Siapa sih yang masih nggak tahu negara ini? Negara Inggris merupakan negara berbentuk kerajaan yang paling makmur. Bahasanya saja sudah dijadikan sebagai bahasa internasional. Tak heran jika negara ini memiliki nama yang tersohor di dunia, khususnya di Benua Eropa. Bicara tentang kebudayaan Inggris yang termasuk budaya barat, pada umumnya memang berbeda dengan budaya timur seperti negara kita ini. Mulai dari segi berpakaian, kesenian, hingga adat istiadat.

Dari segi pakaian, sebagian besar menyesuaikan pakaiannya sesuai dengan musim yang sedang berlangsung. Dan biasanya, jika kalian hendak menghadiri suatu acara formal atau resmi, sebaiknya kalian memakai pakaian yang rapih dan sopan.

Advertisement

Bicara tentang waktu, umumnya di Benua Eropa ini, memang sebagian besar orang sangat menghargai waktu. Ingat bukan? Beberapa waktu lalu, Seorang Menteri Negara Departemen Pembangunan Internasional yang mengundurkan diri dari jabatannya hanya karena Ia terlambat dalam sebuah sesi debat parlemen, tepatnya pada 31 Januari 2018 lalu. Ia mengaku malu berat atas kejadian itu. Dari sini kita bisa mengetahui betapa berharganya waktu bagi seseorang.

Selanjutnya, mengenai budaya yang menurut saya berbeda jauh dengan budaya kita sendiri. Contoh budaya yang cukup menonjol, seperti berikut :

1. Berkata "Sorry" dan "Thank you" Masyarakat pada umumnya, misal yang setelah mereka menaiki kendaraan umum seperti bus, mereka tidak segan segan mengucapkan terima kasih kepada supir bus, dan mengucapkan "Sorry" dengan sopan jika melakukan kesalahan tanpa mereka sengaja seperti menabrak orang, dan sebagainya.

Advertisement

2. Mengantri / "Queuing" Misalkan saja jika mengantri masuk untuk menaiki kendaraan umum seperti bus. Mereka sangat di siplin dengan mengantri walaupun dengan deretan antrian yang cukup panjang. Budaya antri ini sudah seperti nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

3. "How are you" Masyarakat Inggris pada umumnya sering menanyakan kabar dengan rasa empati atau perhatian.

4. Menunjukkan suatu respon yang positif. Misalkan seseorang mengungkapkan pendapatnya, dan tak jarang akan mendapatkan respon yang positif. Contohnya : "thats cool", "amazing".

5. Jujur ya, kebanyakan dari mereka mempunyai sikap yang jujur. Misalnya ada 2 orang yang sedang duduk, salah seorang dari mereka tergesa-gesa hendak pergi. Salah satu orang yang di sebelahnya tidak segan segan untuk meneriakkan orang tersebut atau jika orang tersebut kembali, karena lupa dengan barangnya, pasti barang tersebut tetap aman.

Adapun tradisi-tradisi yang unik di Inggris, contohnya : 1. Straw Bear, tradisi tertua ini di lakukan setiap tanggal 7 januari. Tradisi ini dipercaya untuk mengawali masa bertani dan berladang. Para peserta baik pria dewasa maupun remaja, menggunakan kostum jerami mulai dari kaki hingga kepala. Dan mereka berjalan mengetuk pintu rumah yang satu ke rumah lainnya sambil menari. Para penari akan memperoleh hadiah dari para pemilik rumah sebagai imbalannya. Baik berupa makanan, bir ataupun uang. Unik bukan?

2. Pearly Kings and Queen Yaitu sebuah acara amal yang biasa diadakan oleh masyarakat kelas buruh dan pekerja. Dan sudah menjadi sebuah budaya masyarakat menengah Kota London. Para peserta Pearly Kings dan Queens memakai busana berkilauan yang berasal dari kancing mutiara (pearl) yang dibuat pada abad ke-19.

3. Worm Chramping Merupakan tradisi menangkap cacing tanah. Setiap peserta hanya memiliki wilayah perburuan seluas 3 x 3 m2 saja. Diperbolehkan memainkan musik apa saja untuk memikat atau memancing cacing agar keluar dari tanah, tapi tidak diperbolehkan menggunakan obat-obatan termasuk air.

Budaya makan masyarakat barat juga tentu berbeda dengan budaya makan di timur. Pada saat makan posisi duduk harus tegak, saat makan tidak boleh bertanya dengan gembira atau terus menerus bicara dengan orang. Setiap orang tidak boleh meninggalkan sendok di atas mangkok sup atau di gelas kopi. Sendok harus ditinggalkan di atas piring nasinya dan untuk sendok teh harus diletakkan di atas tatakan gelas.

Saat minum sup tidak boleh menimbulkan suara dan tidak boleh meminum sup sampai habis. Tidak boleh merokok saat masih duduk di tempat makan. Selesai makan para pria membantu wanita memundurkan kursinya supaya bisa berdiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya