#HipweeDaebak–Terjangan Korean Wave di Masa Pandemi

From Hate to Love Story about K-POP

Anyyeong~

Advertisement

Pada awalnya gue bukan tipikal Korean Lovers, memang sejak remaja sudah suka nonton Drakor waktu tayang di TV Lokal kaya Endless Love, Full House, Boys Before Flower sampe drama sekarang macam Itaewon Class, Crash Landing on You, It's Okay to be Not Okay dll. Ya~ gue lumayan ngikutin Drama sejak dulu walapun bukan hobby juga, sekedar mengisi waktu luang. 

Tapi, dulu gue anti K-Pop music (kecuali ost Drama) karena gue dengan segala rasa sotoy yang ada menganggap K-Pop bukan sesuatu yang "worth it" untuk didengarkan apalagi jadi fans mereka itu "nggak" banget buat gue (dulu). Lalu, karena pandangan miring gue terhadap mereka mungkin gue kena karma kali ya, berawal dari temen-temen kantor yang suka Blackpink, BTS, EXO dll suka nyetel MV di kantor hampir tiap hari saat senggang tentunya. Awalnya gue merasa terganggu, tapi lama kelamaan ikut menikmati lagu-lagu mereka.

Dan akhir-akhir ini banyak E-Commerce Indonesia yang menjadikan K-Pop Idol sebagai Brand Ambassador mereka contoh aja ya BTS (Bangtan Sonyeondan), karena gara-gara E-Commerce ini gue jadinya dengerin lagu-lagu BTS dan cari tahu tentang mereka ini siapa, karena banyak waktu luang selama WFH jadinya tiap hari setelah kerja ya cuma berselancar di dunia maya dan kepo tentang Idol ini. 

Advertisement

Banyak hal yang membuat gue tertarik sama Boyband BTS yang terdiri dari 7 anggota ini, diantaranya : 

1. Gue excited ketika melihat live performance mereka yang luar biasa di youtube awalnya dari Live Dynamite di America's Got Talent mereka benar-benar menunjukkan bahwa They're great performer! Bahkan di perform live yang no lipsync pun suara mereka keren, lalu dance mereka yang menurut gw complicated pun ditampilkan so perfect di setiap penampilan mereka

Advertisement

2. Lagu-lagu mereka gak melulu tentang Cinta, banyak membawakan lagu tentang selflove seperti Epiphany & Idol (dan banyak lagi di album Love Yourself), kritik ke penguasa seperti Silver Spoon, tentang persahabatan dan lainnya. Ketika dengerin lagu tentang Selflove (dengan lirik Eng/Bahasa tentunya), gue bener-bener merasa ada kekuatan tambahan dalam diri gue untuk lebih mencintai diri sendiri dan persetan dengan omongan haters dan toxic people!

3. Perjuangan mereka patut dijadikan contoh! Mereka semua berjuang benar-benar dari 0 ketika masih usia belasan tahun sudah menjadi Trainee dengan segala keterbatasan di Company yang sangat kecil waktu itu. Tentunya mereka harus extra berjuang, dibandingkan jika mereka ada di Big Company yang sudah punya nama. Mereka banyak dihujat dan gak di anggap di awal-awal debut dan berusaha sangat keras agar bisa diterima di industri musik Korea waktu itu. Banyak member yang awalnya dari keluarga kurang mampu dan kisah mereka ini benar-benar Inspiratif! 

4. Big Hit Entertainment Co yang awalnya Small Company bisa menjadi Big Company karena BTS (jarang lho ada perusahaan yang besar karena Idol), bahkan Big Hit IPO (initial public offering) pada 5/10/2020, disambut baik di bursa saham Korea dan nilainya bahkan naik 100% dalam kurun waktu kurang dari sebulan (melansir dari Channel News Asia). Gimana keren kan, atau tertarik menjadi salah satu investor mereka?

5. Mereka menjadi K-Pop pertama yang meraja di Hot100 Billboard dengan lagu Dynamite, juga lagu featuring Jason Derulo x Jaws 685 sempat merajadi chart Billboard sebelumnya. Selain itu, mereka banyak sekali mendapatkan penghargaan musik lainnya

Semoga kesuksesan dan perjuangan mereka ini menjadikan inspirasi buat para Army (sebutan fans BTS). Terima kasih sudah mengisi WFH gue dengan lagu-lagu inspiratif kalian BTS yang menjadikan mood boster gue dengan segala kepenatan menghadapi masa pandemi. 

Stay Healthy Everyone !

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Interest in Traveling, Investment, Music and K-Drama

CLOSE