Untuk Para Fresh Graduate yang Tak Kunjung Dapat Pekerjaan Meski Berkali-kali Kirim Lamaran

freshgrad cari pekerjaan

Hidup bukan ajang perlombaan. Jangan terpaku pada pencapaian orang lain. Hidup yang kamu jalani adalah kebahagiaan yang kamu ciptakan sendiri. Yakinlah , Tuhan tidak akan memberikan ujian melampaui kemampuan hambanya. Dan percayalah bahwa setelah kesulitan akan ada kemudahan.

Advertisement

Mungkin saat ini kamu sedang mengalami kegamangan. Sudah lulus kuliah namun tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Melamar sana-sini tak ada satupun panggilan interview yang kamu dapatkan.

Banyak info lowongan kerja yang kamu ketahui. Sayangnya setiap kamu melihat persyaratan yang dicantumkan, tubuhmu kembali lemas dan tak bersemangat. “Minimal pengalaman satu tahun”, begitu kiranya kalimat yang sering kamu jumpai. Sudah!, jangan bersedih dan menyalahkan diri sendiri, esok atau lusa kamu pasti akan mendapatkan pekerjaan. Aku mau berbagi sedikit tips bagaimana menyikapi keadaan sulit seperti yang kamu alami saat ini. Yuk scroll ke bawah!.

1. Ketahui minatmu

Advertisement

Uuntuk  kamu yang belum lulus kuliah perhatikan betul tips pertama ini, catat !. Minatmu adalah kunci pekerjaan apa yang cocok untuk dirimu. Jangan pernah paksakan dirimu untuk bekerja pada bidang yang tidak kamu sukai. Nah, jika kamu yang membaca tulisan ini sudah lulus kuliah dan belum tau apa minatmu, caranya mudah saja. Buatlah daftar kriteria kerja seperti apa yang kamu sukai. Kemudian, kerucutkan kriteria yang sudah kamu buat tadi kedalam satu pekerjaan spesifik.

2. Kenali dirimu sendiri

Advertisement

Kadang kita bisa sangat lihai mengenali karakter dan sifat orang lain, namun berbanding terbalik ketika ditanya, apakah kamu mengenali dirimu sendiri?.  Mulai saat ini cobalah peka pada setiap hal yang ada pada hidupmu. Jangan pernah ragu untuk coba mewujudkan setiap ide yang terlintas dipikiranmu. Semangat!, kamu pasti bisa.

3. Mulai terapkan kebiasaan profesional

Dunia kerja sangat jauh berbeda dibandingkan dengan bangku perkuliahan. Saat sudah bekerja kamu akan menemui banyak hal yang cukup membuatmu kaget. Misalnya saja bos yang tiba-tiba menghubungimu walaupun sudah bukan jam kerja kantor. Kamu diberikan tugas untuk menyelesaikan satu pekerjaan dan kamu tidak bisa menolaknya. Nah, kamu perlu menerapkan kebiasaan profesinonal saat menghadapi situasi seperti ini.

Kamu hanya perlu mennyanggupinya. Jika kamu benar-benar tidak bisa, jelaskanlah secara baik alasanmu menolak perintah dari Pak Bos. Bisa membangun hubungan yang baik sesama kolega atau dengan atasan adalah salahsatu tanda bahwa kamu seorang pekerja yang profesional.

4. Berlatih fokus

Fokuslah dengan segala sesuatu yang kamu emban. Mulailah untuk mencoba melakukan setiap pekerjaan berdasarkan prioritas. Ini sangat penting sekali, pasalnya dunia pekerjaan terkadang kerap kali menuntutmu untuk melakukan banyak pekerjaan dengan tengang waktu yang hampir bersamaan. Jika kamu adalah tipe orang yang susah fokus (menentukan prioritas), jelas kamu akan kalang kabut dan pusing tujuh keliling.

5. Carilah mentor

Tidak ada yang salah jika kamu ingin mempelajari sesuatu secara otodidak. Namun, ketahuliah waktu dan tenaga yang kamu butuhkan juga lebih banyak. Carilah sosok yang bisa kamu jadikan role model dalam meraih kesuksesan. Orang-orang sukses pastinya telah mengalami berbagai macam rintangan dan cobaan.

6. Rendah hati dan jangan mudah merasa puas

Jangan pernah merasa puas dengan apa yang sudah kamu dapatkan. Bukannya mengajari untuk menjadi pribadi yang tamak, melainkan kamu harus terus belajar. Sifat rendah hati dan tidak puas akan mendorongmu untuk terus belajar, selain itu percayalah kebiasaan itu juga mampun meningkatkan skill-mu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Alumni kampus hijau Semarang

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE