#DestinasiHipwee- Kebun Teh Wonosari, Wisata Asik yang Tak Kalah Menarik

Tak hanya di puncak Bogor, Malang ternyata juga memiliki pesona alam perkebunan Teh. Tepatnya di bawah kaki Gunung Arjuna,  hamparan luas perkebunan teh yang hijau dan asri seolah memberi kepuasan tersendiri dengan menampilkan pemandangan yang berlatar belakang Gunung Arjuna dan dibawah langit yang biru. Kebun Teh Wonosari ini terletak di desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Objek wisata yang menawarkan pesona alam dengan pemandangan hijau teh yang sangat luas. selain sebagai perkebunan Teh, tempat ini juga dijadikan objek wisata edukasi dan Agrowisata. Maka tak heran, jika banyak sekali pengunjung tidak hanya dari kalangan keluarga saja, akan tetapi dari kalangan pelajar atau mahasiswa untuk melakukan kunjungan atau bahkan sebagai objek penelitian di kawasan ini.

Advertisement

Seperti ciri khas kota Malang, kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dikala pagi menyapa maupun saat malam hari. Akses jalan yang diperlukan untuk menuju ke tempat ini bisa terbilang cukup mudah. Namun, karena terletak di dataran tinggi, maka jalanya sedikit menanjak dan berbelok – belok. Akan tetapi, ketika tiba di lokasi rasa lelah seolah terbayarkan sudah karena kita disuguhkan oleh pemandangan yang alami dan menyejukkan mata. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Arjuno dari kejauhan yang dilengkapi dengan birunya warna langit seolah menjadi latar belakang dalam lukisan alam ini. Kemudian, saat memasuki perkebunanya kita ditemani dengan udara dingin, aroma daun teh yang wangi dan harum yang terasa saat berjalan  disepanjang kiri kanan jalan.

Sebelum memasuki kawasan ini, pengunjung dikenakan tarif mulai dari Rp. 10.000 untuk weekday hingga Rp. 15.000 saat weekend atau hari libur nasional lainya. Agrowisata Kebun Teh Wonosari ini memiliki jam operasional yaitu dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 05.00 sore. Akan tetapi tidak perlu khawatir bagi para pengunjung yang ingin berlama-lama dalam menikmati hingga malam hari karena disini juga telah disediakan tempat penginapan atau villa bagi para pengunjung. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, salah satunya yaitu Tea walk di Kebun Teh Wonosari. Tea walk yaitu berjalan menyusuri diantara tumbuhan teh disekitar, saat melakukan ini jangan lupa untuk bertukar sapa dengan para pekerja pemetik teh yang dengan lihai memetik pucuk demi pucuk teh. Akan tetapi para pemetik the hanya bisa ditemui saat hari kerja saja, karena pada weekend biasanya mereka libur. Kemudian, saat Tea walk jangan mau ketinggalan untuk berfoto atau sekedar mengabadikan momen terindah, karena tea walk hanya dapat ketika di perkebunan teh saja.

Advertisement

Saat menelusuri lebih jauh dari pintu masuk maka disana akan menemui bukit kuneer, yang sebenarnya masih satu kawasan dengan kebun teh wonosari. Hanya saja, untuk menempuh perjalanan ke bukit kuneer para pengunjung harus berjalan sekitar 1,5 Km dari pintu masuk atau bisa juga dengan menyewa motor trail yang sudah disediakan disana. Keunikan bukit kuneer sendiri, selain berlatar belakang Gunung Arjuno dan perkebunan teh, disini para pengunjung juga bisa menikmati sunrise. Kemudian juga tersedia signage atau sign board dan jembatan kayu yang membentang diatas tanaman teh ini. Jadi, ketika melintas diatas jembatan kayu ini, para pengunjung bisa merasakan seperti berjalan dilautan daun teh dan dibawah langit yang biru.

Spot selfie merupakan tempat yang wajib ada di suatu tempat wisata. Tak mau ketinggalan dengan yang lainya. Di kebun teh wonosari banyak sekali spot – spot indah yang memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung dalam mengabadikan momen berwisata. Diantaranya ada spot gubug artistik yang terbuat dari bambu dan dirancang membentuk gubug kecil. Kemudian ada juga spot selfie berbentuk hati dengan hiasan bunga bunga yang melingkari, dan lebih menariknya lagi ada papan surfboard ditengah tengah daun teh, papan surfboard ini memang dibentuk sebagai gardu pandang untuk melihat barisan petak dari tanaman teh diatas bukit kuneer ini. Selebihnya ada spot kupu-kupu, sayap burung, dan masih banyak lagi. 

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kebun teh tanpa melihat proses pembuatan the secara langsung. Jadi parapengunjung diperbolehkan untuk melihat proses produksi teh dikawasan ini. Mulai dari pemetikan teh oleh para petani, penerimaan pucuk teh kemudian proses pelayuan dan penggilingan, fermentasi, kemudian peneringan hingga pengepakan. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi Jurusan Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

CLOSE