Serangkaian acara yang dilalui pertama kali saat sudah berstatus mahasiswa baru adalah OSPEK. Seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia menyelenggarakan acara tersebut sebagai salah satu ajang untuk menyambut keluarga baru mereka. Tak terkecuali di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Berdasarkan SK RISTEKDIKTI tahun 2016, OSPEK 2017 di UNY secara resmi berganti nama menjadi PKKMB (Pengenalaan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru). Meski berubah nama, namun serangkaian acara yang dilakukan tetap sama, pelaksanaan acara dilakukan di dua tempat, yaitu di GOR UNY dan di fakultas masing-masing. Sejak tahun 2017 pula, pelaksanaan PKKMB di UNY hanya berlangsung selama empat hari, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang berlangsung selama lima hari.

Advertisement

Acara yang biasa paling berkesan diantara empat hari PKKMB adalah dua hari di GOR. Bisa dibayangkan, lebih dari 5000 mahasiswa baru (MABA) UNY berkumpul dari semua fakultas dalam satu tempat. Atribut yang melambangkan masing-masing fakultas terlihat khas. Ada tujuh fakultas di UNY dengan warna kebanggaan. Hijau dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), merah dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Oranye dari Fakultas Teknik (FT), ungu dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), kuning dari Fakultas Ilmu Keolahrgaan, biru dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan pink dari Fakultas Ekonomi (FE). Ke tujuh warna tersebut berpadu menjadi satu di dalam GOR UNY. Kapan lagi bisa ada momen yang menyatukan kesempatan itu.

Sudah menjadi kultur di UNY jika dua hari pertama pada PKMMB dilaksanakan di GOR UNY. Acaranya adalah PKKMB Universitas di hari pertama dan display UKM di hari kedua. Meski melelahkan bagi mahasiswa baru, namun keceriaan dan semangat yang tercipta saat di GOR dapat menjadi kenangan yang berkesan.

Pasalnya GOR seolah sudah dibooking eksklusif untuk mahasiswa baru. Apalagi saat di GOR yang paling dinanti adalah seruan yel-yel dan jargon dari setiap fakultas. Nada-nada yang unik dan penuh semangat yang dikreasikan oleh panitia setidaknya bisa menjadi pengusir rasa ngantuk.

Advertisement

Dipandu oleh tim yang disebut pemandu sorak, biasanya masing-masing fakultas akan menyorakkan dengan bangga yel-yel maupun jargon mereka. Kata-kata yang sering terucap pada yel-yel maupun jargon bisa mengiang-ngiang dalam ingatan. Seperti ‘FIS duduk manis’, ‘FBS susu’, ‘rajawali utara’ dari FT, atau ‘ganteng-ganteng srigala’ dari FIK.

Lalu, apa saja yang disaksikan saat di GOR?

Saat PKKMB universitas mungkin agak membosankan, karena banyak diisi acara resmi seperti acara ceremonial, sambutan rektor, pembicara yang diundang atau laporan petinggi universitas. Biasanya yel-yel maupun jargon baru boleh dengan lantang disorakkan selepas ISHOMA, di mana puluhan organisasi dari semua fakultas melakukan parade memasuki GOR sebelum para ketua BEM melakukan orasi secara bergantian. ORMAWA yang datang akan sangat juga akan terkesan dengan yel-yel dan jargon dari fakultasnya.

Pada hari kedua, biasanya yang paling ditunggu-tunggu. Yaitu display UKM. UKM adalah Unit Kegiaatantan Mahasiswa, semacam ekstrakulikuler di UNY yang menampung minat dan bakat mahasiswa dalam berbagai bidang. Puluhan UKM yang ada di UNY akan unjuk gigi sekaligus usaha mencuri hati mahasiswa baru agar setelah PKKMB usai, mahasiswa baru berminat untuk bergabung ke UKM.

Seperti UKM bidang keolahragaan, penalaran dan seni. Semua UKM yang berpusat kegiatan di Student Center (SC) beraksi semaksimal mungkin untuk bisa dilihat oleh ribuan mahasiswa baru yang memenuhi GOR UNY. Tak lupa dengan atribut yang keren dan sangat mendukung performa mereka. Tak heran jika MABA akan terpukau, sesekali menjerit histeris melihat penampilan yang memukau.

Selama display berlangsung pun, yel-yel dan jargon tidak henti diteriakkan. Termasuk pemberian apresiasi unik setelah salah satu display berakhir. Seperti "FIS, gimana display nya?? Mantab jiwa! Mantab soul! Mantab qolbuuu!!"

Meski melelahkan, namun PKKMB di GOR akan terasa menyenangkan dan berkesan jika diikuti dengan penuh semangat. Saat itu juga bisa menjadi momen untuk bisa mengenal mahasiswa fakultas lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya