Hanya Konten Saja, Platform Tiktok Rentan Kasus Cyberbullying

Belakangan ini, Tiktok menjadi salah satu platform yang banyak di minati oleh warganet, berbagai konten berupa video hiburan, informasi hingga aktivitas sehari-hari telah tersajikan pada platform tersebut. Disisi lain selain memberikan hiburan dan informasi, aplikasi ini juga memiliki berbagai dampak negatif bagi penggunanya seperti Cyber Bullying. Cyber Bullying biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak dikenal dan menggunakan fake account atau nama samara.

Advertisement

Cyber Bullying menjadi salah satu tindakan yang mana mengarah pada perilaku negatif yang berada di social media untuk memenuhi kesenangan pribadi tanpa memikirkan bahwa perlakuannya dapat menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain.

Kurangnya perhatian masyarakat dalam penggunaan media platform sosial terkhusus aplikasi Tiktok membuat maraknya bullying terjadi pada platform tersebut, terlihat pada beberapa pengguna yang mengalami gangguan mental akibat dari kontennya yang mendapatkan komentar dari warganet hal itu pernah dialami oleh selebgram seperti Zara Adisty, Rachel Vennya dll.

Kerap sekali ditemukan Ketika salah satu selebgram itu belum terlihat suatu kasus , banyak para warganet yang memuji entah itu dari segi kecantikan ataupun kebaikannya tetapi Ketika selebgram itu tersandung kasus sehingga membuat warganet ikut membully dan menghujat melalui komentar yang membuat seleb tersebut mengalami gangguan mental hingga vakum  di sosial media.

Advertisement

Platform Tiktok menjadi suatu wadah bagi setiap penggunanya dalam menyebarkan dan mencari informasi, tempat menyalurkan bakat dan juga tempat untuk mendapatkan penghasilan, seperti salah satu pengguna Tiktok kekeyi_23 dimana ia memposting konten-konten parodi dan hiburan tetapi banyak yang menghujatnya. Kekeyi_23 itu pun tak pernah hiraukan berbagai hujatan dari warganet ia menjadikan hujatan sebagai semangat dalam berkonten dan mencari penghasilan.

Bullying yang dilakukan warganet terhadap kekeyi itu di lontarkan melalui komentar yang mana menganggap bahwa konten kekeyi menakuti warganet karena ekspresinya dan banyak tingkah. Hal itu tidak menjadi halangan kekeyi untuk berkarya dan saat ini kekeyi sudah mendapatkan pekerjaan melalui platform tersebut terlihat dari banyaknya barang endorse yang ia tawarkan dan menjadikan kekeyi menjadi orang kuat dan mendapatkan penghasilan dari hasil karyanya di Tiktok.

Dari berbagai kasus Cyber Bullying yang marak terjadi di platform Tiktok, perlu adanya tingkat kepedulian dan sadar akan sikap menghargai antar sesame serta perlu adanya edukasi terkait pemahaman kepada warganet agar tindak kasus Cyber Bullying tidak terjadi lagi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE