#DiIndonesiaAja-Wah, Katanya Ada Salju di Indonesia, Beneran? Bener Dong, Sini Singgah Dulu ke Pulau Papua yang Tak Ada Duanya.

Definisi Surga ujung Dunia yang nyata

Hai Sobat Hipwee para sister, brother, dan family dear. Gimana ni kabarnya kalian semua? Setelah lama berada di rumah karna virus Covid 19 ini, apa akan ada wacana untuk berliburan bareng keluarga? Aku rekomendasikan bangetni untuk kalian kalian tersayang, untuk refreshing itu nggak perlu ke luar negeri karena di Indonesia juga ada lho, yang super-duper keren. Sudah sejauh apani kalian semua menjelajahi wusata di Indonesia? Kalian lebih suka berkeliling ke luar negeri atau di dalam negeri?

Advertisement

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki kekayaan alam yang mampu menghipnotis mata kalian. Dengan hamparan keindahan bagaikan permadani yang terdampar. Yang sangat luar biasa yang patut kita apresiasi kan adalah Indonesia memiliki hampir segalanya untuk wisata Alam. Mulai dari kekayaan Alam di bawah laut sampai gugusan pegunungan, Indonesia adalah juaranya. Kalian suka pantai? Indonesia juga memiliki beberapa deretan pantai untuk kalian jelajahi, anda suka gunung dan ingin mendakinya?

Jangan khawatir dengan Indonesia ini, disini banyak sekali pegunungan yang sedang menunggu tapak kaki kalian untuk mendaki. Masih bingung mau pergi ke mana? Sudah, kalian tinggal baca aja artikel ini. Aku rekomendasikan bangetni untuk kalian tersayang, asalkan perginya ngga bingung lagi sama siapa ya hehe. Karena kalau liburan sendiri itu rasanya akan ada kekurangan nikmatnya bersama. Tapi berangkat sendiri juga nggak apa apa sih, asalkan ada duitnya aja hehe. Masih meragukan kekayaan negeri sendiri? Hallo sobat Hipwee, untuk kali ini aku akan membahas salah satu destinasi wisata pendakian yang ada di Indonesia. Ini aku kasih tahu objek wisata yang wajib banget kalian kunjungi.

Namanya biasa dikenal dengan Puncak Jayawijaya. Puncak Jayawijaya merupakan gunung dengan ketinggian hingga 4.884 m dpl. Terletak pada titik koordinat S 04°04.733 dan E 137°09.572. Gunung ini menjulang memecah langit dan menembus awan dengan indahnya. Puncak Jayawijaya merupakan gunung kapur terbesar di Indonesia, gunung ini merupakan titik tertinggi yang ada di Pulau Papua, atau bahkan di Oseania dan benua Australia. Puncak Jayawijaya adalah titik tertinggi yang meliputi Andes dan Himalaya, serta disebut-sebut sebagai puncak tertinggi di berbagai pulau belahan dunia.

Advertisement

Secara Administratif Puncak Jayawijaya berada di Range Sudirman atau dugunduguo, tepatnya di Provinsi Papu Barat. Puncak Jayawijaya merupakan Puncak tertinggi dari seluruh bagian wilayah Indonesia. Gunung ini termasuk dalam deretan pegunungan Jayawijaya yang membentang sangat luas, bahkan menyatukan dua negara. Pegunungan ini memanjang dari provinsi Papua Barat wilayah Indonesia hingga ke Papua Nugini, Pulau Irian. Namun di antara pegunungan yang luas ini, gunung tertinggi ada di wilayah Provinsi Papua Barat – Indonesia. Sehingga secara administratif Indonesia masih sangat beruntung, karena di puncak itulah yang menjadi incaran trakker dunia.

Nah, Sobat Hipwee di sini ada keunikkan bin keajaiban ni guys. Sudah kita ketahui bersama kan sobat, jika Indonesia ini adalah negara yang beriklim teropis. Negara yang membentang di atas garis khatulistiwa, maka tidaklah mungkin ada salju di tanah ini. Namun hukum tersebut tidak berlaku untuk Puncak Jayawijaya, karena dinginnya salju selalu menyelimuti Puncak Jayawijaya. Sungguh aneh, namun inilah menjadi daya tarik tersendiri bagi Puncak Jayawijaya.

Advertisement

Gunung ini merupakan satu-satunya gunung yang di selimuti salju di wilayah Indonesia. Meskipun tidak semua puncak di pegunungan Jayawijaya ini bersalju. Gunung ini juga termasuk tipe Alpine Glaciation jika di lihat dari tipe Gletsernya. Sedangkan di tempat yang lebih rendah dari puncak tertinggi, dapat dikategorikan ke dalam tipe Valley Glacier. Valley Glacier merupakan gletser yang mencair sehingga turun dan mengalir ke tempat yang lebih rendah. Dapat di pastikan, di wilayah pegunungan ini juga terdapat sungai es. Fenomena ini tidak akan bisa kalian temukan di belahan bumi manapun, sangat unik dan mengagumkan bukan? Puncak Jayawijaya masuk dalam “Seven Summit” yaitu tujuh puncak benua dan biasa di kenal sebagai Piramida Carstenz.

Berada di Puncak Jayawijaya merupakan impian pendaki sejati lho, seperti impian mendapatkan dia gitu. Cieciee hehe, dia siapa? Dia..dia..dia.., duh parah ni guys. Yaudah kita lanjut lagi ya. Mengapa berada di Puncak Jayawijaya merupakan impian? Karena jika kita berada di atas puncak kita akan menyaksikan keindahan dan keunikkannya gunung tersebut, apa apabila kalian betada di atas udara, kalian akan melihat gunung ini seperti Brownies yang di siram susu kental berasa vanilla lho, bahkan setelah sinar matahari menerpa, pemandangan di gunung ini juga tak kalah menariknya. Cahaya matahari dipantulkan oleh putihnya salju, membuat kilau-kilauan nyata yang mengagumkan. Wah keren banget bukan?

Puncak Jayawijaya atau yang lebih di kenal dengan sebutan Piramida Carstenz, memiliki suhu hingga derajat celcius, bahkan bisa minus pada kondisi-kondisi tertentu, di Ouncaka Jayawijaya oksigen sangat sulit di dapatkan dengan medan terjal dan berbahaya sehingga dapat di katakan sebagai tujuan trakking yang sangat menantang. Namun itu semua akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang di suguhkan oleh gunung tersebut. Hal ini menjadi kebanggan sendiri bagi para trakker yang bisa sampai di Piramida Carstenz, sebuah warisan alam yang unik dan menantang.

Perlu kalian ketahui lagi ya Sobat Hipwee, ketika kalian berkunjung ke Puncak Jayawijaya. Kalian akan bertemu dengan sekelompok suku Dani dan penduduk setempat yang tergolong primitif. Jangan heran ya guys, karna di sinilah titik keunikkannya. Selain bisa trakking ke Puncak Jayawijaya yang memesona, kalian juga dapat pengalaman baru juga lho, yaitu kalian bisa bertemu langsung dengan Suku Dani yang kaya akan kebudayaan.

Untuk perjalanan menuju Jayawijaya Papua, untuk hal yang satu ini tentunya kalian akan mengekuarkan dana dengan dompet tebal, tetapi selain dompet tebal kalian juga harus menyiapkan fisik yang kebal. Karena perjalanan panjang yang akan kalian lewati, karena untuk mencapai Jayawijaya tidaklah semudah berjalan ke mall. Maka dari itu, apabila kalian berasal dari luar kota, anda harus transit ke Lemba Ilaga, papua. Dari sana kalian harus melakukan trakking di sebuah hutan yang lebat yang memiliki kumpulan satwa yang cukup berbahaya. Untuk menempuhnya, diperlukan waktu 7 hari perjalanan, rute ini tergolong sulit. Sobat Hipwee tenang dulu, tarik nafas perlahan keluarkan. Ingat! Setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Alat transportasi yang mudah untuk di kunjungi dengan menggunakan hellicopter yang akan membawa kalian dari tempat perkemahan dari Puncak Jayawijaya yaitu bertempat di Danau Valley.

Nah, jadi gimana nih? Sudah memiliki wacana belum? Kalau belum, ayo mulai sekarang jadikan Puncak Jayawijaya ke dalam list liburan kalian, mana tau nanti jadi kenyataan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE