Gowes di Era Pandemi Boleh-boleh Saja, Asal Tetap Menaati Peraturan dan Protokol Kesehatan, Ya!

olahraga yang bisa dilakukan di era pandemi sekarang ini apa ya?

Apa sih pandemi itu? Kenapa kita diharuskan untuk di rumah saja? Lalu bagaimana dengan olahraga kita? Tahun 2019 merupakan dimana tahun pandemi menyebar di seluruh dunia. Awalnya virus Covid-19 ini berasal dari Wuhan, China kemudian menyebar di Indonesia. Kejadian ini bermula ketika dua orang warga depok yang teridentifikasi positif Covid-19 karena berkontak langsung dengan warga negara Jepang yang positif Covid-19.

Advertisement

Hingga saat ini Covid-19 sudah menelan banyak korban jiwa. Gejala yang dirasakan pasien ini yaitu demam, batuk, dan tubuh merasa kelelahan. Namun, pasien Covid-19 mengeluhkan berbagai macam gejala seperti sakit kepala, hilangnya indera perasa atau penciuman hingga paling parah yaitu sesak nafas. Sekarang ini muncul beberapa virus sejenis Covid-19.

Covid-19 menular sangat cepat dimasyarakat di seluruh dunia bahkan ada beberapa negara yang melakukan lockdown. Masyarakat di seluruh dunia diminta untuk menaati protokol kesehatan tidak terkecuali untuk masyarakat Indonesia. Ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat:

Memakai maskerĀ 

Advertisement

Hidung dan mulut kita sangat rentan terkena bakteri maupun virus sehingga kita harus menutupinya agar virus/bakteri tidak dapat masuk ke hidung dan mulut kita.Menjaga jarak. Disaat kita keluar rumah pastikan kita menjaga jarak dari orang lain sekitar 1 meter. Kita tidak pernah tau bahwa orang disekitar kita sedang sakit atau tidak, maka sebaiknya kita menjaga jarak agar tidak tertular.

Mencuci tangan

Advertisement

Barang apapun disekitar kita pasti kita mmenyentuhnya. Padahal barang tersebut memiliki virus/bakteri yang menempelnya. Sebaiknya setelah kita memegang benda apapun pastikan kita mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir agar virus yang menempel dibarang tersebut tidak mengenai tubuh kita.

Menghindari kerumunan

Pemerintah menghimbau ke masyarakat agar tidak membentuk kerumunan. Masyarakat yang ingin menggelar pesta pernikahan pun juga terpaksa untuk diundur. Kasian ya pengantin baru ga bisa ngerayain pesta pernikahannya hehe.

Mengonsumsi vitamin

Bukan hanya dari luar saja yang kita cegah, kita harus mencegahnya juga dari dalam tubuh. Luarnya udah dicegah masa iya dalemnya ga dicegah percuma dong hehe. Salah satunya yaitu mengonsumsi vitamin. Vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia dan juga dapat menjaga kekebalan tubuh manusia.

Pemerintah juga menyerukan agar masyarakat dirumah saja karena kita tidak tau apakah seseorang disekitar kita positif Covid-19. Masyarakat saat ini mulai bosan dirumah saja sehingga masyarakat memikirkan bagaimana bisa keluar rumah sekaligus dapat berolahraga. Itung-itung mengeluarkan keringat lah yaa hehe. Bahkan saya pun juga sudah mulai bosan di rumah saja. Akhirnya saya terfikirkan bahwa olahraga yang ringan sekaligus bisa keluar rumah yaitu bersepeda. Bersepeda sangat bermanfaat bagi tubuh kita apalagi diera pandemi sekarang ini.

Olahraga bersepeda hanya bermodalkan sepeda lalu pedal sepeda digowes oleh kaki kita. Jadi bisa dikatakan olahraga yang ringan lah yaa bahkan di era pandemi sekarang ini bersepeda menjadi trend dikalangan masyarakat loh. Bersepeda diera pandemi dapat meningkatkan mood kita karena di dalam rumah kita hanya bisa melihat pemandangan itu-itu saja sedangkan bersepeda kita dapat melihat pemandangan di sekitar rumah kita.

Kalau rumah kita dekat dengan persawahan maka suasana yang kita rasakan akan terasa sangat segar. Bayangkan saja bagaimana segarnya udara di pagi hari seperti kita `berayun-ayun diudara`, apalagi saat ini musim panen telah tiba. Kita akan melihat betapa kerja kerasnya petani itu untuk memanen sawahnya. Bersepeda dapat dilakukan pada pagi hari atau sore hari.

Akan tetapi, waktu yang terbaik untuk bersepeda yaitu pada pagi hari. Kenapa di pagi hari? karena kita akan mendapatkan sinar matahari yang bagus untuk kesehatan tubuh kita dan dapat menjaga imun kita. Bersepeda di sore hari juga ngga kalah penting karena kita juga bisa melihat matahari sedang tenggelam. Apalagi di tambah warna langit yang menakjubkan.

Bersepeda saat ini sangat digemari dari berbagai kalangan. Bahkan, mereka rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli sepeda yang bermerk dan juga memodif sepedanya agar terlihat keren dan kece.

Saat bersepeda sebaiknya membawa air mineral dikarenakan bersepeda sangat menguras mineral yang ada di dalam tubuh kita. Kalau kita tidak membawa air mineral maka kita akan merasakan dehidrasi dan tubuh akan merasakan cepat lelah. Baru bersepeda kurang dari 1 jam kok udah lelah hehe.

Bersepeda dengan orang lain bahkan dengan komunitas yang kita ikuti akan terasa lebih menyenangkan daripada bersepeda sendiri. Apabila kita bersepeda di perkotaan, kita harus menataati peraturan di jalan raya seperti tidak menerobos lampu lalu lintas, bersepeda di jalan yang sudah disediakan untuk pesepeda, dan tidak parkir di sembarang tempat. Bukan hanya gowes saja kita harus menaati peraturan ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE