Daya Tarik Interpersonal Bisa Membuat Orang Lain Tertarik Kepada Kita!

Ketika kita masuk ke lingkungan pertemanan baru umumkan akan menimbulkan persepsi dari orang lain yang pada akhirnya bisa menentukan layak atau tidak kita dijadikan teman oleh teman lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita membutuhkan yang namanya lingkungan sosial atau biasa disebut dengan pertemanan. Dengan adanya teman kita bisa mudah mendapatkan bantuan, baik itu bantuan berupa materi ataupun yang bukan materi. Seperti contohnya jika ada seorang yang berkuliah disebuah Universitas, pasti sangat membutuhkan yang namanya teman untuk mendapatkan contekan ketika perkuliahan, ataupun orang yang bekerja disuatu perusahaan pasti membutuhkan orang lain untuk mempermudah pekerjaanya.

Advertisement

Namun ternyata untuk bisa dekat dengan teman baru diperlukan ketertarikan orang lain yang biasa disebut dengan istilah daya tarik Interpersonal. Daya tarik Interpersonal adalah suatu sikapĀ  seseorang mengenai orang lain di mana ketertarikan meliputi evaluasi sepanjang suatu dimensi yang berkisar dari sangat suka hingga sangat tidak suka. Contoh umumnya orang lain bisa tertarik jika kita sangat ramah, nyaman diajak berbicara, dan lainya.

Penentu suka atau tidak suka dari teman baru bisa muncul oleh persepsi awal ketika berjumpa. Persepsi adalah sebuah sudut pandang orang lain mengenai kita. Semisalnya kita berbicara tentang diri sendiri ketika baru bertemu teman baru bisa menimbulkan sebuah persepsi buruk dari orang lain. Terutama banyak penilaian terbesar bagi orang lain ketika pertama sekali berjumpa. Jika kita banyak membicarakan diri sendiri ketika baru berjumpa akan membuat orang lain tidak suka dengan kita karena munculnya persepsi yang menyatakan bahwa orang yang baru berjumpa ini tidak memperdulikan orang lain. Sangat disarankan jika baru berjumpa dengan orang baru untuk lebih banyak bertanya, dengan banyak pertama akan menimbulkan persepsi kita sangat peduli dengan orang lain.

Advertisement

Umumnya, keadaan emosional orang lain juga sangat berpengaruh terhadap kedekatan diri kita dengan teman baru. Berawal dari persepsi dapat menimbulkan suatu keadaan emosional positif dan negatif. Berapa banyak orang yang tidak mempunyai fisik yang menarik namun bisa dicintai oleh banyak orang lain dikarenakan dia bisa memunculkan keadaan emosional yang positif seperti gaya bicaranya yang sangat memikat hati orang-orang disekitarnya.

Jadi, jika ingin disukai oleh lingkungan pertemanan baru kita harus membuat suatu keadaan emosional yang positif dari orang lain. Seperti mempelajari gaya bicara yang bisa membuat orang lain tertarik dengan kita. Atau bisa mempelajari apa yang orang lain suka, misalnya dia suka orang yang tidak banyak membicarakan diri sendiri, berarti kita jangan banyak membicarakan diri sendiri jika sedang berhadapan dengan teman baru tersebut. Tidak ada masalah dengan fisik, walaupun fisik tidak menarik pun kita tetap dapat membuat orang lain tertarik dengan kita lewat daya tarik Interpersonal.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Instagram: @irfanfadhilah01 - Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

CLOSE