Kemajuan 5G

5G, apakah 5G itu ? apakah kalian mengetahui perkembangan teknologi internet yang dijual oleh XL, Indosat dan perusahaan telekomunikasi lainnya dari 3G, 4G dan sekarang keluar perkembangan baru yaitu 5G. Perkembangan internet makin cepat dan mungkin kalian belum mengetahui apa itu 5G.

Dari pertama kalinya teknologi 3G keluar Qualcomm telah menjadi perusahaan terdepan dalam perkembangan internet di dunia. Mereka adalah yang menciptakan teknologi 3G, meliputi teknologi infrastruktur serta teknologi di perangkat handphone, salah satunya adalah chipset atau prosesor handphone dan hampir semua produk mereka terdapat di peralatan teknologi di dunia.

Advertisement

Selain mencetuskan 3G Qualcomm juga mencetuskan 4G, dan pada saat ini memimpin dalam pengembangan 5G. Untuk kedepanya Qualcomm berencana untuk menghubungkan semua manusia dan mesin dalam hubungan dan pertukaran informasi yang lebih cepat melalui teknologi 5G.

5G bertujuan untuk menciptakan dunia di mana data dan informasi akan bergerak cepat hingga mencegah kecelakaan dan dapat menyelamatkan nyawa. Perkembangan ini tidak akan hanya dinikmati seluruh dunia akan tetapi juga Indonesia, jadi bagi teman-teman yang selalu mengeluh tentang Internet yang lambat atau lemot, bersiaplah karena HP beserta teknologi di sekitar kita akan mendapatkan upgrade dari perusahaan teknologi seperti Qualcomm.

Dikatakan dalam webside Qualcomm bahwa 5G akan 10 kali lipat lebih cepat dalam penerimaan data dan koneksi antar mesin dengan menggunakan tenaga yang lebih irit, jadi kita tidak bisa beralasan untuk kehabisan baterai gara-gara main Mobile legend atau AOV.

Advertisement

Direktur Government Affair South East Asia Qualcomm International, Nies Purwati mengatakan “5G membuat akses Internet lebih cepat, dikarenakan oleh Delay Communication yang lebih pendek. Kemudian 5G akan dapat digunakan untuk komunikasi antara orang dengan orang, mesin dengan mesin, serta mesin dengan orang,” dengan itu ia merangkum bahwa 5G juga dapat diaplikasikan pada kendaraan dan teknologi lainnya. Mengaplikasikan sistem 5G dapat digunakan dalam segala bidang: transportasi, kesehatan, serta industri lainnya.

CEO dari Qualcomm Internasional Steve Mollenkopf bahkan menyatakan bahwa 5G dapat mengatur lalulintas dan mobil, atau kendaraan agar tidak saling menabrak mobil lain dan kendaraan lain serta pejalan kaki yang menyeberang. Ini juga dapat di implementasikan kepada kendaraan umum untuk memberitahukan keberadaan kereta atau bus tersebut, mungkin penerbangan juga dapat dikembangkan agar pesawat tidak saling menabrak.

Selain itu manfaat dari 5G juga akan dapat dirasakan dampaknya terhadap dunia medis seperti menggunakan Chip 5G untuk memeriksa keadaan pasien yang sedang sakit atau sekadar mengecek kesehatan seseorang, dengan itu doktor dapat dengan cepat mengetahui keadaan seseorang dan menyelamatkan pasien.

5G yang akan menghubungkan semua mesin juga akan sangat berguna di Indonesia apalagi di saat ketika terjadi bencana seperti tsunami Aceh dan meletusnya Merapi. Dengan menghubungkan alat pendeteksi bencana, mereka akan lebih cepat mengirim sinyal kepada penduduk setempat untuk melakukan evakuasi.

Kekuatan pertukaran informasi yang terdapat di 5G telah diujicobakan, dengan kemampuan super cepat wireless, Snapdragon X50 5G memiliki kemampuan mendownload 5 gigabits per detiknya. Modem tersebut juga dapat menggunakan Multi-mode berganti antara 4G dan 5G, dengan desain baru yang cocok dengan telepon dan handphone masa depan.

Tidak hanya itu saja, Qualcomm telah memiliki kesepakatan dengan LG, Sony Mobile, HTC, ASUS, Xiaomi, ZTE, Netgear dan yang lainnya untuk membuat teknologi 5G diterapkan pada tahun 2019 beserta kerja sama dengan penyedia Internet lainnya seperti AT&T, Verizon, Deutsche Telekom, NTT Docomo dan China mobile juga setuju dengan yang Qualcomm ajukan.

Kemudian siapa yang tidak akan melupakan Samsung sebagai salah satu pemeran terbesar dalam penjualan smartphone di dunia selain Apple. Samsung dan Qualcomm telah mengumumkan kerjasamanya dalam awal tahun 2018 ini, nyatanya Samsung bersedia menjadikan Smartphone keluaran baru yang akan datang; Yaitu S9 dan S9+ sebagai Smartphone pertama Samsung yang akan menggunakan teknologi Snapdragon X50 5G Qualcomm.

Bahkan tidak sampai situ mereka sepertinya akan terus mendorong teknologi ini bahkan sampai peralatan VR dan bahkan mungkin akan berkerjasama dengan Microsoft untuk menghubungkan PC di dunia.

Setelah mendengar banyak tentang kelebihan 5G, mungkin teman-teman sebangsa Indonesia mempertanyakan kedatangannya di bumi pertiwi. Mungkin ini akan menjadi kabar buruk bagi teman-teman yang antusias terhadap perkembangan teknologi, karena menurut Direktur Government Affair South East Asia Qualcomm International, Nies Purwati; kemungkinan 5G akan datang di Indonesia tidak akan tiba di Indonesia dalam jangka dekat.

Beliau mengatakan bahwa perusahaan di Indonesia belum berkeinginan berinvestasi untuk 5G dikarenakan menunggu kembalinya investasi dari 4G, dan bila pemerintahan Indonesia kurang berkerjasama ini akan memperlambat kedatangan 5G di Indonesia yang dapat menunda rakyat Indonesia untuk menikmati sistem 5G hingga tahun 2023.

Kita mungkin harus bersabar lebih lama lagi untuk mendapatkan akses cepat 5G yang mempercepat Internet Smartphone, PC dan peralatan lainnya di Indonesia, dikarenakan menunggu investasi oleh perusahaan telekomunikasi di Indonesia walau pemerintah Indonesia mendukung kedatangan 5G yang lebih cepat. Jadi teman-teman harus bersabar untuk menunggu kedatangan 5G untuk saat ini.

Dari kesimpulan yang ada, perkembangan teknologi di dunia telah malaju dengan pesat, akan tetapi dikarenakan berbagai penyebab, Indonesia akan tertinggal dalam perkembangan teknologi terbaru yaitu 5G yang bisa saja dapat mempercepat Informasi, dan bahkan menyelamatkan nyawa.

Perkembangan 5G menjadi salah satu contoh kemajuan teknologi yang dilakukan bersama dari berbagai Negara dan Indonesia akan kehilangan kesempatan apabila perusahaan di Indonesia tidak mau berinvestasi walaupun negara telah mendukung teknologi tersebut untuk diterapkan di Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya