Namanya hidup tentunya tak luput dari berbagai macam masalah yang datang. Mulai dari masalah kecil, hingga masalah besar yang rasanya tidak bisa kita selesaikan dan lewati. Setiap orang di dunia ini tidak ada yang tidak mendapatkan masalah. Pastinya setiap kita akan diberikan masalah. Entah itu sebagai ujian. Entah itu untuk menguatkan. Entah untuk menjadikan masalah itu sebagai pelajaran.

Setiap apa yang kita lalui dan lewati dalam hidup ini pasti ada maksud di balik itu semua. Begitu pun dengan masalah yang semesta berikan dalam hidup kita. Tentunya pasti punya tujuan di balik masalah yang diberikan kepada kita. Kita hanya perlu ber-positif thinking kepada semesta terhadap setiap masalah dan cobaan yang ia berikan di hidup kita. Sebab kamu pun harus yakin dan percaya bahwa semesta tak pernah memberikan ujian diluar dari batas kemampuan hamba-Nya.

Advertisement


Masalah itu ada untuk dihadapi. Bukan untuk dihindari.


Lari dari masalah hanya akan membuatmu semakin dihantui dengan masalah itu. Masalah itu ada untuk dihadapi. Bukan malah lari atau memilih untuk menghindari. Sebab ketika kamu lari atau menghindarinya, masalah tersebut tak akan pernah selesai. Jalan satu-satunya kamu harus menghadapi. Kamu harus yakin bahwa masalah yang kamu alami itu pasti akan bisa kamu lalui.

Manusiawi memang saat kamu merasa tidak mampu untuk melewatinya. Tapi kamu harus ingat dan percaya, bahwa masalah yang diberikan kepadamu tak akan lebih dari batas kemampuanmu. Kamu pun juga harus meyakinkan dirimu, bahwa masalah tersebut pasti segera akan terlewati. Sebab jika bukan dirimu yang meyakinkan kamu bisa melewati, lantas siapa lagi?

Advertisement

Setiap masalah itu pasti akan berakhir dan terlewati. Kamu hanya perlu meyakinkan diri

Tak ada masalah yang tak menemukan solusi. Dan tak ada masalah yang tak menemui jalan akhir. Setiap masalah itu pastinya akan berakhir dan terlewati. Kamu hanya perlu meyakinkan dirimu bahwa semua pasti bisa kamu lewati. Kamu hanya perlu menerimanya, menghadapinya, dan hingga pada akhirnya masalah tersebut berhasil kamu lewati.

Semesta memberikanmu masalah bukan karena ia tidak menyayangimu. Justru karena ia menyayangimu lah ia memberikanmu ujian. Ujian yang kelak bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat lagi. Pribadi yang lebih tangguh lagi dalam menerima setiap ujian dan cobaan yang diberikan dalam hidup. Sebab pada akhirnya, masalah yang ada itu pasti akan memberikan pelajaran berharga kepadamu. Dan dari ujian itu lah nantinya kamu akan diangkat derajatnya menjadi pribadi yang lebih baik lagi ketika kamu mampu melewatinya.


Saat kamu menerima masalah dengan lapang dada, semua akan terasa lebih indah. Dan kamu pun akan lebih mudah melewatinya.


Tak banyak memang orang yang mampu dan mau dengan ikhlas menerima setiap cobaan yang diberikan. Seringnya kita saat ditimpa masalah selalu mengeluh dan mengeluh. Selalu berfikiran bahwa cobaan ini terlalu berat untuk kita. Bahwa masalah ini tak akan bisa kita hadapi. Padahal ketika kita mampu bersyukur dan mau menerima masalah dengan lapang dada, semua akan terasa lebih indah pada akhirnya.

Lantas kenapa kita harus bersyukur dengan masalah yang ada? Hey, bersyukur itu bukan hanya perihal nikmat yang diberikan saja bukan? Masalah dalam hidup yang diberikan semesta juga harus kita syukuri. Sebab dari masalah itu lah nantinya kita akan banyak belajar. Apa yang terlihat buruk itu tak selamanya buruk. Bahkan dari hal buruk itu lah nyatanya banyak memberikan pengalaman yang baik.  

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya