#CatatanAkhirTahun – Seberat Apapun Masalahku, Keluarga adalah Tempat untuk Aku Pulang

Keluarga Selalu Menjadi Tempat untuk Pulang

Setiap tahun pasti selalu ada suka dan dukanya bahkan terkadang kita lebih sering merasa sedih daripada sukanya. Percayalah semua orang punya permasalahannya masing-masing, ada permasalahan  yang bisa diceritakan atau ada juga yang cukup di pendam dalam diri. Tapi tidak semua orang bisa menghadapi masalahnya sendiri, beberapa orang perlu seseorang yang bisa dijadikan pendamping, atau pelindung untuk selalu ada disampingnya untuk melewati masalah itu semua. Ada yang menjadikan sahabatnya sebagai tempat untuk bercerita. Ada yang menjadikan pacarnya sebagai tempat untuk bersandar. Ada juga yang menjadikan saudara maupun saudarinya tempat bertukar pikiran.

Advertisement

Bagiku orang yang paling tepat untuk dikatakan sebagai pendamping disaat aku dalam masalah apapun adalah keluarga. Dimanapun aku berada, jauh maupun dekat dari keluarga aku tetap selalu membagikan ceritaku pada mereka, aku percaya dibalik doa-doa mereka ada secercah harapan untukku menghadapi setiap masalah hidupku.

Terkadang ketika kita ingin menyerah karena setitik masalah yang tidak dapat kita selesaikan, maka ingatlah kedua orang tuamu, ingatlah perjuangan mereka untukmu, ketika harus lembur di pekerjaanya hanya untuk kamu bisa sekolah dan bisa menjadi kebanggaannya. Ketika aku merantau aku selalu menaruh foto orang tua di wallpaper handphone-ku agar aku selalu ingat bahwasanya aku masih memiliki tujuan untuk sukses dan bisa melihat mereka tersenyum bahagia karena anaknya.

Advertisement

Keluarga selalu menjadi tempat untuk aku pulang, bukan hanya karena ketika ada masalah tapi ketika tubuh sudah merasa lelah dan pikiran telah terasa penat. Tatkala sebuah panggilan video dari mereka sudah menjadi obat dari semua beban berat yang kupikul. Melihat raut wajah mama dan bapak yang sangat segar dan senyumannya menjadi sumber penyemangatku, mendengar pertanyaan-pertanyaan lucu yang diajukan adik ku yang paling bungsu membuat aku seakan lupa tentang semua masalah yang sedang aku jalani. Serta tak lupa dibalik semua itu kata-kata hangat yang selalu dikatakan mama dan bapak yang tidak bisa dilupakan sehat-sehat ya diperantauan bang, makan teratur jangan sering begadang dan selalu berdoa sama Tuhan.

Aku percaya setiap masalah yang aku hadapi membawaku untuk lebih bisa mengenal diriku lebih dalam. Dan aku juga percaya bahwa aku  tidak  hidup sendiri, aku masih memiliki kedua orang tua dan masih memiliki 3 adik cantik  yang selalu mendukungku untuk apa yang sedang aku perjuangkan.  Aku yakin aku tidak akan bisa menjadi apa yang aku inginkan jika bukan tanpa dukungan dari mereka. Terima Kasih Semoga 2022 menjadi tahun yang membawa perubahan bagi kita semua ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

-Penulis Amatir -Pengisi Suara di Podcast Manusia Sederhana -Suka Nonton Netflix -Suka Baca Novel, Suka dengar podcast -Suka Olahraga Tenis Meja

CLOSE