Perkebunan Lavender yang indah di Inggris!

Bagi para traveler, Inggris dapat dipastikan menjadi salah satu destinasi yang tercantum dalam bucketlist mereka. Mulai dari fans Harry Potter hingga pecinta klub sepak bola Inggris pasti ingin ke sana. Keindahan perkotaannya, bangunannya yang iconic, juga sejarahnya yang membuat milyaran orang di dunia ingin kesana. London sangat identik dengan perkotaan, bus tingkat merah iconic-nya, telepon umum yang terkenal, serta kesibukan kotanya.

Di Utara kota London, terdapat perkebunan Lavender yang sangat indah. Warna ungunya yang khas menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke sana. Perkebunan Lavender itu bernama Hitchin Lavender di Cambridgeshire. Lavender merupakan bahan dasar wangi – wangian yang paling lama digunakan di Inggris dimulai dari tahun 1500an. Parfum lavender digunakan oleh keluarga kerjaan sebagai wangi – wangian dan dicampur ke dalam teh yang terbukti dapat mengurangi penyakit migrain. Di negara Eropa lainnya seperti Perancis, tanaman lavender juga terbukti dapat digunakan untuk mencegah penyakit kolera.

Advertisement

Perkebunan Hitchin Lavender sudah ada sejak tahun 1500an karena daerah tersebut memang sangat cocok untuk tumbuhan lavender. Baru pada tahun 1800an, tanaman Lavender di sini ditanam secara komersial oleh Edward Perks dan diteruskan secara turun temurun. Kemudian pada akhir abad ke 19, cucu Harry Samuel Perks menjalin kemitraan dengan Charles Llewellyn. Puncaknya, mereka berhasil melakukan penanaman lavender mencapai 100 hektar di Hitchin, dan sejak saat ini perkebunan Hitchin Lavender mulai dikenal secara nasional.

Namun pada tahun 1960, persaingan lavender semakin ketat dan pajaknya pun tinggi sehingga kebun ini sempat terbengkalai selama beberapa tahun. Baru pada tahun 2000, pekebunan ini mulai ditanam dan dioperasikan kembali. Awalnya, Hitchin Lavender ditanam hanya untuk dijadikan bahan dasar minyak. Namun, adanya permintaan yang meningkat sehingga perkebunan Hitch Lavender baru – baru ini dibuka untuk umum saat musim panas, dan berhasil mendapatkan puluhan ribu pengunjung setiap kali bunga lavender sedang mekar. Saat ini, perkebunan Hitchin Lavender telah diurus oleh lima generasi dan memiliki 20 hektar perkebunan lavender.

Untuk menuju ke Hitchin Lavender, dapat ditempuh dengan kereta api dari London menuju ke Arseley, dan dilanjutkan menggunakan bus. Meskipun hanya berjarak kurang lebih 60km atau 1 jam perjalanan dari kota London, hiruk pikuk perkotaan tidak terasa lagi disini. Hamparan sawah dan perkebunan, jalanan tanpa lampu merah, pemandangan pedesaan yang asri lah yang akan anda rasakan.

Advertisement

Ketika sampai di depan area Hitchin Lavender, aroma khas bunga lavender yang wangi sangat terasa, dan untuk masuk ke area Hitchin Lavender, anda diwajibkan untuk membeli tiket seharga 5 poundsterling untuk dewasa, di bawah 14 tahun 1 Poundsterling, di bawah 5 tahun gratis, penyandang disabilitas 4 poundsterling, dan untuk professional photography seperti pre-wedding, fashion, portofolio dikenakan biaya sebesar 50 poundsterling.

Di sini, anda juga diperbolehkan untuk memanen lavender dan membawa pulang bunga lavender namun dibatasi oleh kapasitas yang ditetapkan oleh pihak Hitchin Lavender.

Hitchin Lavender buka setiap hari pada musim panas mulai pukul 10 pagi dan tutup pukul 5 sore. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi Hitchin Lavender adalah ketika masa panen yaitu idealnya pada pertengahan Juni hingga Akhir bulan Agustus, yang semuanya tergantung dari keadaan cuaca yang selalu di update di Facebook page Hitchin Lavender atau di http://hitchinlavenderblog.com.

Selain memetik lavender, di sini juga tersedia café yang membuat anda bisa menyeruput kopi sambil menikmati pemandangan indah kebun lavender dengan aroma khasnya dan warna ungu nya yang cantik. Hitchin Lavender juga memproduksi produk kecantikan dan produk rumah tangga dari bahan lavender seperti body lotion, lip balm, body oil untuk massage, sabun cuci tangan, sabun mandi, lilin aroma lavender, bunga lavender rajut, eye pillows, sarung bantal, aroma terapi, dan masih banyak lagi yang semuanya dijual ke seluruh dunia dan bisa dibeli melalui website resmi Hitchin Lavender.

Setiap musim panas, Hitchin Lavender mengadakan acara – acara yang seru dan meriah seperti menonton film layar lebar ditengah hamparan kebun lavender yang tiketnya dapat dipesan secara online, dan jadwal film yang akan ditayangkan diumumkan melalui website resminya. Selain menonton film layar lebar, Hitchin Lavender juga mengadakan acara lainnya seperti workshop, live music, meditasi pagi, merajut ditengah kebun, yoga, dan berbagai acara seru lainnya yang dilakukan ditengah kebun lavender sehingga anda mendapatkan sensasi yang berbeda.

Setiap produk yang diproduksi oleh Hitchin Lavender dijamin bebas paraben (bahan pengawet untuk kosmetik), dan bebas pewarna. Semua menggunakan lavender asli yang dipanen dari perkebunan Hitch Lavender. Selain cantik, instagramable, dan wangi ternyata Lavender menyimpan banyak manfaat yang lainnya. Jangan lupa masukkan Hitchin Lavender dalam bucket list anda jika berkunjung ke Inggris!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya