Hutan Kota GBK, Alternatif Wisata Warga Jakarta di Tengah Hiruk Pikuk Kota

Hidup di ibukota Jakarta tentunya tidak lepas dari masalah kepadatan penduduk, kemacetan, kebisingan hingga segala polusi yang ditimbulkan. Terlebih pandemi saat ini yang mengakibatkan tingginya kembali angka mobilitas di Jakarta sehingga udara bersih menjadi hal yang sulit untuk dirasakan. Warga ibukota pun mendambakan adanya penyediaan ruang alam untuk sekedar bisa bernapas dengan segar dan rehat dari hiruk piruk perkotaan di Jakarta. 

Advertisement

Hutan kota di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan cocok menjadi tempat pelarian warga Jakarta untuk menikmati udara sejuk hutan di tengah hiruk piruk kota Jakarta. Hutan Kota GBK sebagai salah satu ruang terbuka hijau (RTH) yang sengaja dibangun sebagai paru-paru kota Jakarta. Hutan Kota by Plataran atau yang biasa dikenal Hutan Kota GBK merupakan peralihan fungsi lahan yang mulanya sebagai lapangan golf seluas 4,6 hektar dan kini menjadi tempat rekreasi warga Jakarta.

Meskipun disebut hutan, penampilannya memang jauh dari arti kata tersebut. Alih-alih pepohonan, yang ada justru hamparan lapangan rumput yang luas dengan latar belakang gedung-gedung puluhan lantai yang semakin memanjakan mata. Bahkan sekilas lanskap ini mengingatkan pada Central Park yang berada di New York, di mana keduanya sama-sama merupakan RTH yang berada tepat di pusat kota yang padat penduduk.

Hutan kota GBK menjadi arena yang cukup nyaman untuk berpikinik ala perkotaan. Kontur lahannya yang landai serta suguhan pemandangan yang menarik mampu menjadi pelepas penat para pengunjung. Saat berkunjung, kamu bisa membawa sendiri tikar atau kain sebagai alas duduk di sana. Begitu pun dengan bekal yang dapat dipersiapkan dari rumah atau bisa dengan membeli makanan dari kios atau foodcourt di dekat stadion GBK. Hutan kota GBK juga cocok bagi mereka yang sekadar ingin berjalan-jalan santai ataupun bercengkrama pada kursi-kursi yang telah disediakan. 

Advertisement

Tak hanya itu, hutan kota GBK juga bisa menjadi alternatif tempat berolahraga. Mengingat seringkali stadio GBK penuh digunakan sehingga hutan kota GBK bisa menjadi pilihan baru untuk mengganti suasana. Pengunjung diperbolehkan berolahraga seperti jogging dan gowes di kawasan RTH ini. Namun tidak diperkenankan untuk membawa skateboard dan hewan peliharaan ke dalam kawasan tersebut.

Berkenaan dengan fasilitas, hutan kota GBK menyediakan fasilitas seperti pos keamanan, toilet, dan ruang ganti. Tersedia juga sarana dan prasarana lain seperti kursi untuk para pengunjung hingga kios-kios makanan dan minuman. Serta terdapat sarana pendukung seperti kolam ikan.

Advertisement

Hutan kota GBK merupakan bagian dari Gelora Bung Karno Sports Complex dan berada di Jalan Pintu Senayan. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus Transjakarta atau MRT untuk mengunjungi lokasi tersebut. Hutan Kota GBK buka dari hari Selasa sampai Minggu pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 15.00-18.00 WIB. Untuk masuk ke lokasi ini pun tidak dikenakan biaya alias gratis.



Selama pandemi, akses masuk hutan kota GBK harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya pengunjung sudah di vaksin Covid-19, mematuhi aturan protokol kesehatan, berkunjung pada jam operasional, pengunjung memindai kode QR dengan aplikasi peduli lindungi sebelum masuk, terdapat pembatasan kuota pengunjung, serta pengunjung diwajibkan tetap menjadi kebersihan di area hutan kota GBK.

Bagaimana sobat Hipwee? Apakah kamu tertarik berkunjung?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Masih menyandang status mahasiswa aktif Institut Pertanian Bogor. Saya memiliki ketertarikan dalam hal kepenulisan dan mengikuti trend yang terus berkembang di era digital

Editor

CLOSE