Danau Toba, Destinasi Lempengan Surga di Sumatera Utara dengan Beragam Keindahan yang Menakjubkan

Review Danau Toba

Indonesia memang banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi buat liburan akhir tahun. Yang tidak kalah indahnya dengan destinasi yang ada di luar negeri. Sebagai contoh Danau Toba yang menjadi destinasi Sumatera Utara yang banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Sekilas tentang danau toba yang ramai dikunjungi itu rupanya memiliki luas yang lebih besar dari luasnya Singapura.

Advertisement

Danau Toba yang kita lihat sekarang terjadi karena letusan gunung berapi. Sehingga terbentuk kawah yang cekung dan sangat dalam. Cekungan itu kemudian lambat laun terisi air dan jadilah danau. Yang membuat unik Danau Toba itu ada pulau kecil di tengahnya yang dikenal sebagai Pulau Samosir. Pulau tersebut memiliki banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Pulau Samosir dan danau toba mayoritas warga lokalnya dari suku Batak. Jika liburan ke sana Anda akan menemukan pemandangan gunung dan air terjun. Terlebih lagi Anda akan merasakan sambutan ramah dari penduduk pulau samosir dan Anda bisa mengetahui ragam kebudayaan mereka.

Banyak ritual yang diadakan di sana. Misalkan Anda wisata kesana pada bulan April sampai dengan bulan Agustus, Anda dapat melihat upacara ritual tradisional dari warga pulau samosir yang dominan suku Batak. Upacara tersebut diadakan sebagai ritual untuk mengenang leluhur mereka dengan menyajikan acara nyanyian, olahraga, dan tarian khasnya orang Batak. Untuk tempat wisata yang di tawarkan sungguh banyak dan indah. Dengan view danau toba mata Anda tidak akan berkedip karena keindahan yang membentang sejauh mata memandang.

Advertisement

Ada juga wisata air terjun yang membuat Anda takjub dengan keindahannya. Seperti air terjun situmulun tapi banyak orang lebih mengenal air terjun ini sebagai Binangalom. Air terjun yang alirannya jatuh langsung ke danau toba ini menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi dari destinasi lainnya yang ada di Danau Toba. Bagi wisatawan local yang jauh rumahnya dan tidak puas menjelajahi danau toba. Ada penginapan yang didesain di pinggir Danau Toba. Sehingga bisa melihat langsung keindahan danau toba sambil bersantai di pinggiran hotel.

Jika Anda berlibur di sana pastikan juga untuk mencicip masakan khas warga lokal, yaitu arsik ikan mas. Makanan ini biasanya disajikan pada saat perta pernikahan adat Batak. Tapi sekarang makanan tersebut dijadikan makanan khas orang Batak dan disajikan untuk tamu yang datang. Jadi banyak hal yang dapat dilakukan jika Anda berlibur di danau toba yang Sebagian sudah disebutkan diatas. Dan Anda juga bisa melakukan traveling dengan mengelilingi desa Tuktuk, berkunjung ke tempat situs sejarah dan melihat desain rumah batak yang khas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE