Nggak kerasa ya sudah mau di penghujung puasa, masih tetep semangat kan guys? Pasti semangat dong apalagi mau lebaran. Nah selama berpuasa, kita dilatih untuk menahan rasa lapar dan haus selama seharian. Tapi, ada beberapa yang justru melakukan aksi balas dendam saat berbuka puasa nih. Karena lapar, semua dimakan sampai lupa harus jaga konsidi kesehatan. Hayo siapa yang kaya gitu ?

Saat bulan puasa, masyarakat cenderung lebih konsumtif dibandingkan bulan lainnya karena didorong keinginan kuat untuk makan segalanya alias lapar mata. Dan kebanyakan makanan yang dihidangkan itu manis-manis dan gorengan as always selalu ada di meja makan.

Advertisement

Tapi pernah nggak sih kamu khawatir sama makanan yang kamu makan akan mengganggu kesehatan? Pengin makan enak tapi sehat ada nggak sih? Daripada bingung, gimana kalau kamu coba minuman ini. Selain enak, bisa menyehatkan juga lho. Jangan khawatir, gampang buatnya dan bahan mudah didapat kok.

Bahan yang kamu butuhkan:

1. 100 gr timun

Advertisement

2. 1/2 buah lemon

3. 1 buah markisa medan

4. 2sdm gula/madu

5. es batu secuupnya

6. 100 ml air mineral

cara membuatnya gampang kok :

1. kupas timun, buang bijinya lalu serut daging timun dengan parutan keju atau pepaya.

2. potong buah lemon secara melintang

3. rebus air sampai mendidih, masukkan gula atau madu dan isi buah markisa medan. saring lalu sisihkan.

4. campurkan semua bahan ke dalam gelas, tambahkan es batu secukupnya. sajikan menjelang berbuka atau bisa jadikan sajian segar saat lebaran tiba.

Fyi, markisa medan dan lemon mengandung vitamin C yang tinggi lho manfaatnya antara lain, kandungan polifenolnya dapat mengurangi nafsu makan, fitonutrien dalam lemon memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit, flavonoid membantu asam di perut memecah makanan sehingga memperbaiki pencernaan secara menyeluruh.

Selain itu, manfaat timun juga bersifat antihipertensi jadi bagus banget nih buat kamu yang punya riwayat hipertensi. So, selain menyehatkan rasanya juga segar dan cocok juga disandingkan dengan ketupat di hari Lebaran.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya