#RemajaBicaraKespro-Ceritaku yang Tak Sadar Kalau Sedang Mimpi Basah

Kenapa belajar tentang kesehatan reproduksi itu penting

Cerita terjadi saat aku menduduki kelas satu SMP, sekitar sembilan tahun yang lalu. Di suatu pagi aku mengompol, tapi terlihat berbeda dari biasanya. Heran, bingung, dan panik adalah reaksi pertamaku saat itu.

Advertisement


Kenapa tiba-tiba mengompol di usia yang terbilang sudah remaja? Kenapa yang ini terlihat berbeda dari pada biasanya? Apa reaksi orang tuaku nanti kalau aku ketahuan mengompol?


Kepanikan di pagi buta itu kucoba hilangkan dengan langsung berlari menuju kamar mandi. Kucuci celanaku dan mandi seperti biasa. Namun yang namanya orang tua memang punya insting yang kuat. Saat sarapan, dengan senyum tipisnya, papa bertanya kenapa tiba-tiba aku mencuci celana? Karena takut diintegorasi, kuceritakan saja semuanya sambil menahan malu.

Papa kemudian langsung memberi pemahaman bahwa yang terjadi padaku dinamakan mimpi basah. Dimana hal ini berarti merupakan sebuah pertanda kalau aku sudah beranjak dewasa. Dan aku harus mulai aware dengan yang namanya kesehatan reproduksi.

Advertisement

 

Ketidaktahuanku terhadap fenomena yang berkaitan dengan sistem reproduksi

Advertisement

Sebenarnya aku sudah mengenal kata mimpi basah dan sistem reproduksi sebelumnya. Seharusnya pun aku belajar mengenai hal itu saat SD. Tapi entah mengapa pelajaran itu dilewati oleh guruku. Beliau hanya mengajarkan yang dasar-dasar saja. Oleh sebab itu, aku pun hampir tak pernah menyinggung hal-hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Dan secara perlahan, mulai hilang dari memoriku.

Pernah sekali dua kali sih aku mencoba mencari tahu. Namun, aku tak berani lagi karena banyaknya perspektif negatif kalau sudah membahas yang namanya sistem reproduksi. Aku juga tak mau bertanya pada orang tuaku. Takut mereka marah dan mencurigaiku berbuat sesuatu yang macam-macam. Semua keingintahuan yang ada kupendam sendiri hingga kejadian mimpi basah semasa SMP tersebut terjadi.

 

Kenapa belajar kesehatan reproduksi itu penting

Berkaca dari pengalaman, aku pun sadar bahwa pengetahuan akan sistem reproduksi dan fenomena yang berkaitan dengannya sangatlah penting untuk dipelajari. Belajar mengenai kesehatan reproduksi sama pentingnya dengan pelajaran lainnya seperti sistem kerja otak, pencernaan, dll.

Jangan sampai kita terlambat menyadari gejala-gejala yang terjadi pada tubuh kita. Akan sangat bahaya kalau kita tak tahu dan menganggapnya biasa saja. Menurutku, ada lima hal kenapa kita harus belajar dan paham mengenai kesehatan reproduksi.

1. Mencegah kemungkinan timbulnya penyakit

Di luar sana banyak orang yang terkena penyakit karena tak paham bagaimana cara merawat sistem reproduksi. Terlebih setelah terjadinya menstruasi atau mimpi basah. Beberapa penyakit yang dapat timbul seperti munculnya jamur pada alat kelamin, infeksi, peradangan, dsb.

Belajar tentang kesehatan reproduksi akan membuat kita mengerti cara merawat organ vital, termasuk hal-hal yang harus dilakukan saat menstruasi atau mimpi basah. Dengan begitu, kita dapat terhindar dari kemungkinan timbulnya penyakit terkait sistem reproduksi.

2. Menjadi lebih aware dengan diri sendiri dan lingkungan

Memahami kesehatan reproduksi pastinya membuat kita menjadi lebih berhati-hati dengan lingkungan sekitar, apalagi yang membahayakan alat vital kita tersebut. Telah terjadinya menstruasi atau mimpi basah menjadi alarm juga bahwa kita telah beranjak dewasa sehingga harus pintar-pintar dalam memilih lingkungan pertemanan.

3. Menghindarkan diri dari hal-hal yang tak diinginkan

Belajar tentang kesehatan reproduksi juga membuat kita paham bagaimana perkembangan sistem reproduksi. Sehingga kita dapat mengidentifikasi hal-hal yang terjadi dengannya. Apakah sesuatu yang terjadi terkait sistem reproduksi kita berjalan normal atau tidak. Hal tersebut tentunya menghindari kita dari sesuatu yang tak diinginkan.

4. Membentuk diri menjadi lebih bertanggung jawab

Kesehatan reproduksi bukanlah hal yang dapat dipandang sebelah mata. Kita harus rajin merawat dan memahami perkembangannya. Hal tersebut tentunya membutuhkan tanggung jawab yang besar.

 

Menemukan tempat belajar mengenai kespro yang tepat dan terbaik

Belajar mengenai kesehatan reproduksi adalah kewajiban bagi setiap orang. Harapannya, jangan sampai ada lagi perspektif negatif di masyarakat kalau sudah membahas masalah sistem reproduksi. Keluarga pastinya menjadi tempat pertama untuk belajar. Pemerintah dan sekolah juga turut memberikan pemahaman yang jelas dan mendalam tentang pentingnya kesehatan reproduksi.

Dan yang paling penting diri kita sendiri harus lebih aware dalam menjaga sistem reproduksi kita. Selalu belajar sehingga kita terhindar dari segala macam penyakit.

 

Situs Dokter Gen Z dapat menjadi salah satu pilihan tepat bagi kita yang ingin belajar mengenai seksualitas dan kesehatan reproduksi. Di sini segala masalah atau pertanyaan kita terkait kesehatan reproduksi akan dijawab dengan informasi yang valid. Jadi, tak perlu takut untuk curhat ya karena orang-orang di belakang Dokter Gen Z memiliki pengalaman dan kompetensi yang baik. Harapannya tak ada lagi dari kita yang tak paham mengenai kesehatan reproduksi ataupun gejala dan fenomena terkait hal tersebut. Jangan sampai seperti aku ya. Harus bisa bedakan ngompol dan mimpi basah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Someone who loves Science and Art. An Environmental Engineering student with a passion for content writing and copywriting. Poetry and Singing are also the things that he likes.

CLOSE