Apabila diartikan secara harfiah, Black Friday dalam bahasa Indonesia akan menjadi Jumat Hitam. Sepintas terbayang, fenomena mengerikan apa Black Friday ini? Bukan, jangan salah menduga Black Friday sebagai hari ritual menyeramkan. Justru hari ini adalah hari yang patut dirayakan terutama bagi para pecinta belanja.

Meski sebagian besar masyarakat Indonesia belum terlalu familiar, Black Friday sudah sangat populer di dunia. Hari yang berlangsung setelah peringatan Thanksgiving di Amerika Serikat ini telah menjadi hari cuti bersama yang dinanti; sebuah hari penuh dengan potongan dan diskon.

Advertisement

Tidak hanya di Amerika Serikat, Black Friday juga populer di negara-negara Eropa seperti Inggris dan Belanda. Biasanya, jatuh pada hari Kumat terakhir di November setiap tahunnya dan menandakan awal dimulainya belanja musim liburan natal hingga tahun baru. Dalam momen ini, para pemasar kecil hingga brand besar seperti Zara dan merek make up Sephora berlomba-lomba memberikan “deals” dan diskon terbaiknya sehingga pelanggan kalap dalam berbelanja.

Kini, seiring meningkatnya teknologi dan penetrasi internet, semakin banyak masyarakat mulai belanja online. Menurut situs eMarketer, volume penjualan ritel online diperkirakan akan meningkat sebesar 27 triliun dollar Amerika di tahun 2020*. Hal inilah yang membuat para pemasar turut menyelenggarakan Black Friday di toko-toko online, yang semula hanya disuguhkan melalui toko ritel offline.

Ketatnya perlombaan dalam memberi diskon membuat para peritel menggunakan banyak cara demi menarik para penyuka belanja online, diantaranya dengan bekerja sama dengan situs yang berdedikasi khusus, seperti black-friday.sale, memanfaatkan situs perbandingan harga yang disajikan dalam platform khusus seperti pricebook atau mengadakan deal khusus dengan berbagai layanan pemberi cashback.

Advertisement

Dengan adanya hari khusus diskon seperti Black Friday, sebenarnya konsumen banyak diuntungkan. Misalnya, konsumen yang memiliki kebutuhan mencari kado natal atau gadget terbaru untuk berlibur, barang yang diinginkan kemungkinan besar akan dijual dengan potongan harga fantastis selama Black Friday. Dengan lebih jeli terhadap kampanye diskon dari brand barang yang diinginkan, kita dapat menyimpan lebih banyak uang. Untuk itu, penting kita mengetahui barang apa yang menjadi incaran dan mulai memetakan diskon yang akan diberikan, salah satunya dengan menggunakan situs kupon yang saat ini cukup populer.

Tidak perlu ragu atau gengsi sebagai pecinta belanja untuk terus berwaspada dengan serbuan diskon yang akan datang di November ini. Aktris Hollywood Jessica Alba hingga Kylie Jenner anggota dari keluarga kaya Kardashian pun turut ambil bagian dalam belanja Black Friday. Jadi, barang apa yang kamu incar untuk Black Friday tahun ini?

*:https://www.emarketer.com/Article/Worldwide-Retail-Ecommerce-Sales-Will-Reach-1915-Trillion-This-Year/1014369

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya