#DiIndonesiaAja-Serunya berwisata Sekaligus Mengenang Jasa Pahlawan di Monumen Jenderal Sudirman Pacitan

Berwisata di monumen jenderal sudirman

Siapa yang belum mengenal kota Pacitan? Yaps, kota yang memiliki sebutan kota 1001 goa ini mempunyai banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Tidak hanya goanya atau pantainya saja Pacitan juga memiliki tempat sejarah yang bisa dikunjungi untuk berlibur sekaligus untuk belajar sejarah. Tempat itu adalah monumen Jenderal Sudirman. Monumen yang terletak di di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan ini bisa jadi tempat wisata edukasi mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Advertisement

Di monumen ini kita bisa mengenang kembali sejarah perjuangan panglima Jenderal Sudirman di pakis baru ini. Saat berada disana kita bisa menyaksikan patung megah Jenderal Sudirman yang berdiri setinggi 8 meter. Tidak hanya itu  dikompleks monumen itu juga terdapat rumah yang dulunya menjadi markas Jenderal Sudirman. Didalam rumah itu masih terdapat peninggalan berupa perabotan yang dulunya dipakai oleh panglima tentara Jenderal Sudirman. Misalnya ranjang asli yang dipernah ditiduri beliau dan masih banyak yang lainnya.

Disekitar kompleks rumah itu juga terdapat diorama tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia serta pengakuan kedaulatan rakyat Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949 oleh Belanda. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama si kecil untuk lebih mengenalkan sejarah perjuangan salah satu pahlawan Indonesia.

Monumen Jenderal Sudirman ini sudah menjadi tempat favorit wisata edukasi di daerah Pacitan atau sekedar untuk berlibur saja. Di sini kita akan mendapatkan pemandangan yang cukup megah dari monumen itu. Kita juga bisa menikmati pemandangan alam di sekitar Monumen yang sejuka dan indah. Di tempat ini pula juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap. Seperti area parkir yang luas sehingga kita tidak perlu khawatir dengan masalah parkir.

Advertisement

Perpustakaan yang siap untuk menjadi tempat belajar untuk mengenang sejarah para pahlawan. Gazebo yang bisa kita jadikan tempat istirahat sambil menikmati keindahan pemandangan dimonumen ini. Ruang audio visual yang bisa kita lihat dan dengarkan sejarah perjuangan Jenderal Sudirman. Selain itu di sekitar monumen juga terdapat warung dengan menjual makanan lokal dengan harga terjangkau.

Tentunya dengan  berwisata ke monumen Jenderal Sudirman ini selain untuk berlibur dan juga refreshing kita juga bisa mengenang kembali sejarah pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tugas kita sebagai generasi bangsa adalah mempertahankan kemerdekaan itu. Sebagai anak bangsa kita harus bisa meneladani perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Karena seperti pepatah, "bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya".

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo,namaku rizki indah pertiwi. Aku hobi masak dan juga menulis.

CLOSE