Candi Sambisari Wisata Candi Bawah Tanah di Sleman Yogyakarta

Liburan Ke Candi

Wisata sejarah Candi Sambisari adalah salah satu tempat bersejarah peninggalan agama Hindu terdahulu yang terkubur di kedalaman 6,5 meter dari atas permukaan tanah setempat. Letak candi yang berbeda dengan candi lainnya yaitu tersembunyi di bawah tanah membuat Candi Sambisari memiliki daya tarik tersendiri. Candi ini berlokasi di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Advertisement

Candi yang terdiri dari 1 candi utama dan 3 candi pendamping ini dulunya ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani. Kejadian itu terjadi saat ia sedang mencangkul sawah miliknya kemudian tidak sengaja terbentur batu candi hingga ahirnya berita ini terdengar oleh peneliti purbakala dan ahirnya dilakukan penggalian. Hasil dari penelitian menyimpulkan Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang dibangun pada abad ke-9.

Gimana? Menarik bukan, tidak hanya kisah ditemukannya candi ini yang menarik tapi juga keindahan Candi Sambisari itu sendiri. Kita dapat melihat keindahan Candi Sambisari dari dua sudut pandang, jika travelers ingin melihat candi secara keseluruhan bisa menggambil view dari atas kalau masih belum puas bisa turun ke bawah melewati puluhan anak tangga untuk bisa melihat candi dari dekat. Lumayan buat olahraga bakar kalori. 

Jika travelers sudah capek berkeliling dan berswafoto di area candi, jangan khawatir pengelola Candi Sambisari sudah menyiapkan dua gazebo dan beberapa tempat duduk di bawah pohon rindang untuk travelers jika ingin bersantai menikmati keindahan area candi dari pinggir, seperti yang dirasakan salah satu pengunjung

Advertisement


“Fasilitas gazebo seperti ini sangat cocok buat kita yang datang rombongan, jadi kalau kepanasan bisa neduh rame-rame di sini”, kata Fauzi (56).

“Selain fasilitas gazebo di sini juga menyediakan beberapa kamar mandi untuk para pengunjung yang ingin buang air kecil atau besar dan mushola untuk beribadah bagi yang beragama Islam", tambahan dari Ngatijo (45) petugas Candi Sambisari


Dari fasilitas dan keindahan yang diberikan oleh Candi Sambisari, travelers hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 untuk wisatawan nusantara dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara sangat bersahabat untuk kantong travelers kan? Buat yang masih bingung lokasinya dimana, letak Candi Sambisari dari arah barat sekitar 12 km  dari kota jogja, jika travelers dari timur kompleks Candi Prambanan itu sekitar 4 km dari sana, lebih tepatnya jika travelers sudah sampai di Bandara Adisucipto tinggal menuju ke arah utara sejauh kira-kira 500 meter. Ada catatan buat travelers yang mau berlibur ke Candi Sambisari karena objek wisata ini tidak buka setiap hari dan ada batasan pengunjung juga


“Untuk hari Senin wisata Candi Sambisari ditutup hal ini menyesuaikan ketetapan Kemendikbud bahwa hari Senin ditetapkan sebagai hari libur museum”, ujar Ngatijo(45)

“Pembatasan pengunjung juga diberlakukan selama masa pandemi, wisatawan dibatasi 50 orang setiap jamnya selain itu wisatawan juga diwajibkan menggunakan masker”, tambah dia.


Rekomendasi waktu buat travelers yang mau ke sini sebaiknya pagi hari, udara yang sejuk ditambah sunrise dari timur candi sangat ciamik untuk diabadikan. Soal sarapan jangan khawatir dekat candi ada soto batok yang siap mengenyangkan perut trevelers. Inget! jangan terlalu siang ya travelers selain panas candi hanya beroperasi mulai dari pukul 06:00-15:00, takutnya nanti belum puas keliling sudah ditutup candinya.

Gimana, tertarik berkunjung ke Candi Sambisari?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Ilmu Komunikasi AMIKOM Yogyakarta, mencoba untuk menulis artikel

CLOSE