Hikmah Menjadi Sosok Ibu di Era Pandemi

You really did a great job, Mama!

Tak pernah sekalipun kita bayangkan, di tahun 2020 ini dunia akan terjadi masa pandemi. Dunia benar-benar terguncang dengan adanya fase ini. Tidak hanya terjadi di satu negara saja, namun menyebar ke seluruh dunia. Perlahan pun dunia masuk ke fase new normal yang harus kita jadikan sebagai gaya hidup baru kita. 

Advertisement

Teringat dulu sebelum masa pandemi ini bagaimana kita bisa dengan bebas ber cipika cipiki, berjabat tangan erat, berpelukan ketika kita bertemu dengan sahabat. Namun sekarang kita harus menerapkan physical distancing dan social distancing dengan siapapun dan dimanapun. Well, hal tersebut memang untuk kebaikan kita semua dan agar pandemi ini segera berlalu.

Generasi Ibu di masa ini terasa sudah diasah otak dan tenaga untuk melewati masa-masa sulit seperti di era pandemi sekarang ini, jika memang kita bisa memetik hikmah untuk terus belajar di masa ini. Menjadi Ibu di masa pandemi seperti sekarang ini tidaklah mudah. Ibu harus menjadi manager dalam rumah tangga yang harus me-manage semua hal yang harus dikerjakan anak-anak nya dengan ketentuan “di rumah saja”.

Ketika sebelum masa pandemi seperti sekarang tugas Ibu juga sama, namun tambahan di era sekarang adalah dengan syarat “di rumah saja”. Bagaimana Ibu bisa menjadi kreatif dengan berbagai tanggung jawab yang harus dapat dilakukan anak-anaknya? Bagaimana agar anak-anak tidak bosan di rumah saja? Bagaimana agar kesehatan anak2 tetap terjaga? Dan masih banyak lagi bagaimana-bagaimana yang lainnya yang menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Ibu.

Ibu dituntut untuk lebih kreatif dalam segala aspek, dengan banyaknya tugas dari sekolah ketika school from home, dengan kebosanan anak-anak atas situasi yang terjadi, ataupun harus kreatif dengan menu-menu masakan baru untuk anak-anak. Hal tersebut tidaklah mudah bagi ibu pekerja ataupun ibu rumah tangga dalam melakukan hal-hal yang membutuhkan tingkat kreativitas yang lebih tinggi dari era sebelum pandemi ini. Tapi dari semua hal yang telah Ibu lakukan pada masa ini, adakah hikmah yang dapat kita petik?

Tentu sangat banyak sekali. Kita semua dapat merasakan hal tersebut yaitu kasih sayang anak kita terus bertambah melebihi dari yang kita harapkan, dengan banyaknya waktu family time yang kita miliki, dan tentu saja kita menjadi ibu yang lebih kreatif. Kita akhirnya dapat menemukan cara bagaimana membuat anak nyaman dengan kegiatan belajar di rumah, kita akhirnya menemukan menu-menu baru yang anak-anak sukai, dan kita bisa saja menemukan bakat terpendam kita. Great job, Mama !

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE