Tenang Saja, Hidup Tidak Berakhir di Umur 25 Tahun Kok!

Umur 25 tahun, kamu sudah punya apa?

Sebuah opini viral di media sosial tentang pernyataan idealnya di umur 25 tahun seharusnya sudah memiliki tabungan seratus juta, mencicil rumah, punya kendaraan pribadi dan yang lainnya memicu berbagai komentar dari netizen. Banyak yang merasa insecure dan tidak setuju dengan pendapat tersebut, namun ada juga yang menjadikan pernyataan itu sebagai motivasi.

Advertisement

Di jaman yang serba instan dan bergerak cepat saat ini, sulit rasanya untuk tidak merasa ‘tertinggal’. Bisa jadi, perasaan insecure atau tidak percaya diri ini saat kamu berumur 20++ merupakan bagian dari quarter life crisis.

Jadi, apasih quarter life crisis itu? Mengutip dari alodokter.com, mereka mendefinisikan quarter life crisis sebagai periode dimana seseorang berusa 18-30 tahun merasa tidak memiliki arah, khawatir, bingung dang galau akan ketidakpastian kehidupannya di masa mendatang. Umumnya masalah yang dipikirkan adalah karier, percintaan, kehidupan sosial dan yang lainnya.

Kalau kamu merasa “sudah umur segini kok gini-gini aja ya?”, tenang kamu nggak sendirian kok. Kamu mungkin salah satu dari banyak orang yang merasa ‘tertinggal’ dari perlombaan kehidupan. Kamu pasti pernah merasa minder ketika mungkin melihat teman-teman di usia seumur kamu sudah pada sukses, memiliki gaji dua digit, sudah menikah, punya rumah sendiri atau bahkan memiliki investasi yang melimpah ruah. Hal itu sangat wajar.

Advertisement

Tapi, kamu perlu ingat bahwa hidup itu tidak berakhir di umur 25 tahun lho. Perjalanan kamu masih panjang. Kalau kamu bisa memenuhi semua keinginan di umur 25 tahun, tentu saja itu bagus, tapi jangan jadikan itu sebagai parameter kesuksesan, karena yang ada kamu hanya membebani diri kamu sendiri.

Kamu nggak perlu merasa ‘tertinggal’ karena pada dasarnya semua punya timeline atau waktunya masing-masing. Memulai bisnis ketika umur 35 tahun? Boleh banget. Sekolah lagi ketika umur 40 tahun? Why not! Belajar kemampuan baru di umur 50 tahun? Good for you! Mencapai umur 25 tahun atau lebih bukan pertanda bahwa hidup kamu sudah mau kadaluwarsa, tapi justru jadikan itu pertanda untuk kamu belajar lebih dewasa dan mulai nikmati kehidupan kamu.

Tidak ada kok ‘standar’ yang mengharuskan kamu mencapai ini itu, kecuali diri kamu sendiri. Kalau kamu mau jadikan itu sebagai motivasi, silahkan saja. Tapi semua orang memiliki definisi sukses dan bahagianya masing-masing, termasuk kamu. Yang paling penting kamu bahagia dan bisa menikmatinya.

Mengutip cuitan dari @FiersaBesari, "Pencapaian tiap orang berbeda. Ada yang punya banyak uang di usia 25, ada juga yang baru punya penghasilan di usia tua. Ya, namanya juga rezeki, datangnya ngagetin. Enggak tahu kapan, enggak tahu di mana, dan yang pasti, enggak tergantung usia. Ikhtiar aja, Lur."

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

books and movies enthusiast

CLOSE