Pernah dengar lagu Hijrah ke London milik The Changcuters? Lagu itu bercerita tentang seseorang yang pindah ke London dan dirindukan oleh kekasih yang ditinggalkannya. Kira-kira mengapa The Changcuters memilih Kota London untuk diceritakan dalam lagunya itu ya?

Sepertinya ada beberapa alasan mengapa Kota London yang dipilih untuk lagu itu. Tidak hanya karena pesona dan keindahan kota tersebut yang menjadi daya tarik wisatawan dunia, tapi budaya dan tradisi di sana juga sangat menarik. Salah satunya adalah karena London berada di negara yang terkenal dengan sepak bolanya, yakni Inggris, seperti yang tertulis di lirik awal lagu tersebut.

Advertisement


London menjadi salah satu kota di Inggris yang bisa disinggahi untuk melakukan wisata sepak bola, bagi para football lovers Liga Premiere Inggris. Jika ingin merasakan sensasi wisata yang berbeda sekaligus memuaskan diri dengan seluk-beluk persepak bolaan Inggris, mengunjungi stadion-stadion yang berada di sana tentu sangat wajib dilakukan.


Tentu saja, karena di Inggris, termasuk di London terdapat homebase dari tim-tim sepak bola yang memiliki nama besar seperti Arsenal dan Chelsea. Setidaknya ada sebanyak enam klub sepak bola di London selain kedua klub raksasa itu, yakni Tottenham Hotspurs, West Ham United, Fulham, dan Queen Park Rangers. Bagi para pecinta sepak bola klub-klub tersebut bukanlah klub yang asing bukan?

Jika Anda merupakan penggemar dari klub-klub sepak bola tersebut, saat berkunjung ke London pastinya tidak boleh melewatkan berkunjung ke homebase mereka meskipun tidak ada pertandingan di sana. Ada beberapa stadion yang menjadi homebase atau kandang klub sepak bola tersebut yang wajib dikunjungi dan dirasakan sensasi Liga Inggrisnya.

Advertisement

1. Stamford Bridge

Pecinta klub Chelsea, pasti sangat penasaran dan ingin mengunjungi kandang tim berjuluk The Blues itu, yakni Stamford Bridge. Lokasinya berada di Fulham, London, SW6 1HS, kawasan Moore Park Estate atau The Bridge. Untuk menuju ke sana, Anda bisa naik kereta dari Stasiun Fulham Broadway di District Line dengan naik kereta jurusan Earls Court-Wimbledon bound trains dan turun di Stamford Bridge.


Stadion berkapasitas 41.798 tempat duduk ini merupakan stadion terbesar ke-8 di Liga Primer Inggris dan dibangun pada tahun 1876 oleh arsiteknya yang bernama Archibald Leitch.


Di stadion ini, banyak pertandingan internasional yang digelar mulai dari semi final dan final FA Cup hingga laga uji coba tim sepak bola nasional Inggris. Tidak ada salahnya juga berlibur ke London sekaligus menonton pertandingan yang digelar di sana. Selain menonton pertandingannya, berwisata ke Stamford Bridge bisa dilakukan di hari tak ada pertandingan. Pengunjung bisa merasakan sensasi pertandingan di stadion tersebut dengan mengikuti tur yang disediakan selama 1 jam.

Para pengunjung akan diajak menelusuri seluruh ruangan yang kerap digunakan para pemain dan staf dari tim Chelsea. Mulai dari ruang ganti, konferensi pers, lorong yang biasa dilalui para pemain dan lawan, hingga keluar dari lorong pemandangan tribun stadion yang megah pun akan menyapa. Di area museum, pengunjung bisa melihat banyak foto dan benda-benda yang menjadi ciri khas Chelsea, termasuk tayangan tentang sejarah klub tersebut.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan trofi dari berbagai liga yang digelar di Eropa, salah satunya adalah Liga Champions. Namun untuk berfoto, pengunjung harus menyediakan uang sebesar 10 poundsterling atau sekitar Rp200.000 untuk sekali foto.

Tur di stadion ini, dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 15.00. Sedangkan untuk kunjungan ke museum, dibuka setiap pukul 9.30 – 16.00. Namun untuk berkunjung ke stadion ini, pastikan agar mengetahui jadwal pertandingan yang mungkin akan dilaksanakan di sana. Pasalnya, apabila terdapat kompetisi Eropa, maka museum dan arena akan tutup selama dua hari, yakni sehari sebelum dan saat pertandingan digelar.

2. Wembley Stadium

Selain ke Stamford Bridge, pecinta sepak bola juga belum mabrur jadi penggemar kelas berat Liga Inggris jika belum datang ke Wembley Stadium. Stadion berkapasitas 90.000 orang ini merupakan stadiun terbesar kedua di Negeri Ratu Elizabeth dan berada di kawasan Wembley Park, London, Inggris. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan dan berfoto di depan stadion yang mempunyai ciri khas tersendiri. Pasalnya, di atas bangunan stadion tersebut terdapat busur melintang dengan tinggi 436 meter dan diameter 315 meter. Busur tersebut menjadi unik karena memiliki fungsi penting untuk menjaga kestabilan bangunan stadion, yakni sliding roof di bagian utara dan selatannya.


Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto atau mengambil gambar di depan patung salah satu legenda sepak bola Inggris, yakni Bobby Moore yang berada di depan pintu masuk. Patung tersebut konon menggambarkan momen saat Bobby Moore memimpin timnas Inggris dan berhasil menjadi juara saat Piala Dunia 1966.


3. Emirates Stadium

Tempat lainnya yang tak boleh terlewatkan adalah Emirates Stadium. Stadion yang merupakan markas dari klub raksasa Arsenal ini bisa dikunjungi dengan menaiki kereta dari Victoria, Piccadilly Lines dan Great Northern rail dari Finsbury Park.


Stadion terbesar ketiga yang berkapasitas 60.000 orang yang juga menyiapkan paket tur bagi para pengunjung. Setidaknya ada tiga paket tur yang bisa dipilih, yakni Self-Guided Tour + Museum seharga £20, Legends Tour seharga £40, dan museum seharga £8.


Tempat-tempat yang akan dikunjungi dalam paket tur tersebut adalah Director's Box, tempat menonton pertandingan yang dikhususkan bagi para petinggi grup berjuluk The Gooners itu dan tamu VIP. Sama seperti di Stamford Bridge, pengunjung juga akan diajak melihat ruang ganti yang biasa digunakan tim Arsenal maupun tim lawan. Kedua ruang ganti ini memiliki interior yang berbeda. Ruang ganti pemain Arsenal didesain sangat mewah sedangkan ruang ganti lawannya sebaliknya. Konon, desain interior ruang ganti lawan sengaja dibuat sebaliknya dengan tujuan untuk menurunkan mood mereka sehingga akan berpengaruh ke pertandingan.

Namun jika pengunjung memilih pake tur Legends Tour akan terasa luar biasa karena akan didampingi oleh tokoh legendaris sepak bola Arsenal seperti Charlie George, John Radford, Kenny Sansom, Perry Groves, dan Lee Dixon. Setelah puas mengikuti tur, pengunjung juga bisa membeli souvenir asli Arsenal dengan lengkap di toko cinderamata klub sepak bola paling besar di Inggris, yakni The Armoury. Jika sudah puas berwisata sepak bola di London, Anda tentu harus mengunjungi stadion terbesar lainnya yang ada di kota lain di Inggris.


Salah satunya adalah Old Trafford Stadium di Manchester yang juga menjadi kandang dari tim raksasa Inggris lainnya, Manchester United. Kemudian jika ke Liverpool, jangan lupa mampir juga ke Stadion Anfield yang menjadi markas klub Liverpool.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya