Ini Pengalaman yang Bisa Kamu Masukan ke Dalam CV Selain Pengalaman Organisasi

Magang di perusahaan impian dan dikenal banyak orang adalah cita-cita hampir semua mahasiswa, termasuk kamu. Namun dalam melamar magang di sebuah perusahaan, kamu membutuhkan CV atau Curriculum Vitae. CV merupakan dokumen yang berisi riwayat kegiatan seseorang yang biasa digunakan untuk melamar ke sebuah perusahaan agar calon rekruter mengetahui riwayat sang pelamar. Dalam mengisi riwayat kegiatan terutama pengalaman, seringkali mahasiswa merasa kebingungan karena sebelumnya mereka merasa belum pernah memiliki pengalaman. Sebagian besar mahasiswa hanya mengetahui bahwa pengalaman yang terdapat dalam CV adalah pengalaman organisasi. Pada kenyataannya, tak hanya pengalaman organisasi saja yang dapat dimasukan ke dalam CV. Yuk, simak beberapa pengalaman yang bisa kamu isi sebagai mahasiswa agar CV kamu dilirik oleh perusahaan impianmu!

Advertisement

Proyek yang Pernah Dikerjakan

Selama masa sekolah atau kuliah kamu aktif dalam mengerjakan tugas dan proyek yang dikerjakan? Proyek-proyek tersebut bisa kamu jadikan pengalaman organisasi sekaligus portofolio kamu, loh! Bekerja dalam proyek nyata membuatmu terbiasa berpikir kritis dan menyelesaikan masalah. Selain itu, terbiasa mengerjakan proyek akan membantumu meningkatkan soft skill dalam dunia kerja. 

Bisnis atau Kerja Sampingan

Advertisement

Kamu punya bisnis atau sedang membuka jasa? Ini juga bisa menjadi pengalaman yang dapat kamu masukan ke dalam CV, loh! Perusahaan akan melihatmu sebagai seseorang yang sudah terbiasa dalam melakukan pekerjaan, menangani tugas dalam pekerjaan, dan mengetahui cara manajemen organisasi yang baik karena dalam perusahaan seringkali kamu akan bekerja secara tim dan individu. 

Isi Pengalamanmu Dengan Kegiatan yang Kamu Kuasai

Advertisement

Pengalaman yang telah kamu kuasai dapat memudahkanmu dalam mengisi deskripsi pengalaman sesuai dengan hal yang kamu kuasai. Misalnya, selama sekolah atau kuliah kamu suka menulis dan menuliskannya dalam blog pribadimu mengenai hal yang menarik perhatianmu. Blog tersebut dapat kamu jadikan pengalaman yang bisa kamu masukan ke dalam CV-mu. Jangan lupa lampirkan tautan blog kamu untuk mempermudah rekruter melihat dan mulai mempertimbangkanmu diterima perusahaan.

Kamu Punya Keahlian Khusus? Masukan Saja!

Seringkali perusahaan mencantumkan syarat bagi calon pelamarnya adalah dengan memiliki keahlian khusus. Contoh keahlian khusus yang sering menjadi persyaratan calon pelamar yaitu mampu mengoperasikan Microsoft Excel. Keahlian ini dibutuhkan karena perusahaan suka sekali merangkum, jadwal, kegiatan, atau data lainnya menggunakan Microsoft Excel.

Yuk, manfaatkan kegiatanmu sebagai peluang diterima oleh perusahaan impianmu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mahasiswa banyak hobi.

CLOSE