Berwisata ke Lereng Gunung Merapi dengan Nuansa Berbeda

Gunung Merapi

Jika berkunjung ke Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Sleman, pasti aneh rasanya jika tidak bekunjung ke Merapi. Gunung yang termasuk aktif di Indonesia tersebut menyimpan sejuta keindahan alam. Salah satu tempat wisata di lereng Merapi tersebut adalah Bukit Klangon. Erupsi Merapi tak melumpuhkan wisata di sekitar Gunung Merapi dalam waktu tujuh tahun banyak lokasi yang berubah di lereng gunung aktif ini.

Advertisement

Hanya berjarak kurang lebih satu jam dari kota jogja, Bukit Klangon berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Kawasan wisata ini buka setiap hari tanpa batasan jam operasional sehingga Anda bisa datang ke sini kapanpun. Bukit ini sebenarnya gardu pandang, namun pihak pariwisata merubahnya dengan menambahkan wahana lainnya. Jika kamun ingin berkunjung ke Bukit Klangon, sebaiknya datang pada pagi hari. Pada siang hari biasanya kabut sudah turun sehingga akan menghalangi pemandangan. Ketika berkunjung ke sini disarankan untuk memakai pakaian yang tebal agar tidak kedinginan. Karena kamu bisa menikmati keindahan Merapi saat belum tertutup awan meskipun siang hari tetap dianjurkan untuk memakai jaket karena suhu masih cukup dingin. Hindari ke Bukit Klangon ketika musim penghujan karena Anda tidak akan bisa melihat indahnya Merapi karena tertutup mendung.

Selain itu kamu juga bisa menikmati suara cuitan burung-burung yang saling bersautan dan jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen dengan suasana keindahan Merapi. Untuk masuk ke wisata Bukit Klangon kamu hanya cukup merogeh ongkos parkir seharga 3000-5000 rupiah saja baik motor maupun mobil. Bagi kalian penyuka downhill cycling, Bukit Klangon juga bisa digunakan untuk wahana downhill. Pengelola juga sudah menyiapkan fasilitas track yang pastinya cukup menantang. Sirkuit downhill di sini diklaim sebagai yang terbaik di Yogyakarta. Tak heran kalau lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan event bersepeda.

Selain track Downhill, Bukit Klangon juga menyediakan tempat untuk camping yang pastinya lahan yang cukup luas dengan panjang trek sekitar 20 km plus dengan tingkat elevasi start dan finish kurang lebih 300 meter. Jika saat menikmati keindahan Merapi merasa perut lapar, Bukit Klangon juga terdapat banyak warung-warung yang menyediakan makanan seperti gorengan yang tentunya masih hangat. Bukit Klangon juga menyediakan track hiking yang aman, sepanjang perjalanan hiking Anda, akan disuguhi pemandangan Merapi yang megah. Beberapa satwa langka juga hidup bebas di kawasan hutan konservasi sekiatar area bukit Klangon. Satwa seperti seperti burung kepodang, alap-alap Jawa dan burung madu gunung ditambah lagi hewan seperti monyet dan musang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE