Pernahkah Anda berjalan kaki menyusuri pantai Legian lalu turun ke Pantai Kuta, teruskan sampai Pantai Kedonganan, lanjut ke Pantai Jimbaran, terus sampai tebing Uluwatu? Saya rasa kita tidak (atau belum) bisa melakukannya, bukan? Bayangkan jika ada jalan setapak yang menghubungkan Tanah Lot sampai ke Pantai Sanur dimana kita bisa menikmati keindahan pura khas Bali, bermain di pantai yang landai, menikmati pemandangan dari puncak tebing Uluwatu, lalu berhenti untuk makan seafood di Jimbaran dan akhirnya bersantai di Pantai Sanur. Seru, kan?

Nah, wisata seperti inilah yang ditawarkan Southwest Coast Path di Inggris. Anda bisa menyusuri 1015 km pesisir pantai Barat Daya Inggris dengan berjalan kaki di trek khusus pejalan kaki. Ya, dengan berjalan kaki. Tebing dan lanskap yang menakjubkan, kastil yang menawan, kehidupan liar hewan laut, pantai-pantai tersembunyi, budaya rakyat Inggris, kota-kota pesisir, dan udara yang sejuk ditawarkan gratis di sepanjang trek. Kerennnn.

Advertisement

Hampir tiga puluh delapan juta turis mengunjungi Inggris pada tahun 2016. Wow! Saya yakin Anda (seperti saya) mau banget jadi salah satu turis itu. Apa sih yang membuat orang datang ke Inggris? Heritage-nya! Tentu saja negara ini terkenal dengan warisan bangunan-bangunan megah dan indah yang memiliki sejarah ratusan tahun dan hebatnya, terpelihara dengan baik.

Selain itu, kemegahan kota London dengan ikon-ikonnya yang khas, pedesaan Inggris yang bersih dan lanskapnya yang indah bak lukisan, klub sepakbola mereka yang mendunia, dan para artis bersuara emas pun jadi daya tarik yang luar biasa bagi turis.

Namun, pernahkah Anda menikmati wisata pantai di Inggris dengan cara yang sama sekali berbeda dengan cara kita menikmati pulau-pulau tropis di Indonesia? Dengan berjalan kaki, misalnya?

Advertisement

Southwest Coast Path (SWCP), demikian pemerintah Inggris menamakan trek pejalan kaki di sepanjang pesisir Barat Daya pulau Inggris. Trek ini membentang sepanjang kurang lebih 2,5 kali keliling Pulau Bali dari Minehead di Somerset sampai Poole Harbour di Dorset.

Trek ini dikhususkan bagi pejalan kaki dan terlarang bagi sepeda, sepeda motor, ataupun kendaraan lain, walaupun di beberapa bagian sepeda diperbolehkan. Hal ini di maksudkan demi keamanan dan kenyamanan pejalan kaki. Hmmm, terdengar cukup serius, kan?

Treknya sendiri bisa berupa jalan berumput yang berkelok-kelok mengikuti tepian tebing, jalan menurun di tengah bebatuan besar, jalan setapak di bawah naungan pepohonan, pantai berpasir, dan lain-lain.

Lalu, apa yang bisa kita nikmati di sepanjang perjalanan?

Ada empat hal yang ditawarkan oleh SWCP yaitu heritage, geology, wildlife, dan culture. Jika Anda ingin menikmati bangunan bersejarah seperti tempat ibadah, benteng, kastil, ataupun bangunan bekas tambang, maka pilihlah trek yang banyak heritage nya. Trek Jurassic Coast pasti menarik perhatian Anda yang suka geology atau susunan bebatuan, fosil kerang, dan tebing yang menakjubkan.

Jika Anda senang mengamati hewan liar, seperti burung laut, lumba-lumba, anjing laut, atau berbagai tumbuhan, maka inilah yang ditawarkan SWCP dalam kategori wildlife. Sementara culture berarti Anda akan menikmati budaya masyarakat Inggris yang tinggal di kota-kota pesisir atau pelabuhan baik sekarang maupun di masa lalu. Lengkap banget, kan!

Memang! Bahkan brosur wisata mereka menjanjikan “1000 kilometers – 1000 experiences”. Jadi, jangan kuatir bahwa perjalanan Anda akan membosankan, karena pihak pengelola menjanjikan pengalaman yang menarik dan beragam di sepanjang jalan.

Siapa yang mengelola wisata ini?

Southwest Coast Path berada di bawah naungan National Trail Inggris, sebuah lembaga pemerintah Inggris yang bertugas membangun, menjalankan, dan melestarikan trails atau trek-trek pejalan kaki/pesepeda yang tersebar di berbagai wilayah di Inggris, termasuk Cotswold Path yang melintasi desa-desa Inggris yang indah itu.

Nah, jika treknya diurusi oleh National Trail, maka banyak bangunan-bangunan bersejarah di sepanjang pesisir dimiliki dan dilindungi oleh National Trust Inggris, sebuah organisasi sosial yang memiliki banyak bangunan bersejarah. Jadi jangan bingung kalau melihat banyaknya bangunan bersejarah di Inggris yang terawat dan bahkan menjadi ikon wisata.

Tertarik?

Tentu saja.

Lalu, kita bisa mulai dari mana?

Gampang. Pemerintah Inggris sangat serius dalam mengelola pariwisata mereka, SWCP ini memiliki website resmi yang lengkap membahas seluruh hal yang perlu turis ketahui lengkap dengan sebuah aplikasi khusus yang bisa diunduh dan dipasang di gadget kita. Mereka juga menjual buku panduan (termasuk peta) jika Anda mau.

Anda bisa berpetualang dari titik awal sampai titik akhir dalam waktu 52 hari (8 minggu). Semua detail perjalanan ini dapat Anda temui di situs resmi. Atau, jika waktu Anda terbatas, Anda dapat memulai dari titik mana saja yang terjangkau angkutan umum (bis National Express, kereta api, atau mobil sewaan) lalu menyusuri trek ke arah mana saja Anda mau.

Yang penting, Anda memiliki petanya. Sepanjang Anda tetap berpatokan untuk berjalan sejajar dengan pantai, maka Anda pasti akan menemukan treknya. Petunjuk yang jelas tersebar di sepanjang trek. Anda dapat berjalan sampai ke kota berikutnya untuk menginap, atau bisa juga kembali ke tempat awal. Ini perjalanan Anda, Anda boss-nya, Anda yang atur. Sudahkah saya tulis bahwa wisata di SWCP ini gratis? Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun untuk berjalan di sepanjang SWCP, dari manapun Anda mulai. Asyik, ya?

Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda mengunjungi situsnya dan mencari trek yang kira-kira cocok untuk Anda. Apakah Anda ingin trek yang ringan, sedang, atau menantang? Atau Anda ingin melihat banyak bangunan bersejarah? Atau Anda secara khusus ingin menuju ke Durdle Door? Mesin pencari di situs akan membantu Anda menemukan trek yang cocok dan semua informasi lainnya, bahkan lengkap dengan penginapannya.

Dan jangan kuatir, Anda bisa memilih trek yang berat jika Anda memang seorang penjelajah, atau jika Anda berjalan bersama keluarga, berbagai pilihan trek yang mudah pun tersedia. Jangan lupa mengecek kondisi cuaca, ya.

Tunggu apa lagi? Segera pesan tiket, urus visa, dan penuhi kamera Anda dengan foto pemandangan luar biasa yang akan Anda temui sepanjang trek.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Referensi dan gambar dari:

https://www.nationaltrail.co.uk/south-west-coast-path/

https://www.southwestcoastpath.org.uk/

https://www.visitbritain.org/visitor-economy-facts

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya