#CatatanAkhirTahun – Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Membuat Resolusi Tahun Ini

Tidak ada kata terlambat untuk mencapai sesuatu. Justu dengan tahun yang baru kita mempunyai semangat yang baru untuk membuat resolusi yang ingin kita capai.

Menjelang akhir tahun hal yang sering kita lakukan adalah membuat resolusi untuk tahun baru. Resolusi adalah rencana yang disusun untuk tahun berikutnya. Kita perlu konsisten untuk mencapai tujuan resolusi yang telah kita buat. Banyak dari kita hanya semangat di beberapa bulan pada saat awal tahun saja. Biasanya karena sudah sibuk dengan keseharian maka resolusi sering terlupakan. Kadang kita suka menunda hal yang ingin kita kerjakan pada akhirnya terlupakan menjadikan hari lewat begitu saja.

Advertisement

Saat waktu berjalan resolusi kadang lewat begitu saja tidak dapat dicapai. Kita sering merasa resolusi yang kita buat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ternyata terlalu imajinatif dan tidak mudah dicapai. Semakin bertambahnya usia kita menjadi lebih realistis. Padahal tidak salah untuk mempunyai resolusi apapun. Tidak ada kata terlambat untuk mencapai sesuatu. Justu dengan tahun yang baru kita mempunyai semangat yang baru untuk membuat resolusi yang ingin kita capai.

Apabila kamu juga susah dalam mengingat dan melaksanakan resolusi kamu, ada beberapa cara agar kamu dapat selangkah lebih maju untuk mencapai resolusimu. Ambil sebuah kertas dan sebuah pulpen, tulislah hal yang ingin kamu capai selama satu tahun. Catat dengan terperinci jika memungkinkan sampai bulan yang ingin kamu capai. Setelah itu, kamu dapat merubah rutinitas kamu dan melakukan resolusi yang telah kamu tulis. Saat kita menjadikan itu sebuah rutinitas maka kamu akan otomatis melalukannya dan ini membuat kamu semakin dekat dengan resolusi yang ingin kamu capai.

Setiap bulannya tuliskan kembali apakah kamu dapat berhasil melakukan resolusimu. Kamu bisa mengevaluasi apa saja yang kurang dalam melakukan resolusimu. Jika masih belum berhasil melakukannnya dengan rutin kamu bisa menuliskan di kertas apa yang menjadi hambatan kamu dalam melakukannya. Hal ini kita lakukan agar kita dapat mengetahui apakah sudah dapat dilakukan dan apa saja kendala yang kamu alami. Kemudian kita dapat memperbaiki di bulan berikutnya.

Advertisement

Misalnya resolusi Andi tahun lalu adalah tidur lebih cepat yaitu sebelum jam dua belas malam. Hal tersebut ternyata sulit Andi lakukan sepanjang tahun karena pada malam hari Andi selalu bermain gameĀ online di handphone sampai subuh. Maka hal yang harus dilakukan Andi adalah membatasi jam bermain games online setiap harinya. Jika sudah hampir mencapai jam dua belas Andi harus berhenti bermain games online. Hal ini di lakukan untuk dapat mencapai resolusi Andi pada tahun itu untuk tidur lebih cepat. Hal lain yang dapat di lakukan adalah memberi tahu orang yang serumah dengan Andi, bahwa resolusi Andi adalah tidur lebih cepat. Orang yang serumah dengan Andi bisa mengingatkan Andi jika waktu sudah menunjukkan hampir jam dua belas malam.

Apapun yang menjadi resolusi kamu pada tahun ini ketahuilah bahwa tahun baru adalah awal yang baru untuk memulai sesuatu. Jika ingin mencapai resolusimu kamu harus tetap mempunyai konsistensi yang tinggi dan semangat dalam menjalaninya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis yang menuangkan isi pemikirannya

CLOSE