Wisata yang wajib dikunjungi saat ke Edinburgh

Skotlandia! Yapss, Skotlandia adalah bagian dari Britania Raya yang khas dengan budaya klasik dan pakaian tradisionalnya. Negara dimana ide awal J.K Rowling menulis novel tentang Harry Potter ini juga terkenal dengan pakaian tradisional Skotlandia yaitu Kilt-pakaian dengan rok kotak-kotak yang dipakai pria di sana, memang unik ya guys tapi kali ini yang akan dibahas adalah Edinburgh, ibu kota Skotlandia sekaligus kota terbesar kedua di Skotlandia setelah Glasgow.


The journey of a thousand miles begins with a single step -Lao Tzu-


Advertisement

Edinburgh adalah salah satu kota yang memiliki julukan kota tua karena sebagian besar bangunan-bangunan disana telah berumur ratusan tahun bahkan ribuan tahun. Meskipun Edinburgh menyandang gelar sebagai ‘kota tua’, akan tetapi Edinburgh menyuguhkan banyak pesona yang akan membuat Anda tertarik dan menjadikan Edinburgh sebagai destinasi yang wajib Anda kunjungi.

Tempat pertama yang harus masuk dalam tujuan liburanmu ke Edinburgh yaitu Royal Mile. Yapss, Royal Mile-jalan yang sangat terkenal- merupakan jalan utama yang menghubungkan Palace of Holyroodhouse dengan Edinburgh Castle. Jika Anda berada di Royal Mile, Anda cukup berjalan mengitari Royal Mile sambil melihat atraksi-atraksi yang ada, karena di sana akan ada banyak sekali hal yang dapat Anda lihat secara cuma-cuma seperti atraksi sirkus dan sulap, penampilan dari para pengamen dengan pakaian Kilt dan alat musik khas Skotlandia, orang-orang unik yang berdandan ala tokoh atau artis terkenal, festival-festival seperti Fringe Festival yang diadakan di Royal Mile, dan satu hal yang pasti Anda akan menemukan banyak sekali bangunan artistik bergaya klasik yang ada di sepanjang jalan seperti rumah makan, gereja, museum, perpustakaan dan toko yang pantas dijadikan sebagai background untuk foto Anda yang pastinya instagramable.

Masih bertempat di Royal Mile, terdapat Museum of Childhood. Museum of Childhood ini dibuka secara gratis, di dalamnya terdapat sekitar enam puluh ribu barang-barang yang berkaitan dengan masa kanak-kanak seperti boneka, mainan-mainan vintage dari berbagai generasi, dan masih banyak lagi. Bagian museum yang memiliki banyak pengunjung yaitu Doll Selection yang berisi boneka berbagai bentuk, gaya, dan rupa berbagai generasi.

Advertisement

Setelah berjalan di Royal Mile, pesona Edinburgh yang dapat Anda kunjungi adalah Edinburgh Castle-tempat ikonik Skotlandia yang dibangun di atas bukit Castle rock. Sebelum mengunjungi kastilnya, kita harus membeli tiket yang harganya lumayan mahal tapi itu setara dengan pengalaman liburan yang berharga dan perlu diingat saat mengunjungi Edinburgh Castle sebaiknya tidak datang saat musim salju karena biasanya ada penutupan kunjungan.

Untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam, disana ada banyak sekali pemandu yang dapat Anda sewa. Selain keindahan kastilnya, ada satu festival megah yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Royal Edinburgh Military Tattoo. Festival megah ini selanjutnya akan diselenggarakan pada 03 Agustus – 25 Agustus 2018, jangan lupa menabung untuk melihat festival ini karena biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal.

Walaupun harga tiket terbilang mahal, tapi sebanding dengan pengalaman yang didapatkan diantaranya akan ada atraksi tari, penampilan musik, demonstrasi yang dilakukan oleh The Royal Army atau tentara disana, dan sebagai penutup acara Anda akan disuguhkan kembang api yang spektakuler beserta parade pesawat jet militer di langit malam. Kebayang kan akan seperti apa kemegahannya?

Holyroodhouse Palace, lokasi wisata kastil kedua yang dapat Anda kunjungi. Tempat ini merupakan kediaman dari Raja dan Ratu yang sudah berubah menjadi tempat wisata. Yang dapat Anda lihat di dalam Holyroodhouse Palace adalah lukisan-lukisan mahakarya dari pelukis Gerrit Dou, Jan Steen, hingga lukisan karya Johannes Vermeer yang berjudul “A Lady at The Virginal with a Gentlemen”. Bagian dalam bangunan yang sering dikunjungi wisatawan adalah 17th Century Apartement dan North-west Tower, sedangkan diluar bangunan terdapat taman-taman di sekitar istana yang menarik perhatian untuk dilihat.

Destinasi selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Scott Monument. Monumen yang didirikan untuk mengenang penulis terbesar Skotlandia, Sir Walter Scott. Untuk penikmat novel dan sastra klasik, tempat ini wajib dikunjungi karena di dalam monemen ini banyak patung-patung dari karakter yang ada dalam novel karya Sir Walter Scott dan Pahatan patung Sir Walter Scott bersama Maida-anjing kesayangannya yang setia.

Patung Maida merupakan mahakarya dari Sir John Steel, patung ini dibuat untuk mengenang kesetiaan Maida yang menemani Sir Walter Scott hingga akhir hayat. Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai penulis-penulis besar asal Skotlandia, Anda dapat mengunjungi Writers Museum. Disana terdapat beragam benda seperti mesin print yang sebelumnya dipakai oleh Sir Walter Scott untuk menerbitkan karyanya.

Tempat yang bagus untuk mengisi harimu di Edinburgh adalah Princess Street. Princess Street merupakan jalan utama yang ada di Edinburgh, dari jalan tersebut Anda dapat melihat Edinburgh Castle dan Palace of Holyroodhouse. Jalan ini wajib kamu tapaki untuk membeli buah tangan khas Edinburgh, berbagai macam barang dapat dijadikan buah tangan seperti Whisky khas Edinburgh dan Haggis-kuliner khas Skotlandia.

Bagi Anda yang gemar belanja mall di Princess Street ini cukup berharga untuk dikunjungi. Selain berjajar toko-toko souvenir dan mall, di jalan ini juga terdapat wisata yang dapat dikunjungi seperti Teater Open Air, War Memorial, National Gallery of Scotland, Royal Scottish Academy, dan Floral Rock.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya