#RemajaBicaraKespro-Cerita dan Kekhawatiran Tentang Datang Bulan Pertamaku

Pengalaman pertama menstruasi

Aku ingat sekali hari itu ketika pertama kali aku menstruasi. Aku pertama menstruasi tanggal 30 September 2018 lalu saat aku masih awal masuk kelas satu SMP. Saat pertama kali menstruasi aku tidak terlalu terkejut karena banyak remaja yang sudah menstruasi di usia yang lebih muda dari diriku.

Advertisement

Pertama kali memakai pembalut aku merasa tidak nyaman karena terasa mengganggu saat aku ingin duduk dan berjalan. Tapi lama kelamaan aku mulai terbiasa.

Hal yang paling aku takuti saat menstruasi adalah saat darah menstruasiku keluar sangat banyak dan membekas di celana atau rok yang aku pakai. Rasanya sangat memalukan dan juga membuatku sangat kesal. Aku harus mencuci celana dalam dan harus mengganti pembalutku berulang-ulang.

Terkadang juga menstruasiku berlangsung lama. Mungkin sekitar lebih dari 3 hari. Biasanya aku mulai menstruasi di awal bulan dan berakhir terkadang pertengahan atau akhir bulan. Terkadang juga aku mulai menstruasi akhir bulan.

Advertisement

Kakakku dan adikku juga sudah menstruasi. Kakakku kelas satu SMA dan adikku kelas 6 SD. Tetapi adikku mulai menstruasi saat awal naik kelas 6 SD. Menurutku itu masih terlalu awal untuk menstruasi. Tapi yahh, mau gimana lagi. Saat mulai menstruasi aku belum pernah berdiskusi dengan orang lain kecuali ibuku. Aku bertanya pada ibuku mulai dari cara memakai pembalut dan cara membuangnya.

Tapi aku heran dengan satu hal. Setiap adikku menstruasi dia sangat jarang mengganti pembalutnya. Bahkan saat dia buang air kecil dia selalu memakai pembalut yang sudah dia pakai dan bukannya menggantinya. Setiap aku tanya, dia hanya mengatakan bahwa dia baru mengganti pembalut itu tadi. Walaupun bisa dibilang harus sudah diganti, tetap ia pakai lagi.

Advertisement

Tidak jarang aku melihatnya jarang mengganti pembalut, bahkan terkadang itu membuatku merasa agak jijik. Tapi aku tidak terlalu memikirkan itu. Guruku bilang kita harus mengganti dengan rutin pembalut agar daerah kewanitaan tetap sehat.

Oh iya, aku juga baru baru ini mengalami hal yang nggak biasa. Saat itu hari Rabu malam saat aku mau tidur. Aku selalu mengganti pembalutku sebelum tidur. Namun paginya aku merasa aneh. Padahal aku sudah mengganti pembalutku, tetapi darah yang keluar begitu banyak, bahkan sangat banyak hingga menetes ke kakiku.

Aku terpaksa harus ke kamar mandi dengan bergegas agar tidak menetes ke kasurku dan ke lantai. Aku bercerita tentang ini kepada ibuku juga. Ibuku bilang itu bagus karena menstruasiku lancar.

Aku pernah mencari di web internet. Katanya menstruasi itu adalah peredaran uterus secara periodik yang terjadi sekitar 14 hari setelah ovulasi. Walaupun aku tidak terlalu tau lebih rinci tentang menstruasi. Tapi, menurutku itu cukup untuk membuatku mengerti.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE