Jika melihat film pertama dalam Bridget Jones Diary (2001) adalah perjalanan awal Bridget untuk menemukan kekasih hatinya, mendapat sambutan luar biasa dari penonton. Keuntungan pemasukan hingga USD 281 juta, dengan biaya produksi hanya USD 25 juta.

Bahkan, pemeran Bridget Jones yakni Renée Zellweger menjadi nominasi 'Aktris Terbaik' dalam Academy Awards kala itu. Karena kesuksesan film pertamanya, tiga tahun kemudian dirilislah film kedua Bridget Jones: The Edge of Reason (2004).

Advertisement

Namun, tak seperti pendahulunya, film ini mendapat sambutan yang kurang baik. Sejumlah kritikan ditunjukkan kepada film kedua ini walaupun secara komersial pendapatan yang diraih hingga USD 262 juta.

Bridget Jones adalah karakter yang dibuat oleh penulis Helen Fielding. Terdapat tiga buku mengenai tokoh Bridget Jones ini yakni Bridget Jones’s Diary (1996), Bridget Jones: The Edge of Reason (1999), dan Bridget Jones: Mad About the Boy (2013). Dua dari ketiga buku itu alih wahana dari novel ke film seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Perbedaan yang mencolok dari dua film pendahulunya yakni Bridget Jones Baby (2016) bukan alih wahana dari novel, melainkan kisah adaptasi baru. Helen Fielding tetap menjadi penulis naskahnya yang dibantu oleh Dan Mazer dan Emma Thompson.

Advertisement

Selain itu, dalam film ketiga ini terpaksa meniadakan Hugh Grant yang menolak berperan sebagai Daniel Cleaver karena masalah naskah. Daniel Cleaver dalam dua film sebelumnya adalah playboy nakal yang berhasil menarik perhatian Bridget sekaligus pesaing bagi Mark Darcy untuk mendapatkan hati Bridget.

Namun, jika melihat kehadiran Daniel Cleaver dalam film kedua seakan dipaksakan, menurut beberapa ulasan memang sebaiknya ia tidak perlu muncul pada film ketiga ini. Kekrusialan tokoh Daniel Clever tidak seperti pada film pertama.

Walaupun ada tokoh yang hilang dalam Bridget Jones Baby, film ini masih dapat dinikmati dengan layak. Untuk menggantikan Daniel Cleaver dimunculkan tokoh baru yakni Jack Qwant, seorang miliarder pemilik situs perjodohan terkenal yang berasal dari Amerika Serikat. Patrick Dempsey dipercaya untuk memerankan karakter ini.

Cerita Bridget Jones Baby masih berfokus pada kehidupan pribadi Bridget (Renée Zellweger). Di umurnya yang menginjak 43 tahun, ia tak kunjung menemukan pendamping hidup. Hal tersebut tentu menjadi tekanan sosial bagi Bridget, ditambah hubungannya dengan sang mantan yaitu Mark Darcy (Colin Firth) belum sepenuhnya tuntas.

Untuk menghibur Bridget, teman yang sekaligus news anchor bernama Miranda (Sarah Solemani) mengajak Bridget ke festival musik di Glastonbury. Karena terlalu mabuk, Bridget pun salah masuk tenda. Ia malah masuk ke tenda Peter Qwant (Patrick Dempsey) dan mereka melakukan 'hubungan' tanpa disadari oleh Bridget pada pagi harinya.

Tak lama setelah kejadian itu, ia dimintai oleh sahabatnya untuk menjadi orang tua baptis. Disanalah ia bertemu dengan Mark Darcy yang baru saja bercerai dari istrinya. Setelah pesta ia kembali tergoda oleh Mark Darcy dan melakukan 'hubungan'.

Namun, karena Bridget tidak ingin disakiti lagi ia pun meninggalkan surat untuk Mark Darcy pada pagi harinya sebelum ia pergi. Tak disangka, beberapa minggu kemudian Bridget dinyatakan hamil, namun ia tidak yakin siapa ayah dari anaknya tersebut karena dua 'hubungan' itu.

Dari kejadian hamil itulah cerita Bridget Jones Baby berkembang, Jack dan Mark bersaing untuk mengetahui siapa ayah yang sebenarnya dari anak yang dikandung Bridget.

Konflik dalam film Bridget Jones Baby bisa disajikan dengan serius. Namun, sang sutradara Sharon Maguire memilih menyajikannya dengan komedi tanpa menghilangkan esensi serta sentuhan emosi di dalam filmnya. Jokes-nya khas, mengena dan tidak garing sama sekali sepanjang film.

Film Bridget Jones Baby tayang perdana di Amerika Serikat pada 16 September 2016 lalu dan mendapat ulasan yang positif dari beberapa situs. Film ketiga ini dinilai sukses menghibur dibanding film keduanya menurut pendapat para kritikus film.

Belum lagi hal yang dialami Bridget sendiri dalam film ini sangat terkait dengan kondisi sekarang. Dengan biaya produksi sekitar USD 25 juta, film Bridget Jones Baby berhasil mendapatkan keuntungan kotor sebesar USD 212 juta.


IMDb: 6.6/10

Rotten Tomatoes: 77%

Metacritic: 59

CinemaScore: B+


Ssstt, ada satu rahasia lagi lho! Bagi kamu penggemar Ed Sheeran, ia juga muncul dalam film ini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya