Belakangan ini sedang viral di mana-mana soal es kepal Milo, yang awalnya es kepal ini lebih viral di negara tetangga kita Malaysia. dan tentu saja sebentar lagi menjelang bulan Ramadan es kepal sangat cocok untuk menjadi menu pilihan buka puasa nanti di lansir dari food.idntimes.com (12-04-2018) ini dia cara membuatnya.

1. Es Batu

Advertisement

Bahan utama yang kita butuhkan untuk membuat es kepal Milo yang kekinian adalah es batu. Es batu yang berbentuk cube atau balok bisa diserut halus atau ditumbuk hingga menjadi pecahan kecil, lalu diblender hingga halus. es batu bisa kita buat sendiri jadi lebih hemat loh.

Setelah halus, lalu bentuk es menjadi kepalan. Membentuknya bisa dengan cara memasukan es yang sudah halus ke dalam plastik, lalu dipadatkan hingga berbentuk bola. Kemudian taruh kepalan es tersebut di atas mangkok atau gelas saji

2. Milo Bubuk

Advertisement

Bahan berikutnya adalah primadona dari jajanan yang akan dibuat, yaitu Milo Bubuk. Kalian bisa memakai milo bubuk sachet 18 gr, sebanyak 10 bungkus atau sebanyak yang kalian mau. Tuangkan Milo bubuk tersebut kedalam satu wadah, lalu tambahkan sekitar tiga sendok air panas atau hingga Milo bubuk berbentuk seperti fla atau pasta, namun ada berbagai Milo di Indonesia ada Milo bubuk coklat ada yang Milo di tambah susu Dancow, namun ada juga yang menggunakan Milo dari Malaysia.

3. Susu Kental Manis

Selanjutnya adalah susu kental manis, untuk 10 sachet Milo bubuk, bisa menggunakan susu kental manis sebanyak 220 gram atau sesuai selera. Tambahkan susu kental manis ke dalam pasta Milo, agar rasanya lebih manis dan pasta Milo terlihat lebih kental.

Setelah pasta Milo dan susu kental manis membentuk fla kental yang sempurna, tuangkan adonan tersebut keatas es serut kepal yang sudah dibuat diawal tadi. Tuangkan hingga menyelimuti permukaan es kepal atau sebanyak selera. Semakin banyak fla yang dituangkan, rasanya akan semakin nikmat dan buat ketagihan.

4. Aneka Topping

Terakhir tambahkan toping kesukaan kalian, banyak seklai varian toping yang bisa di tambahkan, mulai dari bubuk Oreo, kacang, meisis dan lain-lain.

5. Es Kepal Siap Diajikan

Dan inilah hasilnya, jadi nggak usah ribet-ribet buat menu buka puasa ada es kepal. Selamat mencoba!

Penulis: Zha2590

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya