#DiIndonesiaAja-Berdirinya Langgar di Areal Pura. Suatu Keunikan yang Hanya Akan Kalian Temukan di Objek Wisata Pura Dalem Jawa!

Objek Wisata Religi di Bali

The Island Of Thousand Temples atau  pulau seribu pura, begitu mereka menyebut Pulau Bali. Mengingat mayoritas penduduk yang memeluk agama Hindu dan pura sebagai tempat ibadah umat Hindu, sehingga tak heran jika kemudian julukan tersebut melekat bagi Pulau Bali.

Advertisement

Walau penduduk beragama Hindu mendominasi, namun keharmonisan antar umat beragama di Bali tetap dapat dirasakan. Salah satu contoh keharmonisan itu sendiri dapat dilihat pada saat perayaan hari besar keagamaan. Ketika Hari Raya Nyepi, warga non – Hindu di Bali, seperti umat muslim, mengumandangkan adzan tanpa pengeras suara. Sebaliknya pada saat hari raya warga non-Hindu di Bali, pecalang atau polisi adat Bali juga turut menjaga keamanan saat proses persembahyangan berlangsung. Bentuk keharmonisan umat beragama di Bali juga dapat kalian temukan pada sebuah bangunan Pura yang juga merupakan Objek Wisata yaitu, Pura Dalam Jawa atau yang juga dikenal dengan Pura Langgar.

Objek wisata religi yang berlokasi di desa Bunutin, Kabupaten Bangli ini memiliki keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh bangunan Pura lainnya, yaitu terdapat sebuah Langgar di areal Pura. Berdirinya Langgar yang merupakan tempat ibadah umat muslim di lingkungan Pura tidak kemudian menjadikan hal tersebut tabu, justru keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri. Telah dikatakan bahwa Langgar merupakan tempat ibadah umat Islam, akan tetapi disini fungsi Langgar ialah untuk memuja roh leluhur. Sementara dalam ajaran Islam memuja roh leluhur tidak dibenarkan sedangkan di sini Langgar dihubungkan dengan kepercayaan umat Hindu.

Alkulturasi agama dan budaya Hindu-Muslim di Pura Langgar juga dapat dilihat dari arsitektur bangunan yang memiliki sentuhan Jawa-Bali. Hal ini dikarenakan pada jaman dahulu Pura Dalem Jawa memiliki hubungan erat dengan Kerajaan Blambangan di Jawa. Maka tidak heran di sini terdapat suatu perpaduan dua unsur kebudayaan yakni Hindu dan Islam yang bersinergi dan saling mempengaruhi.

Advertisement

Selain itu uniknya lagi, di sini juga tersedia tempat wudhu yang memiliki 5 kran air, yang melambangkan sholat 5 waktu. Namun bagi siapapun yang ingin melakukan kegiatan persembahyangan, dilarang memasuki ruangan Langgar, karna dianggap suci, dan hanya orang-orang tertentu yang boleh memasuki ruangan Langgar. Tetapi jika tetap ingin melakukan kegiatan persembahyangan, kalian dapat bersembahyang di area sekitar Pura Dalem Jawa, namun bukan di dalam bangunan Langgar.

Perjalanan dari Denpasar menuju Objek Wisata Pura Dalem Jawa ini hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam. Jadi buat kalian yang ingin memiliki pengalaman berwisata religi, objek wisata ini akan menjadi destinasi yang pas buat kamu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE