Jadi Versi Terbaik dari Dirimu Sendiri Itu Penting!

Pengingat disaat kamu mulai merasa insecure

Kita pasti pernah membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain. Baik dengan teman, anggota keluarga, rekan kerja maupun sama orang yang tidak dikenal. Hal tersebut tentu sering terjadi begitu saja dan tidak bisa kita hindari.

Advertisement


"Kok bisa ya dia kaya gitu?"



"Keren banget ya dia"


Secara tidak sadar kalimat itu sering terlintas dalam benak pikiran kita. Terlebih ketika melihat orang di luar sana memiliki sesuatu yang lebih dari kita. Ntah karena penampilan fisik, kemampuan atau faktor pendukung lainnya.

Advertisement

Memang, perasaan seperti itu sebenarnya menjadi hal yang wajar untuk semua orang. Namun, segala sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik. Termasuk jika kita terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Banyak dampak buruk yang dapat ditimbulkan, seperti pikiran negatif, meragukan diri sendiri, hingga perasaan cemas yang berlebihan atau biasa kita sebut insecure.

Satu hal yang belum diketahui oleh kita, yaitu bagaimana proses yang sudah dilewati dan apa saja yang sudah dikorbankan oleh orang tersebut. Perlu kita garis bawahi, bahwa hidup bukanlah sesuatu perlombaan yang harus dimenangi. Dimana semua orang di dunia ini memiliki porsi dan kesempatan yang berbeda satu sama lain.

Terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain tidak akan pernah ada habisnya. Nyatanya, hanya membuat kita semakin merasa terbebani. Padahal, ada pepatah yang mengatakan,


Tak ada gading yang tak retak


Artinya, tidak ada satupun orang yang sempurna. Meski orang tersebut memiliki pekerjaan yang mapan, penghasilan yang tinggi, atau wajah yang menarik sebagai jaminannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pada dasarnya setiap pribadi tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Hanya saja, itu semua kembali pada diri kita sendiri dalam menyikapinya.

Bersyukur dan bisa menerima diri kita apa adanya menjadi salah satu kunci dalam keberhasilan. Dengan begitu kita akan belajar untuk mengenal dan mencintai diri sendiri. Pedoman yang harus kita ingat adalah lebih mencintai diri sendiri  bukan berarti kita sombong dengan apa yang kita punya. Tapi, kita bisa menjadi versi terbaik dari diri kita dengan cara yang berbeda.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan versi terbaik dari kamu. Pertama, terus mencoba aktivitas baru yang bisa membuat kamu merasa nyaman dan berkembang. Kedua, fokus pada diri sendiri dan yakin pada setiap usaha yang kamu lakukan. Dan ketiga, mulai ubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat dan teratur. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk berpikir lebih jernih dan hidup lebih tenang.

Jadi mulai sekarang, berhenti meracuni pikiran kita dengan melihat keberhasilan orang lain hanya dari luar saja. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE