Inilah Makna Filosofis Dari Meta, Nama yang Dipilih Menggantikan Facebook

Apakah Makna filosofis dari nama Meta sehingga dipilih untuk menggantikan Facebook?

Sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia, Facebook muncul dengan kabar yang cukup mengejutkan. Setelah sekian lama berkecimpung di dunia bisnis teknologi, Facebook Inc,. memutuskan untuk mengubah nama mereka menjadi Meta Platform Inc,. 

Advertisement

Tidak hanya nama, perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini juga menggeser fokus bisnis mereka ke area pengembangan teknologi canggih dengan platform Virtual Reality (VR) serta Augmented Reality (AR). Teknologi tersebut nantinya akan terus dikembangkan untuk mendukung para pengguna dalam mengembangkan bisnisnya.

Filosofi dari nama Meta

Tentu yang menarik perhatian kita semua, terutama para pecinta teknologi adalah penggunaan nama Meta Platform Inc,. Kira-kira makna apa yang mendasari penyematan nama Meta sehingga dipilih untuk menggantikan Facebook yang sudah sangat identik selama ini.

Advertisement

Meta sendiri bisa diartikan sebagai beyond atau melampaui. Bagi perusahaan, Meta bisa dijadikan sebagai pengingat bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk dibangun. Untuk itu mereka mencoba membakar spirit pembaruan dan inovasi untuk diimplementasikan seiring dengan mobilitas perusahaan.

Tidak hanya itu, vibes tersebut coba mereka interpretasikan dari segi logo. Meta juga digambarkan dalam sebuah simbol 3D yang membentuk huruf M. Simbol 3D tersebut akan menyerupai M untuk Meta apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Advertisement

Simbol tersebut juga dapat dimaknai tak terhingga yang melambangkan cakrawala tak terbatas di metaverse.

Meta sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Mark Zuckerberg pada perhelatan 'Connect 2021'. Perusahaan tersebut nantinya akan menyatukan aplikasi serta teknologi. 

Seperti yang dikutip oleh situs Finansialku.com,  Meta sendiri akan berfokus dalam hal menghidupkan metaverse dan membantu orang terhubung, menemukan komunitas, dan mengembangkan bisnis.

Metaverse juga akan muncul untuk memberikan pengalaman yang baru sekaligus beragam kepada para user dalam bermedia sosial. Nantinya pengalaman tersebut akan semakin diperluas dengan adanya penyematan tiga dimensi alias 3D atau proyeksi ke dunia fisik.

Alhasil, pengalaman yang akan didapatkan oleh kita semua selaku pengguna akan jauh lebih mendalam dengan orang lain, meskipun tidak bersama dan melakukan kegiatan di dunia nyata. 

Zuckerberg sendiri telah menggelontorkan dana mencapai US$10 miliar (sekitar Rp141 triliun) untuk proyeknya ini. Ia sendiri menambahkan bahwa proyek ini adalah sebuah evolusi baru dari seluruh petualangan panjang mereka dalam industri teknologi sosial sejak 2004 lalu.

Babak baru era teknologi digital

Evolusi dari Meta Platform Inc, semakin menyadarkan kita bahwasannya babak baru di era teknologi telah berada di depan mata. Mark bersama perusahaan transformasi Facebook-nya ini terus berinovasi untuk mengantarkan manusia menapaki peradaban berbasiskan teknologi yang jauh lebih suprematif.

Bahkan Zuckerberg menyebutkan, di dalam Metaverse ini para pengguna dapat melakukan hampir semua hal yang dibayangkan, seperti berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, berkreasi, serta pengalaman yang benar-benar baru.

Pengguna diyakini dapat berteleportasi secara instan dalam bentuk hologram di berbagai tempat sesuai yang diinginkan.

Kita semua selaku manusia tentunya tidak bisa terhindar dari itu semua. So, Are you ready to face it? 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE