#DiIndonesiaAja-Pengunungan Menoreh: Pernah Cobain Kesegaran Kedung Pedut Belum?

Menikmati kesegaran Kedung Pedut

Siapa sih di sini yang belum pernah dengar tentang Pegunungan Menoreh? Tentu rata rata pernah dengar bukan. Yaps, benar, Pegunungan Menoreh ini berada perbatasan antara wilayah Kulon Progo (DIY), Purworejo, dan Magelang. Bagi masyarakat setempat, dan orang orang yang mengenalinya,  pegunungan ini menyimpan banyak surga surga dunia yang tersembunyi lho. Yang pastinya membuat kita terhipnotis akan keindahannya.

Advertisement

Kedung Pedut mereka menyebutnya. Kedung Pedut ini masih menjadi bagian dari surga dunia yang tersembunyi di dalam Pegunungan Menoreh. Bahkan ini menjadi tujuan wisata favorit. 

Berlokasi di Pegunungan Menoreh atau lebih tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jatimulya, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerahnya yang masih terbilang pedalaman, membutuhkan perjuangan yang lumayan. Namun, perjuangan itu akan terbayar lebih setelah kau sampai ke tempatnya. Benar-benar akan terbayar lunas.

Kedung Pedut ini berupa air terjun yang mengalir deras bak mata air dari dalam bumi seolah olah tidak pernah mengering dan tidak pernah habis. Tentu kesegarannya tidak dihiraukan lagi. Tidak hanya itu, warna airnya juga amat menarik. Itulah yang membuat masyarakat tertarik pergi kesana.  Warna air yang perpaduan antara warna putih jernih dengan hijau toska ini membuat ciri khas Kedung Pedut. Warna hijau toska ataupun bisa berubah menjadi biru toska ini berasal dari pantulan cahaya matahari yang mengenai bebatuan di samping air terjun ini. 

Advertisement

Airnya yang masih jernih, pemandangan di sekitar hijau rimbun, airnya masih dingin dan segar. Apa lagi sewaktu panas panas, pasti menyenangkan bisa langsung nyebur ke dalam air. Bak pemandian air pribadi. Siapa sih yang tidak tahan melihat air yang amat sangat mengundang kita untuk ngebur? Tentu akan berbadan basah ria. Bermain air sepuas puasnya hingga lupa waktu. Karna disini, kita dimanjakan dengan air yang super duper seger banget. Masih asli dan asri banget. 

Tidak akan puas ke Kedung Pedut tanpa berenang atau bermain air. Kalau belum bermain air di sana, rasanya kurang lengkap dan merasa ada yang kurang. Makanya jika ke sana perlu membawa baju ganti. Oh ya, satu lagi, Kedung Pedut ini juga cocok banget untuk para traveler yang ingin menjelajahi surga dunia yang tersembunyi. Pasti puas melihat keindahannya. Kesegaran airnya pun membuat kita kangen dan ingin ke sana lagi, dan lagi.

Menikmati Kedung Pedut tidak hanya sekedar untuk Bermandi dan berenang renang ria. Namun kalian juga bisa bersua foto. Pihak Kedung Pedut menyediakan jembatan kayu hingga hammock. Tentu betah berlama lama disana. Tak ingin pulang. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak. Kutipan itu benar-benar harus dilakukan di Kedung Pedut ini. Jangan meninggalkan sampah sepeserpun. Jagalah kebersihannya. Jangan sampai karena kamu meninggalkan sampah di sana, membuat keindahannya terusik. Jaga alammu. Sayangi Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE