak dewasa pun ada saja yang membuat kita menjadi korban bullying. Bahkan ketika aku menjadi korban bullying, aku sama sekali ngga tau sebenarnya salah aku apa? Kenapa aku harus menjadi korban?

Sempat berada di titik terendah yang pernah aku alami selama ini, aku insecure parah dan sempet menyesal banget udah masuk sekolah d isitu karena cuma jadi korban bullying selama 3 tahun, untung aja ada temen-temenku yang emang ngerti dan berusaha support aku dari belakang yang paling ngga meringankan bebanku.

Advertisement

Setelah aku liat dan pahami, sebenarnya banyak banget alasan yang bisa dibilang nggak masuk akal untuk menjadi alasan kenapa mereka mem-bully aku. Seperti bagaimana mereka nggak suka kalau aku jadi pendiam, atau mereka nggak suka aku yang terlalu patuh terhadap aturan. Jadi salah aku? Tentu nggak, melainkan salah bullying itu sendiri.

Lagian juga, aku bisa apa? udah kejadian dan mungkin emang aku sasaran empuk buat mereka, mungkin. Tapi, sebenernya kalau dipikir juga walaupun aku emang tertekan, aku mulai mikir kaya "ya aku nggak salah, terus ngapain aku mikir gitu?" dan juga sebenernya bisa dibilang aku berterima kasih sama mereka karena udah buat aku yang dulunya seorang pribadi yang insecure parah dan merasa hidup ini kelam, sekarang menjadi lebih cheerful walaupun masih dihantui insecure.

Jadi, buat kalian yang sedang struggling karena bullying di manapun kalian semangat! Ingat, Tuhan nggak pernah kasih kita cobaan yang lebih dari kemampuan kalian. Tuhan percaya bahwa kalian bisa melewati semuanya dengan senyuman dan jangan lupa berdoa sama Tuhan agar dikasih jalan yang benar ya!

Stop blaming yourself and start loving yourself!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE