Untuk anda yang hobi dan lihai dalam menggambar, mendesain sesuatu, serta memiliki ide yang tak terbatas, apakah anda sudah memikirkan masa depan anda? Apakah anda akan memanfaatkan keahlian khusus tersebut sebagai karir, ataukah anda hanya akan melakukannya sebagai hobi? Bagi anda yang memutuskan untuk berkarir dalam bidang tersebut, menjadi seorang produk atau interior desainer adalah hal yang cocok untuk anda.

Untuk lebih mendalami berkarir dalam bidang produk atau interior desainer, perkenalkanlah bapak Bimo Pamungkas (45), sebuah produk atua interior desainer yang sukses, serta pemilik dari perusahaan dalam bidang tersebut, PT Realcomms. Menurutnya, seorang produk atua interior designer mengaplikasikan sebuah konsep kepada benda produk atau sebuah interior yang dipakai sehari-hari, sehingga dapat digunakan dengan nyaman dan efisien. Dapat juga dikatakan, bahwa seorang produk atau interior designer tidak hanya merancang sebuah produk untuk terlihat bagus, tetapi memperhatikan kemauan dan kebutuhan konsumen, serta memperhatikan aspek kemuduahan dan harga dalam produksi.

Advertisement

Lantas apa yang harus dilakukan untuk menjadi sebuah produk designer? Dalam segi pola pikir, menurut bapak Bimo Pamungkas, minat atau ketertarikan, dan keingintahuan yang tinggi adalah hal yang esensial untuk menjadi sebuah produk designer. Memiliki hobi dalam menggambar, mendesign sesuatu adalah sebuah tambahan yang berguna jika ingin menjadi sebuah produk atau interior designer.

Seorang produk designer juga harus memiliki sifat berkooperasi dan adaptabilitas yang tinggi, terutama saat berurusan dengan konsumen, sehingga ia dapat membuat produk yang terbaik, dan memenuhi keinginan konsumen. Dalam segi akademis, mempelajari ilmu-ilmu dasar yang berhubungan dengan produk design secepat mungkin seperti menggambar, design, menggunakan aplikasi digital, akan membantu mempersipakan kita jika ingin berkarir di bidang tersebut.

Perjalanan untuk menjadi seorang produk/interior tidaklah mudah. Berikut adalah tips-tips yang didaptkan setelah mewawancarai Bimo Pamungkas: Kita harus memiliki kerja keras, dan komitmen yang tinggi, serta di siplin dalam mengejar impian tersebut. Kita harus mencoba untuk tidak merasa bosan untuk terus menggali hal-hal baru dan mengembangkan ilmu yang sudah kita dapatkan. Jika tidak memiliki inspirasi saat mendesain, lihatlah pekerjaan-pekerjaan designer lain, dan coba untuk memikirkan hal-hal yang dapat ditingkatkan dari design tersebut.

Advertisement

Bekerja sebagai produk atau interior designer sangatlah memuaskan bagi orang-orang yang artistik. Hasil wawancara dari Bapak Bimo Pamungkas menunjukkan bawha ia sangat menyukai pekerjaannya saat ini, “Sejauh ini karena saya menyukai pekerjaan ini saya dan tidak merasa bahwa selama ini menjadi suatu halangan… Ini adalah hal yang saya impikan dari kecil untuk menjadi karir saya, dan terlepas dari itu banyak hal yang bisa saya perbuat dengan ilmu yang saya pelajari dan pekerjaan yang saya lakukan saat ini…”. Bagi anda yang memutuskan untuk menjadi sebuah produk atau interior designer, jika anda benar-benar menyukai bidang ini, apa yang anda tunggukan?

Pilihlah pekerjaan yang anda cintai, dan anda tidak perlu bekerja seharipun dalam hidup anda – Confucius

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya