#HipweeDaebak-Setiap Hari Nonton Drama Korea Bisa Tenang Keliling Dunia

Pengaruh Hallyu terhadap dunia.

Popularitas Hallyu atau Korean wave terus meningkat, bukan hanya di Korea atau Asia, melainkan Dunia. Terbukti dengan bersainnya lagu-lagu K-Pop ditangga lagu dunia Billboard, Dan K-Drama yang mendapat banyak sekali penghargaan. Namun, popularitas ini bukan hanya dikarenakan K-Pop dan K-Drama. Menurut Korean Foundation (KF) dibawah Kementerian luar negeri Korea Selatan, sekarang ini Hallyu juga semakin meluas ke kehidupan sehari-hari warga dunia dengan adanya komik online Webtoon, Kosmetik, Busana, dan konten Youtube (Vlog, Mukbang dan Beauty).

Advertisement

Hal ini tentu mempengaruhi para fans diberbagai aspek, salah satunya adalah bahasa. Ada beberapa bahasa Korea yang sering kita gunakan sehari-hari, misalnya mukbang, oppa, saranghae, dan annyeong haseyo, baik di media sosial maupun dunia nyata. Seringnya menonton film drakor tentu membuat kita secara perlahan mengerti beberapa arti dari kosakata Korea tersebut. namun, mengerti alur cerita hanya melalui takarir tentu sulit untuk dapat menghayati isi film. Dengan alasan itu dan dibarengi dengan kecintaan terhadap hal-hal yang berbau korea membuat para fans secara serius mempelajari bahasa Korea mulai dari yang gratis melalui internet hingga rela mengeluarkan uang untuk kursus.

Bahasa Korea memang memiliki keunikan tersendiri, alfabel Korea disebut Hangeul, jumlahnya hanya 24 karakter, bentuk alfabel yang sederhana, ejaan mudah, kata pembentuk kalimat tidak panjang, dan tidak boros kosakata. Membuat bahasa korea mudah dipelajari dan kita butuh waktu kurang lebih satu jam saja untuk dapat membaca alfabel hangeul. Bahasa Korea dapat dibilang bahasa yang dibutuhkan dunia karna mudah ditulis, dibaca dan dikomunikasikan.

Advertisement

Ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan jika mampu berbahasa Korea. Bukan hanya mengerti arti dari film drakor ataupun lagu K-Pop tetapi kita juga dapat memasukan kemampuan bahasa Korea kedalam CV yang dapat menjadi poin lebih kita, menjadi orang yang dapat menguasai lebih dari satu bahasa (bilingual) juga baik untuk memperkuat dan perkembangan otak, lalu kita juga akan merasa tenang jika ingin mengunjungi destinasi wisata Korea Selatan karna jika mampu berbahasa korea dengan baik.

Berdasarkan survei Korea Foundation (KF), ada sekitar 99.320.000 orang pecinta hallyu diseluruh dunia hingga Desember 2019. Berdasarkan Benua, penggemar Hallyu terbanyak di Asia, sekitar 71.810.000 orang, lalu Eropa sekitar 15.040.000 orang, 320.000 orang penggemar Hallyu di Afrika dan kawasan Timur Tengah. Dan 11.850.000 orang penggemar hallyu di Amerika. Angka tersebut juga dapat menjadi acuan banyaknya orang yang mempelajari bahasa Korea. Semakin banyak penutur bahasa Korea tentunya membuat bahasa Korea Berpotensi sebagai bahasa alternatif Internasional, sama halnya seperti Mandarin, Arab, Spanyol, Jerman dan Portugis.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE