Budaya Suku Batak, Jadi Salah Satu Bukti Kayanya Budaya Indonesia

Yuk mengenal lebih dekat budaya Suku Batak

Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, kuliner, rempah – rempah, bahasa dan   tradisi.   Setiap   daerah   di   Indonesia   mempunyai   keunikan   tersendiri   yang   dapat dikembangkan menjadi daya tarik daerah, salah satunya suku Batak Sumatera Utara. Suku Batak memiliki kain dan pakaiannya yang khas terdiri dari; ulos, kain songket, baju kurung ulos.

Advertisement

Menurut suku Batak ketiganya dianggap sebagai salah satu dari 3 sumber kehangatan bagi manusia (selain Api dan Matahari), namun dipandang sebagai sumber kehangatan yang paling nyaman karena bisa digunakan kapan saja (tidak seperti matahari, dan tidak dapat membakar (seperti api). Ulos dapat dikenakan dalam berbagai bentuk, sebagai kain penutup kepala, penutup badan bagian bawah, penutup badan bagian atas, penutup punggung dan lain-lain. Ulos dalam berbagai bentuk dan corak/motif memiliki nama dan jenis yang berbeda-beda, misalnya ulos penutup kepala wanita disebut suri-suri, ulos penutup badan bagian bawah bagi wanita disebut ragipane, atau yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari yang disebut jabit.

Seperti suku lain di rumpun Batak, Simalungun memiliki kebiasaan mangulosi (memberikan ulos) yang salah satunya melambangkan pemberian kehangatan dan kasih sayang kepada si penerima ulos, ulos diberikan dari orang tua kepada anak ataupun sebaliknya. Selain itu suku Batak juga memiliki beragam masakan tradisional yang kaya akan rempahnya diantaranya; ikan arsik, naniura, mie gomak, daun ubi tumbuk serta kudapan ringannya seperti ombus – ombus dan lapet.

Advertisement

Selain pakaian adatnya yang khas suku Batak juga memiliki jenis pengobatan atau perawatan tradisional. Selain itu, suku Batak – Sumatera Utara memiliki beragam tanaman khas yang dapat   digunakan   untuk   pengobatan   tradisional   dan   juga   teknik   pijat  dengan   bermacam manfaat. Oukup   atau   Martup   merupakan   spa   tradisional   asli   tanah   Batak   –   Sumatera   Utara. Perawatan   Oukup   atau   Martup   ini   terdiri   dari   serangkaian   proses body   treatment, diantaranya body steam, body scrub  dan  massage.  Pada awalnya perawatan martup ini diperuntukkan bagi perempuan pasca melahirkan karena  berfungsi untuk  membersihkan tubuh   setelah   melahirkan.   Namun   saat   ini   perawatan   martup   dapat   diaplikasikan   bagi semua   orang. 

Perawatan   Martup   ini   dilakukan   dalam   kondisi   duduk,   tubuh   dibungkus dengan kain ulos   atau memakai kimono. Di bawah bangku terdapat panci berisi rempah dan air mendidih. Terdapat jahe, kunyit, dan berbagai rempah lain khas tanah batak. Selain itu, Perawatan Martup juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati penyakit yang disebabkan   oleh   infeksi bakteri,   mempercepat   pemulihan   proses   patah   tulang, melemaskan   otot   yang   kaku   sehingga   membuat   tubuh   menjadi   lebih   rileks   dan   segar, melegakan pernafasan, menghilangkan bau badan, membantu proses pembakaran lemak, melancarakan   peredaran   darah,   dan   manfaat   jangka   panjang   yang   diperoleh   bila   rutin melalukan perawatan martup adalah peremajaan kulit.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Indonesian living in Tanzania

CLOSE