Destinasi Wisata dari 4 Kota di Inggris Yang Memikat Hati

#AyoKeUK

Advertisement

“Kau berkelana ke negara sepak bola bukan Italia, bukan juga Argentina … London, London ingin ku kesana.” (sedikit mengutip lirik lagu dari The Changcuters). Ya, berbicara soal London, siapa yang tak kenal London, bukan? London merupakan ibukota dari negara Inggris. Secara geografis, kota ini terletak di tepi sungai Thames, wilayah tenggara pulau Great Britain. Negara yang terkenal dengan kerajaan serta sepak bola ini, ternyata juga memiliki kebudayaan dan panorama yang begitu indah.

Salah satu ikon negara Inggris yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Big Ben yang terletak di kota London. Kurang afdol rasanya kalau berkunjung ke Inggris tapi tidak datang ke tempat ini. Big Ben merupakan nickname atau nama julukan bagi Great Bell, sebuah bel dan jam dinding besar yang terletak di atas sebuah menara, Elizabeth Tower, tetapi lebih dikenal dengan nama Clock Tower. Jika kamu mengunjungi kota London, setiap jam kamu akan mendengar suara dentang bel dari Big Ben ini. Big Ben sangat ramai pengunjung saat tahun baru, apalagi kalau tempat ini dijadikan lokasi syuting film. Tempat ini sangat ikonik sehingga mengundang pengunjung untuk datang dan berfoto disini. Jika kamu datang ke tempat ini, kudu wajib juga berfoto di kotak telepon merah. Dijamin seru dan menyenangkan!

Di kota London, tepatnya di Euston Road, terdapat sebuah tempat favorit yang ramai dikunjungi wisatawan untuk berfoto. Tempat tersebut adalah King”s Cross Station. Kalau kamu fans Harry Potter, kamu seharusnya tahu mengenai Platform 9 ¾ yang menjadi jalan masuk para penyihir muda untuk menuju ke Hogwarts Express. Di stasiun ini, terdapat troli yang disediakan di dinding, tepat di bawah tulisan Platform 9 ¾. Troli tersebut disediakan agar para wisatawan dapat berfoto seolah akan menuju Hogwarts Express melalui dinding tersebut. Kabarnya, Platform ini setiap harinya dipenuhi wisatawan mancanegara yang antri untuk berfoto di sini. Berasa seperti jadi penyihir muda. Wah, jadi ingin ke sana!

Advertisement

Selain Big Ben, dan King”s Cross Station, aku juga ingin menceritakan salah satu tempat favorit yang ramai dikunjungi oleh wisatawan di London. Mau tahu tempat apa itu? Jawabannya adalah Abbey Road. Kalau menyebut nama Abbey Road, tentunya kamu sudah bisa menebak tempat apa itu, apalagi bagi para Beatles mania pasti sangat familiar dengan tempat ini. Ya, tempat ini adalah sebuah jalan kecil yang ditampilkan disampul album lagu dari group band legendaris The Beatles. Sampai sekarang tempat ini ramai dikunjungi wisatawan hanya untuk berfoto ala The Beatles. Bahkan untuk berfoto di sinipun harus rela antri, karena banyaknya pengunjung. Perlu diketahui pula, namanya juga jalanan jadi banyak kendaraan yang melintas. So, jika kamu berkunjung ke sini selain berfoto, utamakan juga keselamatan kamu.

Destinasi wisata lain yang juga termasuk salah satu ikon di Inggris yang terkenal adalah Buckingham Palace. Buckingham Palace adalah kediaman dan tempat resmi para keluarga kerajaan Inggris yang terletak di City of Westminster. Sama seperti Istana Negara di Indonesia, istana ini juga merupakan tempat dilangsungkannya upacara dan kegiatan kenegaraan. Tempat ini memang bisa dikunjungi oleh wisatawan, tapi perlu diketahui bahwa tidak semua bagian Buckingham Palace bisa diakses oleh publik. Salah satu bagian yang dibuka bagi publik adalah Queen’s gallery, yang menyimpan berbagai item koleksi kerajaan Inggris. Di tempat ini pula, kamu dapat menyaksikan pergantian penjaga istana dengan seragam merah dan topi tinggi yang terbuat dari bulu beruang, pada pukul 11.00 setiap hari atau pukul 10.00 pada hari Minggu dan hari-hari musim dingin. Pergantian penjaga ini dilakukan seperti sebuah upacara yang turut pula diiringi oleh musik kerajaan. Banyak para pengunjung yang datang mendekati depan gerbang istana untuk menyaksikan acara pergantian penjaga ini. Wow, terdengar sangat menarik. Ayo ke UK!

Kalau tadi aku sudah sedikit bercerita tentang London, sekarang aku ingin bercerita tentang Liverpool! Mendengar kata Liverpool, apakah hal pertama yang terbesit dalam pikiran kamu? Tentu saja yang aku dan kamu ketahui adalah nama salah satu kub sepak bola terbesar di Inggris. Sama halnya dengan London, Liverpool pun memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Liverpool adalah Anfield Stadium. Anfield Stadium adalah markas klub sepak bola raksasa di Inggris, Liverpool FC. Stadion ini terletak di distrik Anfield, Liverpool. Distrik ini lebih di kenal dengan julukan City of Liverpool. Stadion ini dibagi menjadi 4 stand yaitu Spion Kop, Main Stand, Centenary Stand, dan Anfield Road. Stadion ini memiliki kapasitas 54.167 kursi dan merupakan stadion sepak bola terbesar ke-6 di seluruh wilayah Inggris. Para penggemar Liverpool FC wajib datang ke Anfield Stadion kalau berkunjung ke Inggris.

Selain terkenal dengan sepak bola, ternyata Liverpool adalah kota pelabuhan yang terletak di Teluk Liverpool. Salah satu tempat yang menarik untuk kamu kunjungi adalah dermaga Albert Dock. Albert Dock adalah kompleks dermaga kapal dan gudang yang terletak di Edward Pavilion, Liverpool. Dermaga ini merupakan bangunan pertama di UK yang dibangun pada tahun 1864. Dermaga ini dibangun tanpa menggunakan kayu, tetapi dengan menggunakan batu, besi, dan batu bara. Namun, pada Perang Dunia Ke-II, dermaga ini mengalami kerusakan dan baru direnovasi pada tahun 1984. Saat ini, Albert Dock merupakan salah satu landmark utama Inggris, di luar London, yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Liverpool juga terkenal dengan group band legendaris The Beatles. Salah satu landmark yang perlu dikunjungi di Liverpool adalah The Beatles Story. The Beatles Story adalah sebuah museum yang didedikasikan untuk mengenang The Beatles, group legendaris dunia yang berasal dari Liverpool. Museum ini terletak di dua tempat, di Albert Dock, dan di Pier Head. Masing-masing dibuka pada tahun yang berbeda. Museum yang terletak di Albert Dock dibuka pada tahun 1990, dan museum yang terletak di Pier Head dibuka pada tahun 2009. Kalau kamu berkunjung ke museum ini, kamu akan menemukan audio dalam 10 bahasa yang dinarasikan oleh Julia Baird (saudara perempuan John Lennon), kemudian ada kacamata John Lennon, gitar pertama George Harrison, Replica Cavern Club, Beatles Hidden Gallery, dan Fab4D Experience.

Dari Liverpool kita beranjak ke Manchester. Jarak antara Liverpool dan Manchester hanya sekitar 56 km. Sama halnya dengan Liverpool, Manchester juga sangat terkenal dengan dua klub sepak bola terbesar di Inggris, yaitu Manchester United (MU) dan Manchester City. Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan di Manchester adalah Old Trafford Stadium. Old Trafford Stadium merupakan markas klub sepak bola raksasa Eropa, yaitu Manchester United F.C. Dari pusat kota Manchester stadion ini hanya berjarak 4 km. Stadion ini memiliki kapasitas 75.635 kursi , serta merupakan stadion sepak bola terbesar ke dua di UK dan terbesar ke sebelas di Eropa. Stadion ini terbagi menjadi 4 bagian, yaitu Sir Alex Fergusson Stand, Sir Bobby Charlton Stand, West Stand, dan East Stand. Stadion ini juga sering dijuluki sebagai “The Theatre of Dreams oleh Bobby Charlton. So, Jangan lewatkan untuk berkunjung kesini, khususnya bagi para penggemar MU.

Setelah tadi aku sudah bercerita tentang London, Liverpool, dan Manchester, saatnya aku bercerita tentang kota Oxford. Aku suka sekali dengan kota Oxford, kenapa? Karena salah satu impian terbesar dalam hidupku adalah berkunjung ke Oxford University. Aku tidak bermimpi untuk berkuliah di Oxford, tapi setidaknya suatu saat aku ingin sekali menginjakkan kakiku di Oxford University. Berbicara soal kota Oxford, merupakan kota pendidikan yang terkenal dengan perguruan tinggi terbaik di dunia. Selain pendidikan, Oxford juga merupakan kota yang terkenal dengan teknologi informasi, sains, publishing, dan manufaktur. Oxford juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu ikon di kota Oxford yang menarik untuk dikunjungi adalah Chirst Church, Universitas Oxford, Inggris. Masih ingat Great Hall di film Harry Potter yang biasanya digunakan untuk berkumpul bersama ataupun makan bersama para murid Hogwarts? Di Universitas Oxford inilah setting lokasi itu diambil. Di dalam film Harry Potter, tempat ini digambarkan sangat megah, lengkap dengan lilin-lilin di udara serta ceiling yang tinggi. Wah, keren bukan? Semoga suatu saat bisa ke sana. Selain Univeritas Oxford, masih banyak tempat wisata dan sekaligus menjadi landmark di kota ini antara lain Bodleian Library. Pitt Rivers Museum, Oxford University Museum, Ashmolean Museum, University Church of St Mary the Virgin, University of Oxford Botanic Garden, Carfax Tower, dan Covered Market.

Demikianlah ceritaku tentang Inggris, sebuah tempat yang indah untuk dikunjungi. Sebenarnya, aku masih ingin terus bercerita tentang Inggris, karena masih sangat banyak hal yang ingin aku ceritakan. Tapi kukira untuk episode yang ini, sudah cukup sampai di sini. Aku berharap ketika kamu membaca ceritaku, kamu merasa seperti berada di Inggris dan sedang menikmati indahnya kota-kota yang ada di sana. Terimakasih, semoga kita akan bertemu diepisode-edpisode selanjutnya. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya