Sebagai pemimpin sebuah negara, tentu saja Presiden Amerika Serikat, Donald Trump membutuhkan alat transportasi yang canggih, aman, nyaman, dan mumpuni baik itu di darat maupun di udara. Oleh karena itu, pemerintahan Amerika Serikat memiliki dua buah pesawat Boeing VC-25 buatan Amerika Serikat. Pesawat yang awalnya adalah pesawat penumpang bertipe B747-200B tersebut dimodifikasi dan dikonfigurasi sedemikian rupa untuk membuat pesawat ini menjadi “white house di udara” bagi pemimpin negara tersebut.

Menurut aviationcv.com, pesawat ini ditenagai dengan 4 buah mesin General Electric tipe CF6-80C2B1 yang memiliki tenaga sebesar 56.700 pon per mesin. Mesin ini dapat menerbangkan pesawat Air Force One dengan kecepatan di atas 1000 kilometer per jam dan dengan ketinggian 13 kilometer di atas permukaan laut. Pesawat ini juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang dapat menampung 203.000 liter bahan bakar yang dapat menerbangkan pesawat ini mengitari setengah dari bumi dalam satu perjalanan.

Advertisement

Kabin pesawat ini memiliki luas lantai sebesar 370 meter persegi. Kabin pesawat ini juga memiliki interior yang terlihat seperti layaknya hotel bintang lima. Pesawat ini memiliki tiga lantai. Lantai paling bawah untuk kargo, lantai kedua kebanyakan untuk penumpang, dan lantai ke atas untuk kokpit penerbang dan alat-alat keamanan dan komunikasi dari pesawat tersebut. Di bagian hidung lantai kedua terdapat kabin khusus presiden yang berisikan kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja, dan ruang olahraga. Perabotan yang terdapat di pesawat ini juga di desain oleh berbagai arsitek ternama.

Karena ini adalah pesawat kepresidenan yang sangat dijaga keamanan dan kerahasiaannya, tidak semua orang mengetahui seluk beluk pesawat ini. Bahkan anggota pers dan berbagai anggota politik yang menumpangi pesawat ini tidak boleh berada di ruangan yang sama. Pendesain pesawat ini juga sangat teliti dan berhati-hati saat mendesain interior pesawat ini demi menjaga kerahasiaan pesawat ini.

Banyak sumber-sumber resmi maupun tidak resmi sudah mencoba mendeskripsikan bagian-bagian dari pesawat ini, tapi tidak ada satu pun orang yang mengatakan dengan pasti bagaimana bagian-bagian tersebut bisa muat di dalam pesawat tersebut. Dan walaupun ada seseorang yang dapat menjelaskannya dengan akurat, mereka kemungkinan besar diminta oleh pemerintahan Amerika Serikat untuk tidak mempublikasikan penemuan tersebut demi alasan keamanan nasional.

Advertisement

Berikut adalah hal-hal yang diketahui secara umum tentang isi dan teknologi yang terdapat di pesawat Air Force One. Pesawat ini memiliki tiga lantai dan seperti yang kita semua bisa lihat di berbagai video, penumpang dapat masuk melalui tiga pintu. Biasanya, presiden memasuki pesawat melalui pintu yang terhubung dengan lantai utama dengan tangga yang disediakan oleh bandara. Sedangkan, biasanya para anggota pers dan jurnalis memasuki pesawat melalui pintu di bagian belakang pesawat yang langsung terhubung ke lantai utama pesawat melalui tangga yang sudah tersedia oleh pesawat.

Bagian kabin untuk anggota pers dan jurnalis terlihat layaknya kabin kelas utama pesawat pada umumnya. Pesawat ini memiliki dua buah dapur yang digunakan para kru pesawat untuk mempersiapkan makanan bagi Presiden dan para tamu pesawat. Sebelum dipersiapkan, makanan disimpan di sebuah freezer berkapasitas besar yang terletak di bagian bawah pesawat. Kru pesawat mampu untuk mempersiapkan makanan bagi 100 orang pada waktu yang bersamaan, sedangkan tempat penyimpanan makanan dapat menyimpan sebanyak 2000 porsi makanan.

Pesawat ini juga memiliki teknologi medis yang mumpuni. Ruang medis pesawat ini memiliki berbagai koleksi obat-obatan, perlengkapan instalasi gawat darurat, dan bahkan meja operasi lipat. Pesawat ini juga dilengkapi dengan dokter kepresidenan yang selalu bepergian dengan sang Presiden. Di setiap penerbangan, pesawat ini selalu dipersiapkan untuk kemungkinan darurat medis apapun.

Tidak seperti pesawat Boeing 747 lainnya, pesawat ini memiliki tangga yang dapat dilipat otomatis untuk pintu masuk bagian depan dan belakang. Tangga ini terbuka ke darat dari bagian lantai bawah pesawat, dan anggota kru pesawat maupun anggota pers dan jurnalis harus menaiki tangga internal di pesawat yang menghubungkan bagian bawah tersebut ke bagian lantai utama pesawat. Selain itu, pesawat ini juga dilengkapi dengan loader cargo dan bagasi.

Dengan semua teknologi tersebut, pesawat ini tak perlu mengandalkan alat-alat yang disediakan bandara agar dapat mencegah kemungkinan bom yang bisa jadi terdapat di alat-alat seperti loader bagasi dan tangga yang disediakan di Bandara. Fitur yang paling mengesankan di pesawat ini adalah koleksi elektronik yang sangat banyak. Pesawat ini memiliki 85 buah telepon, berbagai radio komunikasi dua arah, mesin faks, serta komputer yang terhubung ke jaringan internet.

Pesawat ini juga memiliki 19 televisi besar serta berbagai perlengkapan kantor. Sistem telepon di pesawat ini dilengkapi dengan koneksi dari udara ke darat serta koneksi jalur telepon rahasia. Teknologi ini memungkinkan presiden dan staf-staf lainnya untuk menghubungi siapapun dari ketinggian 13 kilometer diudara. Sistem elektronik di pesawat ini memiliki jumlah kabel yang ditotalkan memiliki panjang hingga 383 kilometer jika dibentangkan, jumlah ini mencapai dua kali lipat dibanding jumlah kabel di pesawat-pesawat penumpang pada umumnya.

Sistem perkabelan ini juga dilindungi oleh sistem perlindungan kelas berat yang cukup kuat untuk melindungi sistem perkabelan dan sistem elektronik penting pesawat ini dari radiasi elektromagnetik yang dapat disebabkan oleh ledakan nuklir. Pesawat ini juga dilengkapi oleh sistem mid-air refueling. Layaknya berbagai macam pesawat tempur, sistem mid-air refueling dapat membantu pesawat ini untuk terbang terus menerus di udara jika ada suatu keadaan darurat di darat.

Tentu saja bagian yang paling menarik dari pesawat ini adalah sistem pertahanan dan sistem avionik canggihnya. Akan tetapi, sistem pertahanan dan sistem avionik canggih pesawat ini tentu saja dirahasiakan. Lalu, karena pesawat ini adalah pesawat militer canggih dan aman, bisa dipastikan bahwa pesawat ini didesain agar dapat menahan serangan udara. Dari banyaknya sistem keamanan pesawat ini, yang pasti adalah pesawat ini dilengkapi oleh Electronic Counter Measures yang berfungsi untuk melumpuhkan radar musuh. Pesawat ini juga dapat mengeluarkan suar yang dapat menganggu serangan rudal pencari panas. Bagaimana? Canggih bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya